Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Jaringan Komputer Berdasarkan Media Penghantar


Definisi jaringan komputer
Definisi jaringan komputer from www.slideshare.net

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung untuk mencapai tujuan bersama. Jaringan komputer dapat digunakan untuk berbagi data, informasi, sumber daya, dan komunikasi. Sebagian besar jaringan komputer menggunakan internet untuk menghubungkan dua atau lebih komputer. Jaringan komputer dapat digunakan untuk berbagi file, printer, dan sumber daya lainnya. Jaringan komputer juga dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dan data ke seluruh dunia.

Apa itu Media Penghantar?

Media penghantar adalah jenis kabel atau saluran yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat jaringan. Media penghantar dapat berupa kabel kawat tembaga, kabel serat optik, gelombang radio, atau kombinasi dari ketiganya. Kabel kawat tembaga biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berdekatan, sedangkan kabel serat optik dan gelombang radio biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berjarak jauh.

Macam-macam Media Penghantar

Ada beberapa jenis media penghantar yang digunakan dalam jaringan komputer, yaitu kabel kawat tembaga, kabel serat optik, dan gelombang radio. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing media penghantar:

Kabel Kawat Tembaga

Kabel kawat tembaga adalah media penghantar yang paling umum digunakan dalam jaringan komputer. Kabel ini terdiri dari dua atau lebih kabel tembaga yang diputar bersama dan dileburkan bersama. Kabel kawat tembaga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berdekatan, seperti komputer, router, switch, dan hub. Kabel kawat tembaga dapat mencapai jangkauan hingga beberapa ratus meter.

Kabel Serat Optik

Kabel serat optik adalah media penghantar yang dibuat dari serat kaca atau plastik yang dikelilingi oleh isolator. Kabel ini dapat mengirimkan informasi melalui sinyal cahaya. Kabel serat optik dapat mencapai jangkauan yang jauh lebih besar daripada kabel kawat tembaga, sehingga sering digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berjarak jauh. Kabel serat optik juga lebih aman daripada kabel kawat tembaga, karena sinyal cahaya tidak dapat dipantulkan oleh benda-benda di sekitarnya.

Gelombang Radio

Gelombang radio adalah media penghantar yang menggunakan sinyal radio untuk mengirimkan informasi. Sinyal radio dapat mencapai jarak yang lebih jauh daripada kabel kawat tembaga dan kabel serat optik, sehingga sering digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berjarak jauh. Sebuah perangkat penghantar radio harus ditempatkan di setiap titik akses jaringan, yang berarti bahwa perangkat tersebut harus dipasang di tempat yang memungkinkan sinyalnya diterima oleh perangkat lain dalam jaringan.

Kesimpulan

Jaringan komputer adalah jaringan yang menghubungkan dua atau lebih perangkat untuk mencapai tujuan bersama. Media penghantar adalah jenis kabel atau saluran yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan. Beberapa jenis media penghantar yang digunakan dalam jaringan komputer adalah kabel kawat tembaga, kabel serat optik, dan gelombang radio. Masing-masing jenis media penghantar memiliki keunggulan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum digunakan dalam jaringan komputer.


Posting Komentar untuk "Definisi Jaringan Komputer Berdasarkan Media Penghantar"