Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Jaringan Komputer Dari Zaman Arpanet


Sejarah EXCATION.MY.ID
Sejarah EXCATION.MY.ID from www.excation.my.id

Apa itu ARPANET?

ARPANET adalah nama yang diberikan kepada jaringan komputer pertama yang dibangun oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DOD) pada tahun 1969. Ini adalah jaringan yang menghubungkan beberapa komputer di berbagai lokasi di seluruh dunia. Jaringan ini dibangun untuk memberikan koneksi yang aman dan andal untuk universitas, laboratorium penelitian, dan instansi lainnya yang bekerja untuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Sejarah ARPANET

Sejarah ARPANET dimulai pada tahun 1966 ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat memerintahkan Organisasi Penelitian Proyek (ARP) untuk membangun jaringan komputer untuk membangun koneksi aman antara instansi-instansi pemerintah yang berbeda. Pada tahun 1969, ARPANET menghubungkan empat lokasi: Standar Elektronik Universitas California di Santa Barbara, Standar Elektronik Universitas California di Los Angeles, Universitas Utah, dan Standar Elektronik BBN di Cambridge, Massachusetts. Ini adalah awal dari sejarah jaringan komputer yang kita kenal hari ini.

Perkembangan ARPANET

Sebagai jaringan komputer pertama yang menghubungkan berbagai lokasi di seluruh dunia, ARPANET memainkan peran penting dalam mengembangkan konsep jaringan komputer modern. Pada tahun 1972, jaringan komputer ini mengalami lonjakan dalam pertumbuhan populasi komputer yang terhubung dengan jaringan ini. Pada saat itu, ada lebih dari 37 komputer yang terhubung dengan jaringan. Ini adalah awal dari jaringan komputer yang kita kenal hari ini.

Tahap Lanjut dari ARPANET

Pada tahun 1983, ARPANET menghadapi transformasi yang besar ketika kebanyakan instansi pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk meninggalkan jaringan ini dan beralih ke jaringan komputer baru yang disebut sebagai Jaringan Militer Tingkat Tinggi (MILNET). MILNET diperkenalkan untuk meningkatkan keamanan jaringan komputer dan memungkinkan Departemen Pertahanan AS untuk mengendalikan akses ke jaringan. Setelah MILNET dipisahkan, ARPANET menjadi jaringan publik yang tersedia untuk semua orang yang berminat.

Perkembangan Teknologi Jaringan Komputer

Setelah ARPANET berubah menjadi jaringan publik, teknologi jaringan komputer berkembang dengan cepat. Pada tahun 1985, protokol TCP / IP diterapkan untuk pertama kalinya pada jaringan ini, memungkinkan komputer dari berbagai sistem operasi untuk saling berkomunikasi. Tahun 1986 melihat lahirnya jaringan komersial pertama, yang disebut sebagai The Source. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai informasi seperti berita, harga saham, dan informasi lainnya. Seiring waktu, teknologi jaringan komputer berkembang dengan cepat.

Internet Terbuka di Era Modern

Pada tahun 1991, Tim Berners-Lee mengembangkan protokol World Wide Web (WWW) yang mengubah cara kita menggunakan internet. WWW memungkinkan pengguna untuk mengakses halaman web yang berisi informasi dan pengetahuan yang dapat dibagikan dengan orang lain. Ini adalah era modern di mana internet benar-benar terbuka untuk siapa saja yang ingin mencari informasi. Pada tahun 1993, jaringan komputer global ini mencapai 100 juta pengguna.

Perkembangan Lebih Lanjut dari Jaringan Komputer

Sebagai jaringan komputer terus berkembang, teknologi jaringan komputer juga terus berkembang. Pada tahun 2000, jaringan nirkabel mulai muncul, memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi tanpa menggunakan kabel. Pada tahun 2007, iPhone pertama kali dirilis, menggunakan jaringan nirkabel untuk menghubungkan pengguna ke internet. Sekarang, teknologi jaringan komputer berkembang dengan cepat dan memungkinkan orang untuk berbagi informasi dan koneksi dengan orang lain di seluruh dunia.

Bagaimana ARPANET Mempengaruhi Sejarah Jaringan Komputer?

ARPANET merupakan jaringan komputer pertama yang menghubungkan berbagai lokasi di seluruh dunia. Jaringan ini menjadi dasar untuk jaringan komputer yang kita kenal hari ini. Tanpa ARPANET, teknologi jaringan komputer tidak akan berkembang dengan cepat dan mungkin tidak akan pernah tersedia untuk konsumsi umum. Dengan kata lain, ARPANET memainkan peran penting dalam sejarah jaringan komputer.


Posting Komentar untuk "Sejarah Jaringan Komputer Dari Zaman Arpanet"