Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Jaringan Komputer?


Smartly Indonesian
Smartly Indonesian from smartlyindonesian.blogspot.com

Jaringan Komputer adalah sistem komunikasi di mana komputer atau perangkat lainnya dapat saling terhubung melalui kabel, nirkabel, atau saluran lain. Secara sederhana, jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang saling terhubung melalui media komunikasi yang dipakai untuk saling berbagi informasi, data, dan sumber daya. Jaringan komputer juga dapat berfungsi sebagai alat untuk berbagi informasi dan data yang lebih besar, atau bahkan untuk menghubungkan beberapa komputer ke dalam satu jaringan yang lebih besar.

Jaringan komputer telah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan telah mengalami perkembangan yang signifikan. Saat ini, jaringan komputer telah berkembang menjadi sebuah infrastruktur yang penting bagi kehidupan modern, dimana komputer dapat berbagi informasi dengan cepat dan mudah.

Definisi Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Berbagai ahli telah mencoba untuk menjelaskan jaringan komputer dengan berbagai cara, namun ada beberapa definisi yang umum digunakan. Berikut beberapa definisi jaringan komputer menurut para ahli:

1. Menurut Andrew S. Tanenbaum

Menurut Andrew S. Tanenbaum, jaringan komputer adalah “kumpulan sistem komputer yang saling terhubung melalui saluran komunikasi, baik kabel atau nirkabel, untuk berbagi informasi, data, dan sumber daya.” Tanenbaum juga menyatakan bahwa jaringan komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan topologi jaringannya, yaitu jaringan bus, jaringan berlian, jaringan pohon, jaringan mesh, dan lain sebagainya.

2. Menurut William Stallings

Menurut William Stallings, jaringan komputer adalah “suatu jaringan yang menghubungkan dua atau lebih komputer dan perangkat lainnya dan memungkinkannya untuk berkomunikasi secara langsung.” Juga menurut Stallings, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu jaringan lokal (LAN) dan jaringan luas (WAN).

3. Menurut James F. Kurose dan Keith W. Ross

Menurut James F. Kurose dan Keith W. Ross, jaringan komputer adalah “suatu sistem yang terdiri dari perangkat aktif dan pasif yang saling terhubung untuk mengirim dan menerima informasi.” Juga menurut mereka, jaringan komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan kompleksitas dan jangkauan, yaitu jaringan lokal, jaringan luas, jaringan global, jaringan metropolitan, dan jaringan wireless.

4. Menurut Forouzan

Menurut Forouzan, jaringan komputer adalah “suatu sistem yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung melalui media komunikasi untuk mengirim dan menerima informasi.” Forouzan juga menyatakan bahwa jaringan komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan jumlah komputer yang terhubung, yaitu jaringan lokal, jaringan luas, jaringan global, jaringan metropolitan, dan jaringan wireless.

5. Menurut Tanenbaum dan Van Steen

Menurut Tanenbaum dan Van Steen, jaringan komputer adalah “suatu jaringan yang menghubungkan dua atau lebih komputer untuk saling bertukar informasi.” Juga menurut mereka, jaringan komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan jumlah komputer yang terhubung, yaitu jaringan lokal, jaringan luas, jaringan metropolitan, dan jaringan wireless.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer memiliki banyak manfaat, termasuk:

  • Memungkinkan berbagi informasi dan data antara komputer.
  • Memungkinkan saling berkomunikasi antar komputer.
  • Memungkinkan berbagi sumber daya antara komputer.
  • Memungkinkan bertukar informasi dengan cepat dan mudah.

Jaringan komputer juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan modern. Dengan jaringan komputer, kita dapat dengan mudah mengirim dan menerima informasi, berkomunikasi dengan orang lain, dan mengakses berbagai sumber daya yang tersedia.

Kesimpulan

Jaringan komputer adalah sistem komunikasi yang memungkinkan komputer dan perangkat lainnya saling terhubung melalui media komunikasi. Berbagai ahli telah mencoba untuk menjelaskan jaringan komputer dengan berbagai cara. Jaringan komputer memiliki banyak manfaat, termasuk memungkinkan berbagi informasi, data, dan sumber daya, serta berkomunikasi dengan orang lain dengan mudah.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Jaringan Komputer?"