Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Jaringan Komputer Berdasarkan Wilayah?


🌱 All topologies in networking. Network Topology Types. 20190129
🌱 All topologies in networking. Network Topology Types. 20190129 from hueygrov.es

Jaringan komputer adalah salah satu teknologi informasi yang telah berkembang pesat di tahun 2023. Jaringan komputer bertujuan untuk menghubungkan komputer-komputer dan perangkat lainnya untuk memudahkan berbagi informasi, data, dan sumber daya. Jaringan komputer dapat dibedakan berdasarkan luas area yang terbatas. Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan wilayah.

Jaringan Lokal (LAN)

Jaringan lokal (LAN) merupakan jaringan komputer yang berada di area yang relatif kecil. Jaringan lokal biasanya dibentuk oleh beberapa komputer dalam satu ruangan atau gedung. Jaringan ini dapat digunakan untuk berbagi file, mencetak, dan berkomunikasi satu sama lain. Jaringan lokal dapat dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah peer-to-peer atau jaringan client-server.

Jaringan Peer-to-Peer

Jaringan ini adalah jaringan yang paling sederhana yang hanya terdiri dari beberapa komputer. Setiap komputer berfungsi sebagai server dan klien, yang berarti komputer dapat berbagi data dan informasi dengan komputer lainnya. Jaringan ini lebih cocok untuk lingkungan kecil yang tidak memerlukan kontrol akses yang ketat.

Jaringan Client-Server

Jaringan client-server merupakan jaringan yang lebih kompleks, dengan satu atau lebih komputer yang berfungsi sebagai server dan sisanya berfungsi sebagai klien. Komputer server memiliki kontrol akses yang lebih ketat terhadap jaringan, sehingga hanya komputer yang diizinkan yang dapat mengakses jaringan. Jaringan ini digunakan untuk berbagi file, mencetak, atau berkomunikasi dengan komputer lainnya.

Jaringan Wilayah Luas (WAN)

Jaringan wilayah luas (WAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer-komputer yang berada di area yang luas. Jaringan ini dapat menghubungkan komputer-komputer di jaringan lokal. Jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal di berbagai tempat seperti kantor cabang, rumah, atau negara. Jaringan ini dapat menghubungkan jaringan lokal dengan menggunakan kabel, komunikasi nirkabel, atau jaringan seluler. Jaringan WAN sering digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal dengan internet.

Jaringan Metropolitan (MAN)

Jaringan metropolitan adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat lainnya dalam area metropolitan atau kota besar. Jaringan ini dapat menghubungkan jaringan lokal di beberapa gedung, kantor, atau tempat lain dalam kota. Jaringan ini biasanya digunakan oleh organisasi yang memiliki banyak cabang di sebuah kota. Jaringan ini dapat menggunakan berbagai teknologi seperti kabel, komunikasi nirkabel, atau jaringan seluler untuk menghubungkan komputer-komputer dalam jaringan.

Jaringan Internasional (IAN)

Jaringan internasional (IAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat lainnya dari satu negara ke negara lain. Jaringan ini dapat dihubungkan dengan menggunakan jaringan komunikasi luar negeri seperti kabel bawah laut, satelit, atau jaringan seluler. Jaringan ini biasanya digunakan oleh organisasi yang memiliki cabang di berbagai negara untuk berbagi informasi, data, dan sumber daya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jaringan komputer dapat dibedakan berdasarkan luas area yang terbatas. Jaringan lokal (LAN) adalah jaringan yang berada di area yang relatif kecil, jaringan wilayah luas (WAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer-komputer di area yang luas, jaringan metropolitan (MAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat lainnya dalam area metropolitan atau kota besar, dan jaringan internasional (IAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat lainnya dari satu negara ke negara lain.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Jaringan Komputer Berdasarkan Wilayah?"