Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komputer Berasal Dari Bahasa Latin Yaitu Computare Yang Artinya


Komputer Dalam Bahasa Latin Kata tersebut kemudian diserap ke dalam
Komputer Dalam Bahasa Latin Kata tersebut kemudian diserap ke dalam from scotandrade.blogspot.com

Sebuah Sejarah Yang Panjang

Komputer adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk melakukan berbagai tugas yang berhubungan dengan pengolahan data, komunikasi, dan bahkan hiburan. Meskipun komputer sekarang ini terlihat jauh berbeda dari komputer yang digunakan di masa lalu, namun bahwa komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung.

Komputer modern berasal dari pengembangan komputer generasi pertama yang dikenal sebagai komputer generasi kedua. Komputer generasi kedua diciptakan pada tahun 1940-an dan dikembangkan sebagai mesin yang lebih kompleks, lebih cepat, dan lebih efisien daripada komputer generasi pertama. Pada tahun 1950-an, komputer generasi kedua telah menjadi standar dan berbagai jenis komputer generasi kedua mulai bermunculan.

Komputer generasi ketiga mulai dikembangkan pada tahun 1960-an. Komputer generasi ketiga memiliki kemampuan yang jauh lebih canggih dari generasi sebelumnya. Ini memungkinkan komputer untuk melakukan berbagai tugas yang sebelumnya tidak mungkin untuk dilakukan oleh komputer generasi sebelumnya. Komputer generasi ketiga juga dikenal sebagai komputer mainframe dan mereka digunakan untuk melakukan berbagai tugas yang berhubungan dengan pengolahan data, komunikasi, dan bahkan hiburan.

Selama tahun 1970-an dan 1980-an, komputer generasi keempat mulai dikembangkan untuk menggantikan komputer generasi sebelumnya. Komputer generasi keempat adalah komputer yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih efisien daripada generasi sebelumnya. Komputer generasi keempat menggunakan teknologi yang lebih kompleks dan canggih untuk menyimpan dan mengolah data dan juga untuk berkomunikasi.

Komputer generasi kelima mulai dikembangkan pada tahun 1990-an. Ini adalah generasi komputer yang digunakan untuk melakukan berbagai tugas yang berhubungan dengan pengolahan data, komunikasi, dan bahkan hiburan. Komputer generasi kelima juga dikenal sebagai komputer personal dan mereka dapat diakses oleh pengguna melalui jaringan lokal atau Internet.

Selain generasi komputer yang disebutkan di atas, masih banyak jenis komputer lain yang dikembangkan selama beberapa dekade terakhir. Semua jenis komputer ini memiliki kemampuan yang berbeda dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas yang berhubungan dengan pengolahan data, komunikasi, dan bahkan hiburan.

Fakta Menarik Lainnya

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung. Namun, kata “computer” berasal dari bahasa Inggris “to compute” yang artinya “menghitung”. Sejak awal, istilah “computer” digunakan untuk merujuk pada mesin yang dapat melakukan penghitungan yang rumit dan otomatis.

Komputer sebenarnya telah ada sejak abad ke-17, ketika Charles Babbage menciptakan mesin pertamanya yang disebut “Difference Engine”. Mesin ini dapat menghitung secara otomatis angka-angka yang rumit. Mesin Babbage kemudian dikembangkan menjadi mesin yang disebut “Analytical Engine” yang dapat melakukan operasi matematika dan logika yang rumit.

Pada awal abad ke-20, beberapa mesin telah dikembangkan yang dapat melakukan operasi matematika secara otomatis. Mesin-mesin ini sering disebut sebagai mesin hitung. Pada tahun 1936, Alan Turing menciptakan mesin pertamanya yang disebut “Turing Machine” yang dapat melakukan berbagai tugas berdasarkan perintah-perintah yang diberikan.

Pada tahun 1940-an, John von Neumann menciptakan konsep mesin komputer yang dikenal sebagai “stored program machine”. Mesin ini dapat menyimpan program dalam memori dan menjalankannya. Ini memungkinkan mesin untuk menyimpan dan mengolah data secara otomatis.

Komputer telah berkembang secara pesat sejak saat itu. Sekarang, komputer digunakan untuk melakukan berbagai tugas yang berhubungan dengan pengolahan data, komunikasi, dan bahkan hiburan. Komputer juga telah menjadi bagian penting dari banyak industri. Komputer telah mengubah cara kita mengerjakan pekerjaan dan membuat hidup lebih mudah.

Kesimpulan

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung. Komputer modern berasal dari pengembangan komputer generasi pertama yang dikenal sebagai komputer generasi kedua. Setelah itu, komputer generasi ketiga, keempat, dan kelima pun dikembangkan. Komputer generasi kelima yang dikenal sebagai komputer personal, saat ini telah menjadi bagian penting dari banyak industri. Komputer telah berkembang secara pesat sejak saat itu dan membuat hidup kita lebih mudah.


Posting Komentar untuk "Komputer Berasal Dari Bahasa Latin Yaitu Computare Yang Artinya"