Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Jaringan Komputer Singkat


Mengenal Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer Secara Singkat
Mengenal Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer Secara Singkat from www.robicomp.com

Awal Jaringan Komputer

Sejarah jaringan komputer dimulai pada tahun 1960-an. Pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) meminta kepada MIT, Universitas Stanford, dan Universitas Berkeley untuk membangun jaringan militer yang dapat tahan terhadap serangan nuklir. Proyek ini dikenal sebagai ARPANET. ARPANET merupakan jaringan pertama yang digunakan untuk menghubungkan beberapa lokasi.

Pada tahun 1969, ARPANET memiliki 4 komputer yang terhubung ke jaringan, yang semuanya berlokasi di AS. Pada tahun 1973, jaringan ini dapat menghubungkan 24 komputer di AS. ARPANET menyebar ke seluruh dunia, dan pada tahun 1983, jaringan ini menghubungkan 213 komputer di AS dan Inggris.

Internet dan World Wide Web

Pada tahun 1983, protokol TCP / IP dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS. Protokol ini memungkinkan komputer yang berbeda untuk terhubung ke jaringan ARPANET. Setelah protokol ini dikembangkan, jaringan ARPANET berubah menjadi Internet.

Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee memperkenalkan World Wide Web di CERN di Swiss. World Wide Web (WWW) memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai dokumen yang berbeda dari jaringan Internet. WWW dapat dibaca oleh semua jenis sistem komputer. Ide ini cepat populer dan pada tahun 1991, pengguna Internet mencapai 1 juta orang di seluruh dunia.

Jaringan Komputer Modern

Pada tahun 1990-an, jaringan komputer menjadi lebih canggih. Modem dan router mulai tersedia dan memungkinkan orang untuk menghubungkan komputer mereka ke jaringan Internet. Pada tahun 1994, pengguna Internet mencapai 16 juta di seluruh dunia. Pada tahun 2000, pengguna Internet mencapai 400 juta di seluruh dunia.

Pada tahun 2000-an, teknologi jaringan komputer berkembang lebih cepat. Wi-Fi dan jaringan nirkabel menjadi populer, dan broadband menjadi lebih tersedia. Pada tahun 2009, pengguna Internet mencapai 1,7 miliar di seluruh dunia. Pada tahun 2017, pengguna Internet mencapai 3,5 miliar di seluruh dunia.

Jaringan Komputer Masa Depan

Teknologi jaringan komputer akan terus berkembang di masa depan. Teknologi jaringan seluler seperti 5G telah mulai tersedia dan menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan koneksi yang lebih dapat diandalkan. Teknologi jaringan nirkabel seperti Wi-Fi 6 juga sedang dikembangkan dan akan memungkinkan pengguna untuk menikmati kecepatan yang lebih tinggi dan lebih baik.

Jaringan komputer masa depan juga akan menawarkan lebih banyak pilihan untuk berbagi data, saling berkomunikasi, dan berkolaborasi. Teknologi jaringan komputer juga akan terus berkembang untuk menemukan cara yang lebih aman dan lebih dapat diandalkan untuk menyimpan dan mengakses data dari jarak jauh.

Kesimpulan

Sejarah jaringan komputer dimulai pada tahun 1960-an dengan jaringan ARPANET. Internet dan World Wide Web kemudian ditemukan pada tahun 1980-an dan 1990-an, yang membuat jaringan komputer menjadi lebih canggih dan mudah diakses. Teknologi jaringan komputer modern seperti Wi-Fi dan broadband juga telah tersedia. Teknologi jaringan komputer masa depan seperti 5G dan Wi-Fi 6 akan menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan koneksi yang lebih dapat diandalkan.


Posting Komentar untuk "Sejarah Jaringan Komputer Singkat"