Secara Umum, Jaringan Komputer Terdiri Dari Apa Saja?

Daftar Isi

Belajar jaringan komputer
Belajar jaringan komputer from aank-subhan.blogspot.com

Secara umum, ada banyak jenis jaringan komputer yang dapat digunakan sebagai alat untuk menghubungkan komputer dan perangkat lain. Jaringan dapat dibagi menjadi beberapa jenis, seperti jaringan lokal (LAN), jaringan metropolitan (MAN), jaringan wide area (WAN) dan jaringan personal. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Apa Itu Jaringan Lokal (LAN)?

Jaringan lokal atau LAN adalah jaringan komputer yang dibatasi oleh lingkungan yang relatif kecil. Contohnya adalah jaringan yang digunakan oleh sebuah bisnis untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di gedung perusahaan mereka. Jaringan ini terbatas sampai dengan jarak tertentu dan biasanya dibatasi oleh sebuah router. Biasanya, jaringan LAN dapat diakses melalui koneksi internet atau Wi-Fi.

Apa Itu Jaringan Metropolitan (MAN)?

Jaringan metropolitan (MAN) adalah jaringan yang lebih luas daripada jaringan lokal. Jaringan ini dibentuk oleh beberapa jaringan lokal yang terhubung. Jaringan MAN dapat mencakup sebuah kota atau daerah yang lebih luas daripada jaringan lokal. Jaringan ini biasanya digunakan oleh operator telekomunikasi untuk menghubungkan jaringan lokal di sebuah kota atau daerah. Jaringan MAN biasanya menggunakan layanan koneksi berkecepatan tinggi seperti jaringan fiber optik.

Apa Itu Jaringan Wide Area (WAN)?

Jaringan wide area (WAN) adalah jaringan yang menghubungkan jaringan lokal atau metropolitan dengan jaringan lainnya. Jaringan ini dapat menghubungkan komputer yang berada di lokasi yang sangat jauh. Jaringan WAN dapat menghubungkan jaringan lokal di berbagai kota atau daerah. Jaringan WAN dapat menggunakan berbagai macam jenis koneksi, seperti kabel, satelit, dan Wi-Fi.

Apa Itu Jaringan Personal?

Jaringan personal adalah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang digunakan oleh satu orang. Jaringan personal ini dapat menghubungkan komputer di rumah, di sekolah, di kantor, atau di tempat lain. Jaringan ini dapat dibentuk dengan menggunakan kabel atau koneksi nirkabel. Jaringan personal juga dapat terhubung dengan jaringan lain, seperti jaringan lokal atau jaringan wide area, melalui koneksi internet.

Secara Umum, Jaringan Komputer Terdiri dari Apa Saja?

Secara umum, jaringan komputer terdiri dari jaringan lokal (LAN), jaringan metropolitan (MAN), jaringan wide area (WAN) dan jaringan personal. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri. Jaringan lokal adalah jaringan yang dibatasi oleh lingkungan yang relatif kecil. Jaringan metropolitan (MAN) adalah jaringan yang lebih luas daripada jaringan lokal. Jaringan wide area (WAN) adalah jaringan yang menghubungkan jaringan lokal atau metropolitan dengan jaringan lainnya. Jaringan personal adalah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang digunakan oleh satu orang.

Kecuali Apa dari Jaringan Komputer?

Kecuali dari jaringan komputer yang telah disebutkan di atas, ada beberapa jenis jaringan lain yang juga dapat digunakan. Beberapa contohnya adalah jaringan Wireless LAN (WLAN), jaringan bluetooth, jaringan infrared, jaringan peer-to-peer (P2P), jaringan virtual private network (VPN), jaringan storage area network (SAN), dan jaringan mesh network.

Kesimpulan

Secara umum, jaringan komputer terdiri dari jaringan lokal (LAN), jaringan metropolitan (MAN), jaringan wide area (WAN) dan jaringan personal. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri. Selain jenis-jenis jaringan tersebut, ada juga beberapa jenis jaringan lain yang dapat digunakan. Jadi, jaringan komputer tidak hanya terdiri dari jaringan lokal, metropolitan, wide area dan personal saja.


Posting Komentar