Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keyboard Komputer Tak Berfungsi Di Windows 7? Ini Cara Mengatasinya!


5 Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 dan 7
5 Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 dan 7 from www.andik.my.id

Ketika Anda menghadapi masalah komputer, satu hal yang paling membingungkan adalah ketika keyboard komputer Anda tidak berfungsi. Ini bisa menjadi masalah yang menyebalkan karena Anda tidak dapat melakukan apa pun tanpa menggunakan keyboard. Terutama jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 7, masalah ini bisa menjadi sangat menyebalkan. Namun, jangan khawatir, masalah ini bisa diselesaikan dengan mudah! Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah keyboard komputer yang tak berfungsi di Windows 7.

1. Periksa Koneksi Keyboard

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa koneksi keyboard. Ini adalah cara yang paling sederhana, dan bisa menjadi solusi untuk masalah keyboard yang tak berfungsi. Cobalah untuk melepaskan dan memasang lagi koneksi keyboard ke komputer. Jika Anda menggunakan USB, cobalah untuk melepaskan dan memasang lagi koneksi USB. Jika Anda menggunakan jaringan, cobalah untuk menyesuaikan ulang koneksi jaringan. Jika koneksi berfungsi dengan baik, maka keyboard komputer Anda akan kembali berfungsi.

2. Perbarui Driver Keyboard

Jika koneksi keyboard berfungsi dengan baik, maka Anda bisa mencoba untuk memperbarui driver keyboard. Driver merupakan perangkat lunak yang mengatur bagaimana sistem operasi komputer berinteraksi dengan perangkat keras. Jadi, jika driver komputer Anda sudah usang, maka Anda harus memperbaruinya agar keyboard komputer Anda dapat berfungsi dengan baik. Anda bisa mencoba untuk memperbarui driver keyboard dengan mengunduh driver terbaru dari situs web resmi produsen dan menginstalnya di komputer Anda.

3. Perbarui Sistem Operasi

Jika Anda sudah memeriksa koneksi dan memperbarui driver namun masalah masih belum terselesaikan, maka Anda bisa mencoba untuk memperbarui sistem operasi Windows 7. Anda bisa melakukannya dengan mengunduh pembaruan sistem operasi yang tersedia dari situs web Microsoft. Ini bisa membantu Anda mengatasi masalah keyboard komputer yang tak berfungsi di Windows 7. Setelah Anda mengunduh dan menginstal pembaruan sistem operasi, Anda harus memeriksa lagi apakah keyboard komputer Anda berfungsi dengan baik.

4. Periksa Koneksi Perangkat Keras Lainnya

Ketika Anda menemukan masalah dengan keyboard komputer Anda, Anda juga harus memeriksa koneksi perangkat keras lainnya. Misalnya, jika Anda menggunakan mouse USB, cobalah untuk melepaskan dan memasang lagi koneksi USB. Ini bisa membantu Anda menemukan masalah dengan perangkat keras lainnya yang bisa menyebabkan masalah dengan keyboard komputer Anda. Jadi, pastikan untuk memeriksa koneksi semua perangkat keras yang Anda gunakan.

5. Coba Keyboard Lain

Jika masalah masih belum terselesaikan, Anda juga bisa mencoba menggunakan keyboard lain. Coba gunakan keyboard lain yang Anda miliki, atau cobalah untuk meminjam keyboard dari teman atau tetangga Anda. Jika keyboard lain berfungsi dengan baik, maka Anda tahu bahwa masalahnya ada pada keyboard Anda. Namun, jika keyboard lain juga tak berfungsi, maka Anda harus menemukan masalah lain yang mungkin menyebabkan masalah ini.

6. Perbarui Firmware BIOS

Jika masalah masih belum terselesaikan, Anda bisa mencoba untuk memperbarui firmware BIOS. Firmware BIOS adalah perangkat lunak yang mengatur bagaimana sistem operasi komputer berinteraksi dengan perangkat keras. Jadi, jika firmware BIOS Anda sudah usang, maka Anda harus memperbaruinya agar keyboard komputer Anda dapat berfungsi dengan baik. Anda bisa mencoba untuk memperbarui firmware BIOS dengan mengunduh firmware terbaru dari situs web resmi produsen dan menginstalnya di komputer Anda.

7. Periksa Kabel Power

Jika Anda sudah memeriksa semua hal di atas dan masalah masih belum terselesaikan, maka Anda harus memeriksa kabel power. Kabel power adalah kabel yang menghubungkan komputer Anda dengan sumber daya listrik. Jadi, jika kabel power Anda rusak atau kurang kuat, maka hal ini bisa menyebabkan masalah dengan keyboard komputer Anda. Cobalah untuk melepaskan dan memasang lagi kabel power atau bahkan mengganti kabel power dengan yang baru.

8. Periksa Komponen Komputer

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan namun masalah masih belum terselesaikan, maka Anda harus memeriksa komponen komputer Anda. Cobalah untuk memeriksa komponen-komponen komputer Anda, seperti RAM, CPU, dan motherboard. Jika Anda menemukan masalah dengan salah satu komponen, maka itu bisa menjadi penyebab masalah dengan keyboard komputer Anda. Jadi, pastikan untuk memeriksa komponen-komponen komputer Anda sebelum Anda mengganti keyboard komputer Anda.

9. Coba Memulihkan Sistem

Jika masalah masih belum terselesaikan, Anda bisa mencoba untuk memulihkan sistem. Dengan memulihkan sistem, Anda bisa mengembalikan semua pengaturan komputer Anda ke pengaturan default. Jadi, jika masalah terjadi karena Anda mengubah pengaturan komputer Anda, Anda bisa memulihkan sistem sebagai cara untuk menyelesaikan masalah. Anda bisa melakukannya dengan mengunduh aplikasi pemulihan sistem dari situs web Microsoft dan menginstalnya di komputer Anda.

10. Ganti Keyboard

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas namun masalah masih belum terselesaikan, maka Anda harus mengganti keyboard komputer Anda. Ini bisa menjadi cara terakhir untuk menyelesaikan masalah keyboard komputer yang tak berfungsi di Windows 7. Pastikan untuk membeli keyboard yang kompatibel dengan Windows 7, sehingga keyboard komputer Anda dapat berfungsi dengan baik setelah Anda menggantinya.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah keyboard komputer yang tak berfungsi di Windows 7. Jadi, jika Anda menemukan masalah tersebut, pastikan untuk mencoba cara-cara di atas. Semoga masalah Anda dapat terselesaikan dengan mudah dan cepat!


Posting Komentar untuk "Keyboard Komputer Tak Berfungsi Di Windows 7? Ini Cara Mengatasinya!"