Android 13 Diluncurkan, Perubahan Apa Saja Yang Baru?

Daftar Isi

Android 13

15 Agustus 2022 kemarin, Android 13 diluncurkan dengan kode nama Tiramitsu. Setelah sekian lama Google tidak menamai versi Android miliknya dengan nama-nama makanan manis. Di Android 13, Google kembali dengan nama makanan manis. Apakah Google akan kembali seperti dulu? Dan semanis apa Tiramitsu milik Google ini. Berikut, setidaknya ada 4 fitur terbaru yang akan berguna dan lebih memudahkan untuk menggunakan smartphone Android pasca update  ke Android 13 nanti.
 

1.    Material You Menjadi Lebih Banyak
Fitur ini sangat memungkinkan penggunanya untuk mengatur atau personalisasi sendiri tampilan pengguna (UI) miliknya sendiri berdasarkan wallpaper yang digunakan. Android 13 menawarkan setidaknya 16 warna yang siap untuk dikustomisasi dalam mengubah tema, teks, dan warna ikon di ponsel Android. Akan tetapi, tidak semua dapat dikustomisasi, hanya aplikasi yang memiliki warna monokrom saja.
Selain itu, fitur ini dapat membuat tampilan notifikasi mengalami penyegaran juga. Kini kover musik yang pengguna putar dapat menjadi latar pada notifikasi. Terdengar menyenangkan, ketika lagu favorit kita menjadi latar untuk notifikasi nantinya.
 

2.    Bisa Menggunakan Lebih dari Satu Bahasa Di Aplikasi
Bagi kamu warga masyarakat Jakarta Selatan atau orang-orang bilingual yang memakai bahasa yang berbeda maupun campuran, fitur ini sangat cocok untuk kamu. Fitur ini dapat memungkin kamu untuk menggunakan dua bahasa atau lebih dalam setiap aplikasi. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengganti bahasa secara manual karena kamu dapat membuat bahasa sistem dan aplikasi menjadi berbeda.
 

3.    Penggunaan Audio Bluetooth Menjadi Lebih Hemat Daya
Fitur ini jelas akan lebih berguna untuk kamu yang setiap hari selalu menggunakan TWS. Pasalnya, di Android 13 sudah disematkan teknologi Bluetooth Low Energy (LE) Audio. Teknologi ini menggunakan sistem Low Complexity Communications Codec (LC3). Hal tersebut dapat membuat penggunaan daya lebih rendah dan peningkatan audio pada perangkat yang didukung.


4.    Copy dan Paste Lebih Mudah
Kabar gembira untuk kamu yang hobi copy-paste di gawai. Pasarlnya, di Android 13 nanti ada perubahan yang dapat memungkinkan pengggunanya tidak perlu mengedit hasil salinan yang ingin ditempel.


Posting Komentar