Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Jaringan Komputer Lan


Lan, Wireless LAN System, Wireless बिना तार वाली लैन, वायरलेस
Lan, Wireless LAN System, Wireless बिना तार वाली लैन, वायरलेस from www.indiamart.com

Komputer dan jaringan komputer adalah suatu perangkat yang sering kita dengar dan lihat di sekitar kita. Jaringan komputer adalah suatu sistem yang memungkinkan beberapa komputer untuk saling berhubungan dan berkomunikasi. Jaringan komputer juga dapat memungkinkan beberapa orang untuk saling berkomunikasi dengan satu sama lain. Jaringan komputer dapat dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah jaringan komputer LAN (Local Area Network).

Apa itu Jaringan Komputer LAN?

Jaringan komputer LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang dibatasi oleh jarak yang relatif kecil dalam satu lokasi tertentu. Jaringan komputer LAN biasanya digunakan oleh sebuah organisasi atau perusahaan yang membutuhkan koneksi jaringan komputer yang cepat dan efisien. Jaringan komputer LAN dapat menghubungkan ratusan komputer dan beberapa printer, scanner, dan perangkat lainnya yang berada dalam jangkauan jaringan komputer LAN. Jaringan komputer LAN juga dapat dibentuk dari perangkat yang berbeda, seperti komputer desktop, laptop, dan perangkat mobile.

Bagaimana Gambar Jaringan Komputer LAN Terbentuk?

Gambar jaringan komputer LAN adalah sebuah gambar yang menggambarkan bagaimana jaringan komputer LAN tersambung. Gambar ini menunjukkan jumlah komputer yang terhubung, lokasi dan alamat IP yang diberikan, serta jenis perangkat yang digunakan. Gambar jaringan komputer LAN juga menunjukkan bagaimana komputer saling berbagi sumber daya seperti file, printer, dan lainnya. Gambar ini juga menunjukkan bagaimana jaringan komputer LAN dapat saling berkomunikasi, seperti pengiriman file, pengiriman email, dan lainnya.

Cara Kerja Jaringan Komputer LAN

Cara kerja jaringan komputer LAN adalah dengan menggunakan sebuah media untuk menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau kabel coaxial. Kabel UTP adalah kabel yang terdiri dari dua kabel berserat yang dibalut dengan isolator plastik. Kabel coaxial adalah kabel yang terdiri dari dua lapisan isolasi dan kawat tembaga. Kedua kabel ini dapat digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan komputer LAN.

Kegunaan Jaringan Komputer LAN

Jaringan komputer LAN memiliki banyak kegunaan. Jaringan komputer LAN dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan, seperti jaringan intranet atau jaringan internet. Jaringan komputer LAN juga dapat digunakan untuk menyimpan dan membagikan file, mengirim email, mengakses internet, dan lain sebagainya. Jaringan komputer LAN juga dapat digunakan untuk mengontrol akses ke file dan printer, serta untuk mengontrol jaringan komputer dari jarak jauh.

Keuntungan Menggunakan Jaringan Komputer LAN

Keuntungan menggunakan jaringan komputer LAN adalah koneksi yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah. Jaringan komputer LAN menggunakan media kabel yang lebih murah dan cepat, sehingga distribusi data menjadi lebih cepat dan efisien. Jaringan komputer LAN juga menyediakan keamanan yang lebih baik dibandingkan jaringan wireless. Karena jaringan komputer LAN tidak dapat diakses dari jarak jauh, maka hanya orang yang berada di dalam ruangan atau lokasi yang dapat mengakses jaringan tersebut.

Kesimpulan

Jaringan komputer LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang dibatasi oleh jarak yang relatif kecil dalam satu lokasi tertentu. Jaringan komputer LAN biasanya digunakan oleh sebuah organisasi atau perusahaan yang membutuhkan koneksi jaringan komputer yang cepat dan efisien. Jaringan komputer LAN dapat menghubungkan ratusan komputer dan beberapa printer, scanner, dan perangkat lainnya yang berada dalam jangkauan jaringan komputer LAN. Jaringan komputer LAN juga dapat dibentuk dari perangkat yang berbeda, seperti komputer desktop, laptop, dan perangkat mobile. Jaringan komputer LAN memiliki banyak kegunaan, dan dapat digunakan untuk berbagai macam hal, seperti menghubungkan komputer, menyimpan dan membagikan file, mengirim email, dan lain sebagainya. Jaringan komputer LAN juga memiliki keuntungan seperti koneksi yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah, serta keamanan yang lebih baik dibandingkan jaringan wireless.


Posting Komentar untuk "Pengertian Jaringan Komputer Lan"