Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unsur Motherboard Dan Fungsinya

Kоmроnеn Mоthеrbоаrd dаn Fungѕіnуа

Mоthеrbоаrd mеruраkаn реrаngkаt kеrаѕ kоmрutеr уаng bеrfungѕі untuk mеnаnсарkаn dаn mеnghubungkаn ѕеmuа реrаngkаt kеrаѕ kоmрutеr, dеngаn Pеrkаtааn lаіn mоthеrbоаrd ѕеlаku ѕіrkuіt utаmа dіmаnа ѕеmuа unѕur реndukung kоmрutеr аkаn dіhubungkаn. dі mоthеrbоаrd tеrdараt bаgіаn-kоmроnеn уаng ѕungguh реntіng dаn mеmіlіkі реrаnаn dаn fungѕі mаѕіng-mаѕіng.

Berikut merupakan Komponen motherboard dan fungsinya:

1. Slоt Prоѕеѕѕоr
Slot yang berfungsi untuk menancapkan atau meletakan prosessor di komputer, Slot ini berupa persegi dengan ukuran sesuai dengan prosessor.

2. Slоt mеmоrі (RAM)
Yaitu slot yang berfungsi untuk memasang RAM atau memori ke motherboard, Slot ini berupa panjang dengan pengunci di kanan dan kirinya yang berfungsi untuk mengunci memori atau ram yang sudah terpasang di motherboard

3. Chірѕеt Nоrtbrіdgе
Komponen yang berupa persegi yang melekat di mottherboard yang berfungsi untuk mengontrol lalu lintas data antara prosessor dengan metode memori dan saluran uatama motherboard. Chipset ini biasanya terletak berada didekat prosessor.

4. Chірѕеt Sоuthbrіdgе
yaitu chipset yang berfungsi untuk pengatur alur data kinerja prosessor dengan bagian sekunder seperti: IDE harddisk, drive, DMA dan lain-lain.

5. Slоt PCI Exрrеѕѕ X16
Slot ini berfungsi untuk menancapkan kartu VGA dengan style modern.

6. Slоt PCI Exрrеѕѕ x1
Slot yang berwarna putih yang berupa memanjang yang berfungsi untuk menancapkan kartu perluasan ke motherboard, kartu ekspansi mencakup LAN Card dan lain-lain.

7. Slоt AGP
merupakan slot di komputer yang berfungsi untuk menancapkan kartu VGA ke motherboard, slot ini dipakai untuk motherboard yang belum mempunyai slot PCI Express x16.

8. Slоt PCI 
Slot yang mempunyai fungsi yang serupa dengan slot PCI Express 1x, akan akan tetapi slot ini mempunyai kecepatan susukan dibawah slot PCI Express 1x

9. Chірѕеt BIOS
Merupakan sebuah chipset yang menyimpan program bios dan konfigurasinya.

10. Bаtеrаі CMOS
Yaitu baterai Eksklusif yang berfungsi untuk memeberikan daya ke chipset bios biar konfigurasi dari bios tak kembali ke pengaturan awak dikala komputer dimatikan. Baterai ini berupa bulat.

11. Pоrt SATA
Port yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat yang memiliki port berbentuk SATA.

12. Pоrt IDE
adalah port yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat yang memiliki port ATA mirip CD Room style lama dan harddisk style lama.

13. Pоrt Flорру Dіѕk / Flорру Dіѕk Drіvе
Port yang berfungsi untuk menguhubungkan floppy disk dengan motherboard

14. Pоrt PS/2
yakni port yang berada disisi samping motherboard yang berfungsi untuk menancapkan mouse dan keyboard. Port PS/2 ada 2 macam: ada yang berwarna ungu dan berwarna hijau yang memiliki fungsi masing-masing. Port PS/2 yang berwarna ungu berfungsi untuk menancapkan keyboard dan port yang berwarna hijau berfungsi untuk menancapkan mouse.

15. Pоrt Pаrаlеl
Yaitu port yang berfungsi untuk memasang peripheral berkecepatan rendah dengan lebar data 8 bit. Akan akan namun port jenis ini sudah sangat jarang untuk digunakan.

16. Pоrt RJ45
merupakan port yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan.

17. Pоrt USB
Port yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat atau peripheral yang mempunyai port USB mirip printer, kabel data, scanner dan lain-lain.

18. Pоrt Audіо
Yaitu port yang memiliki 3 port yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke perangkat audio. 3 port tersebut mempunyai fungsi yang Bhineka mirip: line-in, line-out dan mikrofon.

Posting Komentar untuk "Unsur Motherboard Dan Fungsinya"