Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuasai smartphone Anda dengan tips dan rahasia ini

 

tips smartphone
Sumber gambar:Pixabay.com

Terkadang, mudah untuk melupakan bahwa ponsel yang kita bawa-bawa, pertama-tama, adalah komputer canggih yang mampu melakukan banyak hal untuk kita dengan sedikit usaha. Meskipun demikian, berbagai platform terus mengambil langkah, menambahkan fitur baru, dan belajar dari perilaku pengguna. Seberapa akrab Anda dengan semua trik dan rahasia perangkat Anda? Di sini, kita akan melihat beberapa yang paling menarik, baik untuk iPhone maupun Android. 

  • Android

Anda tidak perlu membuka kunci ponsel untuk mengambil foto

Tahukah Anda bahwa Anda dapat mengambil gambar tanpa membuka kunci ponsel terlebih dahulu? Di sebagian besar ponsel Android, menekan dua kali tombol daya akan mengaktifkan kamera, meskipun perangkat mati (jika fitur ini tidak diaktifkan, Anda dapat melakukannya di pengaturan sistem).

 

Terima pemberitahuan mendesak meskipun Anda memakai headphone

“Ini adalah salah satu fitur yang paling sering saya gunakan,” jelas Christian Collado, koordinator blog Andro4All. Ini pada dasarnya terdiri dari kemampuan mendengar suara-suara penting, bahkan dengan headphone Anda aktif; bayangkan Anda memiliki bayi, atau Anda mungkin sedang menunggu paket. Mungkin Anda hanya ingin menyadari apa yang terjadi di sekitar Anda. Ini menggunakan mikrofon di ponsel Anda (atau jam tangan pintar Anda, jika Anda memakainya) untuk mengambil dan mengidentifikasi suara umum seperti bel pintu, detektor asap, atau tangisan bayi. Untuk mengaktifkannya, Anda harus pergi ke pengaturan Aksesibilitas dan mengaktifkan opsi yang disebut Notifikasi Suara.

 

Buka kunci telepon secara otomatis saat Anda tiba di rumah

Ponsel cerdas Anda memiliki fitur bernama Smart Lock, yang menonaktifkan kunci layar di lokasi tertentu atau saat terhubung ke perangkat tertentu (mobil, misalnya). Untuk mengaktifkannya, buka saja Pengaturan/Keamanan/Lanjutan/Smart Lock; lokasinya dapat bervariasi, tergantung pabrikannya. Anda juga dapat menemukannya dengan menggunakan bilah pencarian Pengaturan. Sesampai di sana, pilih perangkat atau lokasi tepercaya di mana Anda ingin perangkat tetap tidak diblokir.

 

Lihat semua notifikasi dari hari terakhir

Mengelola notifikasi bisa menjadi mimpi buruk yang nyata, dan tren (bijak) adalah mematikan yang tidak perlu, atau setidaknya membuangnya setelah membaca. Tetapi bagaimana jika Anda ingin memulihkan salah satu notifikasi yang dihapus ini? Sejak versi 11, Android menawarkan fungsi yang berguna: Notification History, tempat menyimpan notifikasi dari hari terakhir. Untuk mengaksesnya, buka Pengaturan dan ketik "riwayat pemberitahuan" di bilah pencarian; lalu pilih salah satu yang ingin Anda lihat.

 

  • iPhone

Ketuk dua kali di bagian belakang dan Anda akan mendapatkan selfie

Tidak banyak pemilik iPhone yang mengetahuinya, tetapi mereka memiliki "tombol" tambahan di perangkat mereka – meskipun tidak terlihat. Kami mengacu pada bagian belakang ponsel yang, berkat fitur Aksesibilitas, dapat dikonfigurasi sesuai keinginan pengguna. “Saat saya mengetuk dua kali, senter menyala,” jelas Pedro Aznar, pendiri blog Applesfera. "Dengan tiga ketukan, kamera diaktifkan." Setiap orang dapat mengaturnya sesuka mereka dengan membuka Pengaturan/Aksesibilitas/Sentuh/Sentuh Kembali, dan memilih fungsi yang paling sesuai untuk mereka.

 

Ambil gambar (atau nyalakan senter

Asisten virtual Apple sama-sama disukai dan dibenci, karena kinerjanya yang tidak merata, tetapi sebenarnya bisa sangat membantu; misalnya, Anda dapat menggunakan suara Anda untuk memintanya mengambil foto (satu-satunya batasan adalah Siri hanya membuka aplikasi kamera, tetapi tidak mengaktifkan rana). Demikian pula, jika Anda berada dalam kegelapan, Anda cukup mengatakan "Hai, Siri, nyalakan senter". Asisten mampu melakukan lebih banyak fungsi dasar.

 

Kocok untuk membatalkan… hampir semuanya

Fitur lain yang mungkin belum banyak diketahui di kalangan pemilik iPhone adalah “undo” (sama seperti Control + Z), yang diaktifkan dengan menggoyangkan perangkat. Anda dapat membatalkan hampir semua tindakan dengan jentikan pergelangan tangan: teks, email yang baru saja dihapus... jika Anda melakukan kesalahan, Anda selalu dapat mencoba solusi ini. Gerakan ini memiliki asal yang hampir anekdot: Scott Forstall, yang dulunya adalah salah satu tokoh kunci di iOS, meminta timnya untuk menemukan cara menambahkan fitur "undo" ke iPhone, dan salah satu insinyurnya dengan bercanda menyarankan mengguncangnya. Forstall menyukai idenya, dan fitur tersebut sekarang menjadi bagian standar perangkat.

 

Mengetik? Coba geser atau dikte

Para ahli setuju. Menekan tombol keyboard virtual di ponsel bukanlah cara tercepat untuk menulis. Keyboard iPhone mendukung pengetikan gesek: Anda menggeser jari dari karakter ke karakter hingga sistem menawarkan kata yang diinginkan. Saat Anda melihat saran di atas, angkat saja jari Anda. Cara ini lebih cepat daripada cara tradisional – tetapi ini bukan satu-satunya alternatif: iOS telah sangat meningkatkan kemampuan dikte dalam versi terbarunya, membuat sangat sedikit kesalahan. Anda dapat mengaksesnya dengan menekan mikrofon di bagian bawah keyboard.



Posting Komentar untuk "Kuasai smartphone Anda dengan tips dan rahasia ini"