Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Jaringan Komputer Yang Beroperasi Pada Layer 2 (Data Link Layer)


Pengertian Jaringan Komputer Komputer Blog
Pengertian Jaringan Komputer Komputer Blog from komputerblog.com

Layer 2 (Data Link Layer) adalah salah satu layer dalam model OSI (Open System Interconnection). Layer ini bertanggung jawab untuk melakukan kontrol akses pada media dan mengirimkan data antar node dalam sebuah jaringan. Layer ini menggunakan alamat-alamat fisik untuk mengirim dan menerima data, sehingga merupakan layer yang sangat penting dalam jaringan komputer. Perangkat jaringan komputer yang beroperasi pada layer 2 (Data Link Layer) adalah media akses, hub, switch, dan bridge.

Media Akses

Media akses adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan lain dalam jaringan. Media akses ini menggunakan kecepatan transfer data yang rendah, tetapi merupakan cara yang efisien untuk menghubungkan beberapa perangkat jaringan, seperti komputer, printer, dan router. Media akses yang digunakan untuk layer 2 (Data Link Layer) adalah ethernet, token ring, dan FDDI. Ethernet adalah media akses yang paling umum digunakan saat ini, yang menggunakan kabel twisted pair atau kabel optik untuk menghubungkan perangkat jaringan.

Hub

Hub adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat jaringan dalam jaringan. Hub menggunakan alamat fisik untuk mengirim dan menerima data, sehingga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat jaringan sekaligus. Hub juga dapat menggabungkan dua atau lebih jaringan fisik menjadi satu jaringan logis. Hub juga dapat meningkatkan kecepatan transfer data antar jaringan, karena hub dapat membagi beban pemrosesan data.

Switch

Switch adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat jaringan dalam jaringan. Switch menggunakan alamat MAC (Media Access Control) untuk mengirim dan menerima data, sehingga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat jaringan sekaligus. Switch juga dapat meningkatkan kecepatan transfer data antar jaringan, karena switch dapat membagi beban pemrosesan data. Selain itu, switch juga dapat meningkatkan keamanan jaringan, karena switch dapat memfilter paket data berdasarkan alamat MAC.

Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan fisik menjadi satu jaringan logis. Bridge menggunakan alamat MAC untuk mengirim dan menerima data, sehingga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan fisik sekaligus. Bridge juga dapat meningkatkan kecepatan transfer data antar jaringan, karena bridge dapat membagi beban pemrosesan data. Selain itu, bridge juga dapat meningkatkan keamanan jaringan, karena bridge dapat memfilter paket data berdasarkan alamat MAC.

Kesimpulan

Perangkat jaringan komputer yang beroperasi pada layer 2 (Data Link Layer) adalah media akses, hub, switch, dan bridge. Media akses adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan lain dalam jaringan, sedangkan hub, switch, dan bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan fisik menjadi satu jaringan logis. Dengan menggunakan perangkat jaringan ini, kita dapat meningkatkan kecepatan transfer data dan juga meningkatkan keamanan jaringan.


Posting Komentar untuk "Perangkat Jaringan Komputer Yang Beroperasi Pada Layer 2 (Data Link Layer)"