Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Jaringan Komputer Dan Internet


Sejarah dan Perkembangan jaringan Komputer Khaiffat blog
Sejarah dan Perkembangan jaringan Komputer Khaiffat blog from khaiffat.wordpress.com

Apa Itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan satu atau lebih komputer untuk berbagi data dan sumber daya. Jaringan komputer dapat berskala kecil atau berskala besar dan dapat berada dalam satu lokasi atau di seluruh dunia. Jaringan komputer telah meningkatkan komunikasi dan produktivitas di seluruh dunia dengan meningkatkan kemampuan untuk berbagi informasi dan mengakses sumber daya yang jauh lebih luas dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri.

Kapan Jaringan Komputer Diciptakan?

Jaringan komputer secara formal diciptakan pada tahun 1965 oleh dua ilmuwan yang bekerja di Departemen Pertahanan Amerika Serikat, yaitu Paul Baran dan Lawrence Roberts. Mereka membuat jaringan komputer yang disebut ARPANET, yang kemudian menjadi dasar untuk jaringan komputer yang kita gunakan hari ini. Jaringan ARPANET menggunakan teknologi yang disebut paket switching untuk menghubungkan banyak komputer yang berbeda melalui jaringan telepon. Ini memungkinkan para pengguna untuk mengirimkan pesan dan mengakses sumber daya yang berbeda di jaringan.

Apa Itu Internet?

Internet adalah jaringan komputer terbesar di dunia yang terhubung ke ribuan jaringan komputer. Ini menggunakan sistem paket switching yang sama yang digunakan oleh ARPANET. Internet mengizinkan para pengguna untuk mengirimkan pesan dan mengakses sumber daya yang berbeda di seluruh dunia. Internet juga memungkinkan para pengguna untuk terhubung dengan jaringan komputer lokal yang lebih kecil dan mengakses sumber daya yang terletak di jaringan lokal.

Bagaimana Internet Berkembang?

Internet berkembang dari jaringan ARPANET yang diciptakan pada tahun 1965. Pada tahun 1970, ARPANET memiliki lebih dari 40 terminal yang terhubung ke jaringan. Pada tahun 1971, ARPANET menambahkan protokol TCP / IP dan memperluas jaringannya ke ribuan komputer. Pada tahun 1983, ARPANET berubah menjadi jaringan yang disebut MILNET, yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk kepentingan militer.

Apa Itu World Wide Web?

World Wide Web adalah sebuah sistem yang memungkinkan para pengguna untuk mengakses sumber daya yang tersedia di seluruh dunia melalui permukaan yang mudah digunakan. World Wide Web diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989 dan diterbitkan pada tahun 1991. World Wide Web memungkinkan para pengguna untuk menemukan dan mengakses sumber daya yang berbeda di Internet dan membuka dunia baru komunikasi dan informasi.

Apa Itu Internet 2?

Internet 2 adalah inisiatif yang diciptakan pada tahun 1996 oleh sekelompok perguruan tinggi dan universitas untuk mengembangkan jaringan komputer berkecepatan tinggi. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan komputer untuk penelitian dan pengembangan. Internet 2 telah memungkinkan para peneliti untuk berbagi sumber daya yang berbeda, termasuk data, video, informasi, dan lainnya.

Apa Itu Jaringan Nirkabel?

Jaringan nirkabel adalah jaringan komputer yang menggunakan teknologi nirkabel untuk menghubungkan komputer yang berbeda. Teknologi nirkabel meliputi teknologi seluler, Wi-Fi, Bluetooth, microwave, dan lainnya. Jaringan nirkabel memungkinkan para pengguna untuk terhubung ke jaringan komputer tanpa kabel dan mengakses sumber daya yang berbeda secara nirkabel.

Apa Itu Cloud Computing?

Cloud computing adalah teknologi yang memungkinkan para pengguna untuk mengakses sumber daya yang berbeda dari jaringan komputer di internet. Cloud computing memungkinkan para pengguna untuk menyimpan data dan sumber daya di jaringan komputer dan mengaksesnya dari manapun di dunia. Cloud computing juga memungkinkan para pengguna untuk berbagi dan saling berkolaborasi secara real time.

Kesimpulan

Jaringan komputer dan internet telah berkembang secara signifikan sejak tahun 1965. Jaringan komputer telah meningkatkan komunikasi dan produktivitas di seluruh dunia dengan meningkatkan kemampuan untuk berbagi informasi dan mengakses sumber daya yang jauh lebih luas dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Teknologi nirkabel dan cloud computing telah memungkinkan para pengguna untuk mengakses sumber daya yang berbeda dari mana saja di dunia. Teknologi ini telah membuka dunia baru komunikasi dan informasi.


Posting Komentar untuk "Sejarah Jaringan Komputer Dan Internet"