Sejarah Singkat Sistem Operasi Komputer

Daftar Isi

PPT 1. KOMPONEN SISTEM OPERASI PowerPoint Presentation, free download
PPT 1. KOMPONEN SISTEM OPERASI PowerPoint Presentation, free download from www.slideserve.com

Sistem Operasi (SO) adalah perangkat lunak yang mengatur semua aktivitas dari komputer, baik itu akses memori, proses I/O, manajemen jaringan, dan lain-lain. Sejarah sistem operasi dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu sejarah sistem operasi komputer dan sejarah sistem operasi mainframe.

Sejarah Sistem Operasi Komputer

Pengertian sistem operasi komputer pertama kali digunakan pada tahun 1950-an. Pada saat itu, sistem operasi yang akan dikembangkan hanya bertujuan untuk mengontrol mainframe dan mini komputer. Pada tahun 1960-an, banyak perangkat lunak sistem operasi yang dikembangkan untuk komputer pribadi.

Pada awal tahun 1970-an, Microsoft membuat sistem operasi MS-DOS yang berbasis teks. Ini adalah sistem operasi yang pertama kali dibuat khusus untuk komputer pribadi. Dalam beberapa tahun, MS-DOS telah menjadi sistem operasi yang paling populer. Pada tahun 1980-an, Microsoft mengeluarkan sistem operasi Windows. Sistem operasi ini menyediakan antarmuka grafis yang canggih, yang membuatnya lebih mudah digunakan dan populer.

Sistem operasi Windows telah menjadi sistem operasi komputer yang paling populer sejak tahun 1980-an. Sistem operasi Windows telah mendapat banyak peningkatan dari waktu ke waktu. Versi terbaru dari sistem operasi ini adalah Windows 10 yang telah dirilis pada tahun 2015. Windows 10 telah mendapat banyak peningkatan seperti layar retina, penggunaan multi-touch, dan lain-lain.

Sejarah Sistem Operasi Mainframe

Sistem operasi mainframe merupakan sistem operasi yang dikembangkan untuk mainframe. Sistem operasi mainframe pertama kali dikembangkan pada tahun 1960-an. Pada saat itu, sistem operasi ini digunakan untuk mengontrol dan mengatur akses ke hardware mainframe. Sistem operasi mainframe yang paling populer adalah IBM OS/360 yang dirilis pada tahun 1964. IBM OS/360 dapat digunakan untuk mengontrol mainframe dan mini komputer.

Pada tahun 1970-an, IBM mengembangkan sistem operasi yang lebih canggih, yaitu IBM OS/2. OS/2 dapat digunakan untuk mengontrol mainframe dan mini komputer. Sistem operasi ini juga dapat digunakan untuk mengontrol aplikasi, seperti database, aplikasi web, dan lain-lain. OS/2 adalah sistem operasi yang sangat populer di masa itu.

Pada tahun 1990-an, IBM mengeluarkan sistem operasi baru yang disebut IBM z/OS. z/OS adalah sistem operasi yang sangat canggih. Sistem operasi ini dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi, seperti database, aplikasi web, dan lain-lain. Sistem operasi ini juga menyediakan fitur keamanan yang lebih baik. Sistem operasi ini masih digunakan hingga saat ini.

Kesimpulan

Dari sejarah singkat sistem operasi komputer di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem operasi komputer telah mengalami banyak perkembangan sejak tahun 1950-an. Perkembangan ini telah membuat sistem operasi komputer semakin canggih dan mudah digunakan. Sistem operasi yang paling populer saat ini adalah Windows 10, yang berbasis antarmuka grafis. Sistem operasi mainframe yang paling populer adalah IBM z/OS.


Posting Komentar