Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topologi Jaringan Komputer Yang Menggunakan Concentrator (Hub/Switch)


Jangan pernah lelah melakukan kebaikan
Jangan pernah lelah melakukan kebaikan from yennyfatnasari30.blogspot.com

Topologi jaringan komputer adalah desain jaringan yang mengatur cara komputer saling terhubung. Topologi jaringan komputer menggunakan beberapa media transmisi, termasuk kabel, gelombang radio, dan nirkabel. Topologi jaringan yang menggunakan concentrator (hub/switch) sebagai pengatur paket data adalah topologi jaringan yang paling banyak digunakan. Topologi ini memiliki beberapa keuntungan seperti biaya yang lebih rendah, kinerja yang baik, dan konfigurasi yang mudah.

Apa Itu Concentrator (Hub/Switch)?

Concentrator, atau hub/switch, adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer ke jaringan. Concentrator memberikan jalur komunikasi yang terpisah antara komputer yang terhubung. Ini memungkinkan paket data untuk dikirimkan ke komputer tujuan secara efisien dan cepat. Concentrator juga dapat digunakan untuk mengakses internet melalui jaringan. Concentrator biasanya terdiri dari beberapa port yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan.

Keuntungan Menggunakan Concentrator (Hub/Switch)

Ketika jaringan menggunakan concentrator sebagai pengatur paket data, maka jaringan akan memiliki beberapa keuntungan. Pertama, biaya yang terkait dengan topologi ini lebih rendah dibandingkan dengan topologi jaringan lainnya. Hal ini karena concentrator hanya memerlukan media transmisi yang sederhana dan biaya yang lebih rendah untuk implementasinya. Kedua, topologi jaringan yang menggunakan concentrator memiliki kinerja yang baik. Hal ini karena concentrator dapat mengirim dan menerima paket data dengan cepat dan efisien. Ketiga, topologi ini mudah dikonfigurasi. Hal ini karena konfigurasi hanya mencakup menghubungkan komputer ke concentrator.

Kekurangan Menggunakan Concentrator (Hub/Switch)

Walaupun topologi jaringan yang menggunakan concentrator sebagai pengatur paket data memiliki beberapa keuntungan, jaringan ini juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, jika ada masalah pada salah satu port pada concentrator, maka komputer yang terhubung dengan port tersebut akan kehilangan koneksi ke jaringan. Kedua, jika terjadi gangguan pada salah satu kabel, maka semua komputer yang terhubung dengan kabel tersebut akan kehilangan koneksi ke jaringan. Ketiga, topologi ini tidak dapat menangani beban jaringan yang berat. Hal ini karena concentrator hanya dapat menangani jumlah paket data yang terbatas.

Fitur Tambahan yang Disediakan Concentrator (Hub/Switch)

Selain dari fungsi dasar, concentrator juga menyediakan sejumlah fitur tambahan. Beberapa fitur tambahan yang tersedia pada concentrator adalah kemampuan untuk mengontrol lalu lintas jaringan, mengatur akses jaringan, dan mengamankan jaringan. Concentrator juga dapat digunakan untuk mengatur konfigurasi jaringan, mengelola aktivitas jaringan, dan memantau kinerja jaringan. Fitur tambahan ini dapat membantu meningkatkan kinerja jaringan dan meningkatkan keamanan jaringan.

Kesimpulan

Topologi jaringan yang menggunakan concentrator (hub/switch) sebagai pengatur paket data adalah topologi yang paling banyak digunakan. Topologi ini memiliki beberapa keuntungan seperti biaya yang lebih rendah, kinerja yang baik, dan konfigurasi yang mudah. Concentrator juga menyediakan sejumlah fitur tambahan yang dapat membantu meningkatkan kinerja jaringan dan meningkatkan keamanan jaringan. Namun, topologi ini memiliki beberapa kekurangan seperti ketergantungan pada satu port dan ketergantungan pada satu kabel. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan topologi ini sebelum menggunakannya.


Posting Komentar untuk "Topologi Jaringan Komputer Yang Menggunakan Concentrator (Hub/Switch)"