Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Sistem Operasi Komputer Dan Handphone


Pengertian, Macam macam,dan Contoh SISTEM OPERASI DezJr
Pengertian, Macam macam,dan Contoh SISTEM OPERASI DezJr from dezrealjr.blogspot.com

Sistem operasi (Operating System, OS) adalah sebuah perangkat lunak yang menjadi perantara antara hardware komputer dan perangkat lunak aplikasi. Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengatur berbagai macam tugas dan mengatur alokasi sumber daya antara aplikasi yang berjalan. Sistem operasi dapat ditemukan di berbagai macam perangkat, dari mesin-mesin komputer tua hingga ke perangkat seluler modern saat ini. Sejarah sistem operasi komputer dan handphone telah menyaksikan berbagai macam perkembangan yang luar biasa.

Sejarah Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer pertama kali muncul pada tahun 1951, ketika IBM membuat sistem operasi yang disebut dengan OS/360. OS/360 memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas yang berbeda secara bersamaan, yang diizinkan oleh konsep multi-tasking, di mana beberapa aplikasi dapat berjalan pada saat yang bersamaan. Sejak saat itu, berbagai macam sistem operasi komputer telah diterbitkan. Beberapa di antaranya adalah Unix, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1969, Mac OS, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1984, Windows, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1985, dan Linux, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1991.

Sejarah Sistem Operasi Handphone

Sistem operasi perangkat seluler atau handphone pertama kali diterbitkan pada tahun 1996, dengan nama Ericsson R380. Ericsson R380 adalah perangkat seluler yang pertama yang dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti mengirim email, browsing web, dan melakukan panggilan telepon. Sistem operasi handphone berkembang dengan cepat di tahun-tahun berikutnya, dengan berbagai macam perangkat seluler yang menggunakan sistem operasi seperti Symbian, Blackberry, dan iOS. Pada tahun 2007, Google mulai membuat sistem operasi handphone yang disebut dengan Android, yang menjadi salah satu sistem operasi handphone terpopuler hingga saat ini.

Perkembangan Sistem Operasi Komputer dan Handphone dalam 10 Tahun Terakhir

Dalam 10 tahun terakhir, sistem operasi komputer dan handphone telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pada tahun 2013, Microsoft merilis Windows 8, yang merupakan sistem operasi Windows terbaru. Windows 8 menghadirkan berbagai macam fitur baru, seperti layar sentuh, aplikasi modern, dan antarmuka pengguna yang lebih intuitif. Di sisi lain, Android juga telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam 10 tahun terakhir, dengan berbagai macam fitur baru yang ditawarkan, seperti aplikasi berbasis lokasi, aplikasi berbasis waktu, dan berbagai macam fitur keamanan yang lebih baik.

Kesimpulan

Sejarah sistem operasi komputer dan handphone telah menyaksikan berbagai macam perkembangan yang luar biasa. Sistem operasi komputer telah ada selama lebih dari 60 tahun, dan sistem operasi handphone telah ada selama lebih dari 20 tahun. Dalam 10 tahun terakhir, berbagai macam sistem operasi telah mengalami perkembangan yang signifikan, dengan berbagai macam fitur baru yang ditawarkan. Dengan berbagai macam perkembangan ini, kita dapat mengharapkan sistem operasi untuk terus berkembang di masa depan.


Posting Komentar untuk "Sejarah Sistem Operasi Komputer Dan Handphone"