Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Komputer Yang Meminta Nomor Ip?


Pengertian Fungsi dan Kelas IP Address MaiMelajah
Pengertian Fungsi dan Kelas IP Address MaiMelajah from maimelajah.com

Komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai host. Host adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengakses jaringan komputer dan dapat dikonfigurasi dengan alamat IP. Seperti yang disebutkan sebelumnya, host dapat berupa komputer, laptop, atau perangkat lainnya yang dikonfigurasi untuk memungkinkan komunikasi antara host dan jaringan. Host dapat diakses dari jaringan lokal atau jaringan global, seperti Internet.

Nomor IP adalah alamat unik yang diberikan kepada setiap host untuk mengidentifikasi setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Setiap host harus memiliki alamat IP, yang merupakan kombinasi angka yang ditetapkan oleh pengelola jaringan, sehingga setiap host dapat diidentifikasi oleh jaringan. Alamat IP dapat dikonfigurasi secara manual atau secara otomatis melalui DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

Konfigurasi Alamat IP

Untuk mengkonfigurasi alamat IP, pengguna harus mengetahui informasi jaringan, seperti alamat IP jaringan, alamat IP subnet, dan banyak lagi. Setelah pengguna memiliki informasi ini, ia dapat mengkonfigurasi alamat IP pada host dengan IP static atau IP dinamis. IP static adalah alamat IP yang dikonfigurasi secara manual dan tidak akan berubah, sedangkan IP dinamis adalah alamat IP yang dikonfigurasi secara otomatis melalui DHCP. IP dinamis berubah-ubah sesuai dengan pengaturan DHCP.

Cara Mengakses Host

Setelah host dikonfigurasi dengan alamat IP, pengguna dapat mengakses host dari jaringan lokal atau jaringan global. Untuk mengakses host dari jaringan lokal, pengguna dapat menggunakan alamat IP untuk mengakses host. Pengguna juga dapat menggunakan nama host untuk mengakses host. Untuk mengakses host dari jaringan global, pengguna harus menggunakan alamat IP publik untuk mengakses host. Alamat IP publik adalah alamat IP yang diberikan oleh ISP kepada pengguna, yang digunakan untuk mengakses jaringan Internet.

Kesimpulan

Komputer yang meminta nomor IP disebut host. Host dapat berupa komputer, laptop, atau perangkat lainnya yang dikonfigurasi untuk memungkinkan komunikasi antara host dan jaringan. Host harus memiliki alamat IP untuk mengidentifikasi setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Alamat IP dapat dikonfigurasi secara manual atau secara otomatis melalui DHCP. Pengguna dapat mengakses host dari jaringan lokal atau jaringan global dengan menggunakan alamat IP atau nama host. Untuk mengakses host dari jaringan global, pengguna harus menggunakan alamat IP publik. Dengan demikian, kita dapat mengerti apa itu komputer yang meminta nomor IP.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Komputer Yang Meminta Nomor Ip?"