Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Pemrograman Komputer Generasi Kedua


Penjelasan Mengenai Bahasa Pemrograman Sejarah Tingkatan Dan Macam
Penjelasan Mengenai Bahasa Pemrograman Sejarah Tingkatan Dan Macam from www.aiophotoz.com

2023 merupakan tahun dimana teknologi telah berkembang dengan sangat pesat. Komputer telah menjadi alat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Generasi pertama komputer telah menjadi generasi yang bersejarah dan generasi kedua telah mengambil alih. Generasi kedua komputer telah mengubah cara orang bekerja dan bermain. Pada generasi kedua komputer, bahasa pemrograman telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan komputer. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk komputer generasi kedua adalah.

1. Fortran

Fortran adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh John Backus dan timnya di IBM pada tahun 1957. Ini adalah bahasa pemrograman yang paling populer yang digunakan pada generasi kedua komputer. Fortran berfungsi untuk membuat program untuk menyelesaikan masalah matematika yang rumit. Ini memungkinkan programmer untuk membuat program kompleks dengan sedikit usaha. Banyak perusahaan dan organisasi menggunakan Fortran untuk membuat aplikasi bisnis dan sains.

2. Cobol

Cobol adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Grace Hopper pada tahun 1959. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk menulis program yang digunakan oleh komputer generasi kedua. Cobol adalah bahasa yang sangat fleksibel yang dapat digunakan untuk membuat program untuk berbagai tujuan. Cobol adalah bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami dan telah digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi.

3. BASIC

BASIC adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz pada tahun 1964. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan programmer karena mudah dipelajari dan dipahami. BASIC adalah bahasa yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Banyak perusahaan dan organisasi menggunakan BASIC untuk membuat program bisnis dan edukasi.

4. ALGOL

ALGOL adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh International Algorithmic Language Committee pada tahun 1960. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk menulis program yang digunakan oleh komputer generasi kedua. ALGOL adalah bahasa yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang bersifat matematis dan logis. ALGOL adalah bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami dan telah digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi.

5. PASCAL

Pascal adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1970. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk menulis program yang digunakan oleh komputer generasi kedua. Pascal adalah bahasa yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang bersifat matematis dan logis. Pascal adalah bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami dan telah digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi.

6. PL/I

PL/I adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1964. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk menulis program yang digunakan oleh komputer generasi kedua. PL/I adalah bahasa yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang bersifat matematis dan logis. PL/I adalah bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami dan telah digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi.

7. Assembly Language

Assembly language adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1964. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk menulis program yang digunakan oleh komputer generasi kedua. Assembly language adalah bahasa yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang bersifat matematis dan logis. Assembly language adalah bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami dan telah digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi.

8. RPG

RPG adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1964. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk menulis program yang digunakan oleh komputer generasi kedua. RPG adalah bahasa yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang bersifat matematis dan logis. RPG adalah bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami dan telah digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi.

9. Forth

Forth adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Charles Moore pada tahun 1970. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk menulis program yang digunakan oleh komputer generasi kedua. Forth adalah bahasa yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang bersifat matematis dan logis. Forth adalah bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami dan telah digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi.

10. Prolog

Prolog adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Alain Colmerauer pada tahun 1972. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk menulis program yang digunakan oleh komputer generasi kedua. Prolog adalah bahasa yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang bersifat matematis dan logis. Prolog adalah bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami dan telah digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi.

Kesimpulan

Komputer generasi kedua telah mengubah cara orang bekerja dan bermain. Pada generasi kedua komputer, bahasa pemrograman telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan komputer. Ada banyak bahasa pemrograman yang digunakan untuk komputer generasi kedua, seperti Fortran, Cobol, BASIC, ALGOL, Pascal, PL/I, Assembly Language, RPG, Forth dan Prolog. Masing-masing bahasa memiliki kemampuan yang berbeda dan dapat digunakan untuk membuat program kompleks.


Posting Komentar untuk "Bahasa Pemrograman Komputer Generasi Kedua"