Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Tentang Komputer Dasar


MAKALAH (TUGAS DASAR SISTEM KOMPUTER).docx
MAKALAH (TUGAS DASAR SISTEM KOMPUTER).docx from www.scribd.com

Apa Itu Komputer Dasar?

Komputer dasar atau disebut juga dengan komputer generasi pertama adalah jenis komputer yang pertama kali diciptakan. Komputer dasar juga disebut sebagai komputer generasi 0 (zero) karena merupakan komputer yang tidak memiliki sistem operasi dan interface pengguna. Komputer dasar terutama digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan matematika, terutama untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan logika dan aritmatika. Komputer dasar menggunakan bahasa mesin atau bahasa assembly untuk menjalankan perintah-perintah yang diberikan.

Komponen Komputer Dasar

Komponen utama dari komputer dasar termasuk memori, prosesor, dan perangkat masukan dan keluaran. Memori merupakan bagian penting dari komputer dasar. Memori ini berguna untuk menyimpan data dan program yang digunakan oleh komputer. Prosesor adalah bagian dari komputer dasar yang berfungsi untuk mengolah data dan menjalankan program yang diberikan kepada komputer. Prosesor ini mengolah data dan membuat keputusan berdasarkan perintah yang diberikan. Perangkat masukan dan keluaran digunakan untuk mengirim data dan perintah ke dan dari komputer. Perangkat masukan termasuk mouse, keyboard, dan scanner. Perangkat keluaran termasuk monitor, printer, dan speaker.

Cara Kerja Komputer Dasar

Komputer dasar bekerja dengan mengambil perintah-perintah dari pemrograman yang diberikan oleh pemrogram. Setiap perintah yang diberikan akan dieksekusi oleh prosesor dan hasilnya akan ditampilkan di layar. Setelah perintah dieksekusi, hasilnya akan disimpan di memori. Dengan menggunakan bahasa assembly, komputer dasar dapat mengolah data dan mengambil keputusan. Komputer dasar juga dapat mengontrol perangkat masukan dan keluaran. Dengan demikian, komputer dasar dapat melakukan tugas-tugas yang diperintahkan oleh pemrogram.

Manfaat Komputer Dasar

Komputer dasar memiliki banyak manfaat dan merupakan komputer yang sangat berguna. Dengan menggunakan komputer dasar, kita dapat menyelesaikan masalah-masalah matematika dengan lebih cepat dan akurat. Ini juga dapat digunakan untuk mengontrol perangkat masukan dan keluaran seperti mouse, keyboard, dan printer. Selain itu, komputer dasar juga dapat digunakan untuk mengontrol mesin-mesin lain seperti mobil, pesawat, dan alat-alat lainnya. Dengan demikian, komputer dasar dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Kesimpulan

Komputer dasar adalah komputer generasi pertama yang digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. Komputer dasar memiliki banyak komponen utama seperti memori, prosesor, dan perangkat masukan dan keluaran. Cara kerja komputer dasar adalah dengan mengambil perintah-perintah dari pemrograman yang diberikan oleh pemrogram. Komputer dasar juga memiliki banyak manfaat seperti menyelesaikan masalah-masalah matematika, mengontrol perangkat masukan dan keluaran, dan mengontrol mesin-mesin lain. Dengan demikian, komputer dasar merupakan alat yang berguna dan penting bagi banyak orang.


Posting Komentar untuk "Makalah Tentang Komputer Dasar"