Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50 Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya


Gambar Komputer Lengkap pulp
Gambar Komputer Lengkap pulp from contohmu.github.io

1. Motherboard

Motherboard adalah perangkat keras komputer yang merupakan bagian dasar dan paling penting dari komputer. Motherboard berfungsi sebagai jembatan antara semua komponen komputer lainnya. Ia bertugas untuk menghubungkan antara prosesor, RAM, hard disk, kartu grafis, kartu suara, kartu jaringan, dan port eksternal. Selain itu, motherboard juga berfungsi sebagai pengendali aliran listrik yang masuk ke komponen komputer. Motherboard umumnya terdiri dari port USB, port audio, port video, dan slot untuk menempatkan komponen lainnya.

2. CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah otak dari sebuah komputer. Ia adalah bagian dari komputer yang berfungsi untuk menjalankan perintah dari sistem operasi. CPU juga bertanggung jawab untuk mengeksekusi program yang diinstal di komputer. CPU terdiri dari komponen seperti prosesor, kontroler memori, kontroler masukan/keluaran, dan unit aritmatika. Saat ini, prosesor Intel dan AMD merupakan prosesor paling populer.

3. RAM (Random Access Memory)

RAM adalah salah satu komponen yang paling penting dari sebuah komputer. RAM berfungsi sebagai penyimpanan data sementara yang digunakan oleh CPU untuk menjalankan program. RAM berfungsi sebagai penyimpanan sementara untuk data yang sedang digunakan oleh CPU. Saat ini, RAM tersedia dalam berbagai jenis, seperti DDR4, DDR3, DDR2, dan DDR. Ukuran RAM yang dianjurkan untuk komputer biasa adalah 4GB atau lebih.

4. Hard Disk

Hard disk adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data. Hard disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang dapat diakses oleh CPU. Saat ini, hard disk tersedia dalam berbagai jenis, seperti SATA, SAS, dan IDE. Hard disk biasanya digunakan untuk menyimpan data seperti dokumen, foto, musik, dan film.

5. Kartu Grafis

Kartu grafis adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk mengolah gambar yang ditampilkan di layar monitor. Kartu grafis juga berfungsi untuk membuat grafis 3D untuk game dan aplikasi. Saat ini, kartu grafis tersedia dalam berbagai jenis, seperti Nvidia, ATI, dan Intel. Kartu grafis umumnya juga diperlukan untuk menjalankan aplikasi dan game yang memerlukan grafis yang kuat.

6. Monitor

Monitor adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar dan teks yang dikirim oleh CPU. Monitor tersedia dalam berbagai jenis, seperti CRT, LCD, LED, dan OLED. Monitor terbaru biasanya menggunakan teknologi LED atau OLED. Monitor juga dijual dalam berbagai ukuran, seperti 15 inci, 17 inci, 19 inci, dan 21 inci.

7. Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mengetik. Keyboard umumnya tersedia dalam berbagai jenis, seperti USB, PS/2, dan wireless. Saat ini, keyboard juga tersedia dalam berbagai bentuk, seperti full-size, mini, dan ergonomis. Keyboard juga tersedia dalam berbagai warna, seperti hitam, putih, biru, dan merah.

8. Mouse

Mouse adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mengontrol pointer di layar. Saat ini, mouse tersedia dalam berbagai jenis, seperti USB, PS/2, dan wireless. Mouse juga tersedia dalam berbagai bentuk, seperti konvensional, mini, dan ergonomis. Mouse juga tersedia dalam berbagai warna, seperti hitam, putih, biru, dan merah.

9. Printer

Printer adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mencetak dokumen. Saat ini, printer tersedia dalam berbagai jenis, seperti laser, inkjet, dan portabel. Printer juga tersedia dalam berbagai ukuran, seperti A4, A5, dan A6. Printer laser biasanya digunakan untuk mencetak dokumen dengan kualitas yang lebih baik dan lebih cepat.

10. Speaker

Speaker adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Saat ini, speaker tersedia dalam berbagai jenis, seperti stereo, surround sound, dan portable. Speaker juga tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 2.1, 5.1, dan 7.1. Speaker biasanya digunakan untuk mendengarkan musik, film, dan game.

11. Modem

Modem adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet. Saat ini, modem tersedia dalam berbagai jenis, seperti DSL, cable, dan wireless. Modem juga tersedia dalam berbagai kecepatan, seperti 56K, 100K, dan 1Gbps. Modem biasanya digunakan untuk mengakses jaringan internet dan mengirimkan/menerima data.

12. Kartu Jaringan

Kartu jaringan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan lokal atau internet. Saat ini, kartu jaringan tersedia dalam berbagai jenis, seperti Ethernet, WiFi, dan Bluetooth. Kartu jaringan juga tersedia dalam berbagai kecepatan, seperti 10Mbps, 100Mbps, dan 1Gbps. Kartu jaringan biasanya digunakan untuk mengakses jaringan lokal atau internet.

13. Kartu Suara

Kartu suara adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Saat ini, kartu suara tersedia dalam berbagai jenis, seperti onboard, USB, dan PCI. Kartu suara juga tersedia dalam berbagai kecepatan, seperti 8-bit, 16-bit, dan 24-bit. Kartu suara biasanya digunakan untuk merekam dan memutar suara.

14. Fan

Fan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menurunkan suhu komputer. Saat ini, fan tersedia dalam berbagai jenis, seperti CPU fan, case fan, dan VGA fan. Fan juga tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 40mm, 80mm, dan 120mm. Fan biasanya digunakan untuk menjaga suhu komponen komputer tetap stabil.

15. Power Supply

Power supply adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyediakan listrik ke semua komponen komputer. Saat ini, power supply tersedia dalam berbagai jenis, seperti ATX dan SFX. Power supply juga tersedia dalam berbagai kecepatan, seperti 200 watt, 400 watt, dan 800 watt. Power supply biasanya digunakan untuk menyediakan listrik ke semua komponen komputer.

16. Scanner

Scanner adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memindai dokumen. Saat ini, scanner tersedia dalam berbagai jenis, seperti flatbed, sheetfed, dan portable. Scanner juga tersedia dalam berbagai resolusi, seperti 600 dpi, 1200 dpi, dan 2400 dpi. Scanner biasanya digunakan untuk memindai dokumen dan gambar.

17. DVD Drive

DVD drive adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk membaca dan menulis data dari DVD atau CD. Saat ini, DVD drive tersedia dalam berbagai jenis, seperti DVD-ROM, DVD-RW, dan Blu-Ray. DVD drive juga tersedia dalam berbagai kecepatan, seperti 8x, 16x, dan 24x. DVD drive biasanya digunakan untuk membaca dan menulis data dari DVD atau CD.

18. Webcam

Webcam adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengambil gambar dan video. Saat ini, webcam tersedia dalam berbagai jenis, seperti USB, wireless, dan built-in. Webcam juga tersedia dalam berbagai resolusi, seperti 640x480, 1280x720, dan 1920x1080. Webcam biasanya digunakan untuk video chat dan panggilan video.

19. Flash Drive

Flash drive adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data. Saat ini, flash drive tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 8GB, 16GB, dan 32GB. Flash drive juga tersedia dalam berbagai kecepatan, seperti USB 2.0, USB 3.0, dan USB 3.1. Flash drive biasanya digunakan untuk menyimpan data dan memindahkannya dari satu komputer ke komputer lain.

20. Print Server

Print server adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghubungkan printer ke jaringan lokal. Saat ini, print server tersedia d


Posting Komentar untuk "50 Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya"