Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Sistem Komputer Atau Sistem Operasi?


Pengertian Sistem Operasi Adalah aplikasi terbaru 2013
Pengertian Sistem Operasi Adalah aplikasi terbaru 2013 from aplikasiterbaru2013.blogspot.com

Sistem Komputer atau Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak yang mengatur bagaimana komputer menggunakan hardware dan software yang tersedia. Ini mengontrol bagaimana komputer berfungsi dan bagaimana orang dapat mengaksesnya. Sistem Operasi mengatur aliran informasi ke dan dari komputer, mengatur jenis dan jumlah memori yang digunakan, dan mengatur bagaimana program diizinkan untuk berinteraksi dengan hardware. Sistem Operasi juga mengatur bagaimana informasi disimpan dan berbagi antara berbagai pengguna dan aplikasi yang berbeda.

Sejarah Sistem Operasi dimulai pada tahun 1950. Pada saat itu, IBM telah mengembangkan sebuah sistem operasi yang disebut IBM 704. IBM 704 adalah sistem operasi pertama yang menggunakan konsep multi-tasking, yang memungkinkan beberapa program untuk dijalankan secara bersamaan. Pada tahun 1960, Digital Equipment Corporation mengembangkan sistem operasi yang disebut PDP-10, yang merupakan salah satu sistem operasi pertama yang menggunakan antarmuka grafis. Antarmuka grafis merupakan teknologi yang mengizinkan pengguna untuk melihat dan mengontrol komputer melalui sebuah layar.

Selama tahun 1970, banyak perusahaan telah mengembangkan sistem operasi untuk berbagai tujuan. Pada tahun 1975, Microsoft mengembangkan sistem operasi diskrit yang disebut MS-DOS. Sistem operasi ini menjadi salah satu sistem operasi pertama yang dapat digunakan oleh berbagai perangkat komputer. MS-DOS membantu Microsoft menjadi salah satu pemain utama dalam industri software.

Pada tahun 1980, Microsoft mengembangkan sistem operasi yang disebut Windows. Sistem operasi ini secara signifikan meningkatkan kemampuan komputer dan memungkinkan pengguna untuk mengelola banyak aplikasi yang berbeda dengan lebih mudah. Pada tahun 1990, Microsoft akhirnya merilis Windows 95, yang menjadi sistem operasi pertama yang memiliki antarmuka grafis penuh. Windows memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan lokal dan menggunakan berbagai program dan aplikasi yang tersedia.

Pada tahun 2000, Microsoft merilis Windows XP, yang merupakan sistem operasi yang sangat populer. Windows XP meningkatkan kemampuan komputer dan memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan jaringan. Pada tahun 2009, Microsoft merilis Windows 7, yang menjadi sistem operasi paling populer. Windows 7 memiliki fitur-fitur yang lebih baik dan memudahkan pengguna untuk mengelola komputer mereka. Pada tahun 2012, Microsoft merilis Windows 8, yang merupakan sistem operasi yang lebih modern dan inovatif.

Selain Windows, ada juga beberapa sistem operasi lain yang populer di kalangan pengguna. Beberapa contoh sistem operasi lainnya adalah Linux, Mac OS X, dan Android. Linux adalah sistem operasi open source yang dapat digunakan secara gratis. Mac OS X adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat Apple. Android adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat berbasis Android.

Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang sangat penting bagi komputer, karena tanpa sistem operasi, komputer tidak akan dapat berfungsi. Sistem Operasi membantu komputer untuk mengontrol hardware dan software yang tersedia, memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan jaringan, dan memudahkan pengguna untuk mengelola komputer mereka. Sistem Operasi juga mengizinkan pengguna untuk menjalankan berbagai program dan aplikasi yang tersedia.

Kesimpulan

Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak yang sangat penting bagi komputer. Ini mengontrol bagaimana komputer berfungsi dan mengatur bagaimana program diizinkan untuk berinteraksi dengan hardware. Sistem Operasi juga mengatur bagaimana informasi disimpan dan berbagi antara berbagai pengguna dan aplikasi yang berbeda. Ada beberapa sistem operasi yang populer di kalangan pengguna, termasuk Windows, Linux, Mac OS X, dan Android.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Sistem Komputer Atau Sistem Operasi?"