Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Ssd Lebih Singkat Dari Hdd

SSD ( solid State drive ) adalah salah satu bagian komputer atau laptop yang fungsinya sama dengan HDD. HDD memang menjadi standard hardware penyimpanan. Tetapi seiring pertumbuhan teknologi SSD j SSD sangat direkomendasikan untuk orang yang ingin mempunyai laptop atau komputer dengan kecepatan booting yang cepat. Kenapa SSD lebih cepat dari HDD.


Cara kerja
HDD (Hard Disk Drive) mempunyai cara kerja mekanik. Komponen dalam HDD anatara lain motor (untuk memutar piringan), Piringan (untuk menyimpan data). Motor akan memutar pirigan dan ada unsur elektric yang berfungsi untuk menulis dan membaca data pada piringan yang berputar. Cara kerja ini sama dengan CD/DVD yang diputar di media putar.

Sedangkan pada SSD tidak memiliki piringan, tetapi mengunakan microchips. Prosesnya sungguh cepat untuk mencari data, dan inilah yang membuat booting terasa lebih cepat dari pada HDD. Kecepatan SSD 8 kali lebih singkat dari HDD. Untuk kecepatan Booting tidak perlu memakan waktu sampai 1 menit. Kinerja SSD sama dengan USB Flash Disk.

Isi dalam SSD sama mirip RAM ( Random Acces Memory). Tidak ada piringan dan kinerja memakai cara electric.



SSD juga mempunyai beberapa nilai aktual. Point khususnya lebih cepat dari pada SSD, sungguh dibutuhkan untuk orang dengan kerja pembuatan video yang dalam proses rendering terasa lama, atau seorang gamer yang ingin gamenya tidak mengalami patah patah. Pengunaan daya listrik SSD lebih ekonomis dari HDD alasannya tidak ada kinerja mekanik di dalam SSD.

Dalam sisi negatif SSD lebih mahal.

Posting Komentar untuk "Kenapa Ssd Lebih Singkat Dari Hdd"