Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembagian Periferal Komputer Berdasarkan Fungsinya


Periferal sistem komputer
Periferal sistem komputer from www.slideshare.net

Periferal komputer adalah suatu perangkat tambahan yang dapat membantu dalam berbagai macam hal. Dari meningkatkan performa komputer hingga menambah kemampuan dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Terdapat berbagai macam pembagian periferal komputer berdasarkan fungsinya. Berikut adalah kategori pembagiannya.

Periferal Input

Periferal input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer. Periferal input ini biasanya terdiri dari mouse, keyboard, scanner, microphone, joystick, dan lain sebagainya. Periferal ini penting dalam menyelesaikan pekerjaan, karena data yang dimasukkan dalam komputer adalah yang akan diproses dan diolah oleh komputer.

Periferal Output

Periferal output adalah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan atau menampilkan hasil dari proses yang telah dilakukan oleh komputer. Periferal output ini biasanya terdiri dari monitor, printer, speaker, dan lain sebagainya. Tanpa periferal output, kita tidak dapat melihat hasil dari proses yang telah dilakukan oleh komputer.

Periferal Storage

Periferal storage adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data yang telah diproses oleh komputer. Periferal storage ini biasanya terdiri dari hard disk, CD/DVD ROM, flash disk, dan lain sebagainya. Tanpa periferal storage, kita tidak dapat menyimpan data yang telah diproses oleh komputer.

Periferal Komunikasi

Periferal komunikasi adalah perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Periferal komunikasi ini biasanya terdiri dari modem, router, network card, dan lain sebagainya. Tanpa periferal komunikasi, kita tidak dapat berkomunikasi dengan komputer.

Periferal Multimedia

Periferal multimedia adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan atau memproses gambar, audio, dan video. Periferal multimedia ini biasanya terdiri dari webcam, graphics card, sound card, dan lain sebagainya. Tanpa periferal multimedia, kita tidak dapat menampilkan atau memproses gambar, audio, dan video.

Periferal Lain

Selain yang telah disebutkan di atas, terdapat juga beberapa periferal lain yang biasa digunakan, seperti periferal untuk game, periferal untuk pengolahan data, dan lain sebagainya. Semua jenis periferal ini memiliki fungsinya masing-masing, sehingga dapat membantu kita dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.

Kesimpulan

Kesimpulannya, terdapat berbagai macam pembagian periferal komputer berdasarkan fungsinya. Periferal input, output, storage, komunikasi, dan multimedia adalah beberapa contoh pembagian periferal yang sering digunakan. Setiap jenis periferal memiliki fungsinya masing-masing, sehingga dapat membantu kita dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.


Posting Komentar untuk "Pembagian Periferal Komputer Berdasarkan Fungsinya"