Apa Itu Jaringan Komputer Dan Man?

Daftar Isi

Fungsi It Berkas Sekolah
Fungsi It Berkas Sekolah from berkassekolahguru.blogspot.com

Jaringan komputer merupakan kumpulan dari beberapa komputer yang saling tersambung satu sama lain. Jaringan komputer berfungsi untuk menghubungkan satu sama lain melalui media komunikasi yang disebut juga dengan media transmisi. Salah satu jenis jaringan komputer yang paling populer adalah jaringan MAN (Metropolitan Area Network).

Jaringan MAN adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan beberapa komputer dalam suatu wilayah metropolitan. Wilayah metropolitan adalah wilayah yang memiliki luas wilayah yang cukup luas, seperti kota besar. Jaringan MAN berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada dalam suatu wilayah metropolitan tersebut. Jaringan MAN menggunakan teknologi yang lebih canggih dan lebih mahal dibandingkan dengan jaringan lokal (LAN).

Keuntungan Jaringan MAN

Jaringan MAN memiliki berbagai keuntungan. Salah satu keuntungan yang paling menonjol adalah kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Jaringan MAN mampu menghubungkan beberapa komputer yang berada dalam suatu wilayah metropolitan dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi. Hal ini memungkinkan para pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas secara online, seperti streaming video, transfer file, dan lain-lain.

Selain itu, jaringan MAN juga memungkinkan para penggunanya untuk dapat terhubung dengan komputer lain yang berada di wilayah metropolitan tersebut. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk dapat berbagi file dan data dengan mudah. Jaringan MAN juga memungkinkan para pengguna untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang berada di wilayah metropolitan tersebut.

Jaringan MAN juga memiliki keuntungan lain yaitu biaya yang lebih murah. Karena jaringan MAN menggunakan teknologi yang lebih canggih, maka biaya yang dibutuhkan untuk membuat jaringan ini juga lebih murah. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk dapat menggunakan jaringan MAN dengan biaya yang lebih murah.

Kerugian Jaringan MAN

Walaupun jaringan MAN memiliki berbagai keuntungan, namun jaringan ini juga memiliki beberapa kerugian. Salah satu kerugian yang paling menonjol adalah keterbatasan jaringan MAN. Karena jaringan MAN hanya dapat menghubungkan beberapa komputer yang berada dalam suatu wilayah metropolitan, maka jaringan MAN tidak dapat menghubungkan beberapa komputer yang berada di luar wilayah metropolitan tersebut.

Selain itu, jaringan MAN juga memiliki keterbatasan lain yaitu jangkauan jaringan yang lebih kecil. Hal ini disebabkan karena jaringan MAN hanya dapat menghubungkan beberapa komputer yang berada dalam wilayah metropolitan yang cukup kecil. Hal ini membuat jangkauan jaringan MAN juga terbatas dibandingkan dengan jaringan lokal (LAN).

Kesimpulan

Jaringan MAN merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan beberapa komputer dalam suatu wilayah metropolitan. Jaringan MAN memiliki berbagai keuntungan seperti kecepatan transfer data yang lebih tinggi, biaya yang lebih murah, dan memungkinkan para pengguna untuk dapat berbagi file dan data dengan mudah. Namun jaringan MAN juga memiliki beberapa kerugian seperti keterbatasan jaringan dan jangkauan yang lebih kecil.


Posting Komentar