Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Jaringan Komputer Dan Internet Tanpa Kabel?


JARINGAN KOMPUTER Pengertian Jaringan dan Jenisjenis Jaringan
JARINGAN KOMPUTER Pengertian Jaringan dan Jenisjenis Jaringan from creativeyogian.blogspot.com

Teknologi komunikasi saat ini membuat kita semakin mudah berkomunikasi dengan orang lain, bahkan meskipun berjarak jauh. Jaringan komputer dan internet adalah salah satu komponen utama dalam komunikasi modern. Pada dasarnya, jaringan komputer dan internet adalah sebuah sistem yang menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya. Jaringan komputer dan internet yang koneksinya tanpa menggunakan kabel disebut dengan jaringan nirkabel.

Jaringan nirkabel memiliki berbagai macam bentuk. Berdasarkan penggunaannya, jaringan nirkabel terbagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal (Local Area Network/LAN) dan jaringan personal (Personal Area Network/PAN). Jaringan lokal adalah jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dalam jangkauan tertentu. Jaringan ini biasanya terdiri dari beberapa komputer, perangkat jaringan, dan perangkat lunak yang saling terhubung. Jaringan personal adalah jaringan yang menghubungkan satu atau lebih perangkat bergerak dengan jarak dekat. Jaringan ini biasanya terdiri dari perangkat bergerak, seperti ponsel, laptop, atau tablet, dan hubungan koneksi nirkabel yang dibentuk antara perangkat-perangkat tersebut.

Manfaat Jaringan Nirkabel

Kehadiran jaringan nirkabel membawa banyak manfaat bagi penggunanya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kemudahan Akses

Jaringan nirkabel dapat membantu pengguna untuk mengakses jaringan dari jarak yang jauh. Hal ini karena jaringan nirkabel tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan komputer. Pengguna dapat dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus memutuskan koneksi jaringan.

Biaya Lebih Rendah

Karena tidak memerlukan kabel, maka biaya yang dibutuhkan untuk menginstal jaringan nirkabel jauh lebih rendah dibandingkan jaringan kabel. Selain itu, biaya operasional jaringan nirkabel juga lebih rendah karena tidak ada biaya untuk membeli atau mengganti kabel.

Fleksibilitas

Jaringan nirkabel sangat fleksibel. Pengguna dapat dengan mudah mengatur pengaturan jaringan dan mengubahnya sesuai kebutuhan. Jaringan nirkabel juga dapat berkembang dan beradaptasi dengan cepat untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Keamanan

Keamanan jaringan nirkabel juga lebih baik dibandingkan jaringan kabel. Karena tidak ada kabel yang terhubung, maka pengguna dapat dengan mudah membatasi akses ke jaringan. Jaringan nirkabel juga memungkinkan pengguna untuk mengatur keamanan jaringan dengan lebih ketat.

Kerugian Jaringan Nirkabel

Meskipun memiliki berbagai macam manfaat, jaringan nirkabel juga memiliki beberapa kerugian. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Ketidakhandalan

Jaringan nirkabel biasanya lebih tidak handal dibandingkan jaringan kabel. Hal ini karena jaringan nirkabel beroperasi pada frekuensi radio yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan gangguan jaringan dan menurunkan kualitas koneksi.

Kekuatan Sinyal

Jaringan nirkabel juga memiliki batas jarak. Hal ini karena sinyal yang dikirim pada jaringan nirkabel tidak dapat menembus tembok atau benda-benda lain. Oleh karena itu, jarak antara perangkat jaringan nirkabel harus tetap dalam jangkauan sinyal.

Keamanan

Karena tidak adanya kabel, maka jaringan nirkabel juga memiliki kelemahan dalam hal keamanan. Jaringan nirkabel lebih rentan terhadap serangan dari luar dan serangan yang disebabkan oleh kesalahan pengguna. Oleh karena itu, jaringan nirkabel memerlukan lebih banyak upaya untuk memastikan keamanan.

Kesimpulan

Jaringan nirkabel adalah jaringan komputer dan internet yang koneksinya tanpa menggunakan kabel. Jaringan ini memiliki berbagai macam manfaat, seperti kemudahan akses, biaya yang lebih rendah, fleksibilitas, dan keamanan. Namun, jaringan nirkabel juga memiliki beberapa kerugian, seperti ketidakhandalan, kekuatan sinyal yang lemah, dan keamanan yang lebih rendah dibandingkan jaringan kabel.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Jaringan Komputer Dan Internet Tanpa Kabel?"