Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembelajaran Menggunakan Komputer Secara Online Disesebut


Sesi Pengajaran Dan Pembelajaran Dilakukan Secara Online Sehingga 31
Sesi Pengajaran Dan Pembelajaran Dilakukan Secara Online Sehingga 31 from pendidikan4all.net

Pembelajaran menggunakan komputer secara online disebut juga dengan istilah e-learning atau pembelajaran daring. E-learning adalah proses pendidikan atau pembelajaran yang dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Metode ini berbeda dengan belajar di kelas yang melibatkan guru dan murid secara langsung di ruangan kelas. Pembelajaran daring memungkinkan pengguna untuk mendapatkan materi atau informasi dengan cara menggunakan internet atau perangkat lain seperti telepon seluler.

Apa Itu E-learning?

E-learning sendiri adalah proses pembelajaran yang dilakukan secara online atau melalui media elektronik. Tujuan utama e-learning adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan seseorang dengan cara yang efisien dan efektif. Dalam pembelajaran daring, para pelajar dapat menggunakan berbagai macam media elektronik seperti komputer, laptop, tablet, telepon seluler, dan lain sebagainya untuk berkomunikasi dan mengakses materi pembelajaran. Dengan demikian, para pelajar dapat mempelajari materi dari mana saja dan kapan saja.

Keuntungan Pembelajaran Online

Keuntungan utama dari pembelajaran daring adalah kemudahan akses. Dengan e-learning, para pelajar dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja, tanpa harus datang ke kelas. Selain itu, para pelajar dapat mempelajari materi dan mengerjakan tugas sesuai dengan kecepatan mereka. Hal ini memungkinkan para pelajar untuk menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan lebih efisien. Dengan pembelajaran daring, para pelajar juga dapat berinteraksi dengan guru dan teman-teman lain secara langsung tanpa harus meninggalkan rumah.

Kerugian Pembelajaran Online

Kerugian yang paling umum dari pembelajaran daring adalah kurangnya interaksi secara langsung antara guru dan murid. Karena para pelajar tidak bertemu secara langsung dengan guru, mereka mungkin tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari guru. Selain itu, para pelajar juga mungkin akan kehilangan kesempatan untuk berdiskusi dengan teman-teman mereka secara langsung. Selain itu, beberapa pelajar mungkin juga merasa kesulitan untuk mengikuti materi pelajaran karena kurangnya interaksi langsung dengan guru.

Keterampilan yang Diperlukan untuk E-learning

Untuk mengikuti pembelajaran daring, para pelajar harus memiliki berbagai macam keterampilan teknis. Mereka harus mengetahui bagaimana cara menggunakan perangkat lunak tertentu, misalnya Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan lain-lain. Selain itu, para pelajar juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakan internet seperti mengakses situs web, mengirim dan menerima email, dan lain sebagainya. Selain memiliki keterampilan teknis, para pelajar juga harus memiliki disiplin dan komitmen yang kuat untuk dapat menyelesaikan materi pembelajaran dengan tepat waktu.

Manfaat E-learning

E-learning memiliki banyak manfaat bagi para pelajar. Dengan e-learning, para pelajar dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja. Selain itu, para pelajar juga dapat mempelajari materi pembelajaran dengan lebih cepat dan lebih efisien. Dengan e-learning, para pelajar juga dapat meningkatkan kemampuan mereka dan menjadi lebih kompeten di bidang tertentu. Selain itu, e-learning juga dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan teknis para pelajar.

Kesimpulan

Pembelajaran menggunakan komputer secara online disebut juga dengan istilah e-learning atau pembelajaran daring. E-learning adalah proses pendidikan atau pembelajaran yang dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, para pelajar dapat mempelajari materi dari mana saja dan kapan saja. E-learning memiliki banyak manfaat bagi para pelajar, seperti kemudahan akses, waktu yang fleksibel, dan penyelesaian tugas dengan lebih cepat dan lebih efisien. Selain itu, para pelajar juga harus memiliki keterampilan teknis yang cukup untuk dapat mengikuti pembelajaran daring.


Posting Komentar untuk "Pembelajaran Menggunakan Komputer Secara Online Disesebut"