10 Kebiasaan Jelek Pengguna Teknologi Yang Mesti Di Hindari

Daftar Isi




semakin majunya teknologi dikala ini, semakin simpel juga kita dalam melakukan hal apapun. Namun, Mungkin lantaran sudah terbiasa dengan hal yang praktis itulah , kita tidak mau melakukan sesuatu secara manual dan menjadi pemalas. Nah, Di bawah ini adalah 10 kebiasan jelek pengguna teknologi di dunia yang disebabkan lantaran malas, tak acuh dan selalu ingin mudah.

1. Kеrjа dеngаn Pоѕіѕі Tіdаk Ergоnоmіѕ 

Duduk berjam-jam di depan komputer, baik itu di kantor atau di rumah, adalah kebiasaan buruk yang banyak dikerjakan pengguna teknologi. Misalnya, jarak pandang monitor yang tidak pas, bangku yang tidak menyokong punggung dengan baik, atau meja yang terlalu kecil/tidak sesuai dengan perawakan. Hal itu mampu mengakibatkan beberapa pecahan tubuh cedera kecil. Nah, bagaimana bekerja dengan komputer yang sehat? Berikut tipnya.

* Gunakan bangku yang secara dinamis dapat dikontrol tinggi-rendah dan senderan punggungnya.
* Atur posisi monitor bagian paling atas setidaknya setinggi 5-8 sentimeter di atas arah pandang mata.
* Untuk menghindari efek silau dari layar monitor, gunakan filter atau pelindung anti-silau.
* Duduklah dengan jarak sekitar satu rentangan tangan dari monitor.
* Kaki mesti mampu menjejak pada lantai atau pada pijakan kaki yang stabil.
* Jika memakai alat pemegang/penjepit dokumen, samakan tingginya dengan layar monitor.
* Antara siku dan pergelangan tangan sejajar dan lurus dikala memakai keyboard/mouse.
* Lengan dan siku berada dalam posisi santai bersahabat dengan tubuh Anda.
* Posisikan monitor dan keyboard di tengah hadapan Anda.
* Gunakan keyboard yang mempunyai cuilan pengungkit di bawahnya untuk mengatur posisi.
* Gunakan alas kerja atau meja yang stabil dan tidak goyah.
* Sesekali lakukan istirahat dengan bangkit, perenggangan dan melihat ke arah lain.

2. Mеmbіаrkаn Gаdgеt Kоtоr

Jangan biarkan perangkat komputer/telekomunikasi Anda kotor. Menurut sebuah observasi, 16 persen dari sampel ponsel yang pernah disurvei ternyata tercemar dengan kuman E.coli, basil yang ada pada kotoran insan dan umumnya didapatkan dalam usus besar insan. Survei ini mencoba mengungkapkan bahwa orang tidak mencuci tangan dengan benar sehabis ke toilet. Bayangkan jikalau sehabis itu Anda memegang gagang pintu, makanan, atau ponsel, kuman tersebut bisa pindah ke orang lain atau masuk ke dalam tubuh.

Sementara itu keyboard ternyata mengandung kuman 60 kali lebih banyak dari dudukan toilet umum. Karena itu biasakan membersihkan perangkat komputer/telekomunikasi Anda sekali sehari, atau setidaknya seminggu sekali dengan bahan pembersih yang tepat untuk meminimalisir kemajuan virus dan bakteri yang mampu membuat Anda sakit.

3. Tеrоbѕеѕі dеngаn Pоnѕеl

Bagaimanapun, perangkat telekomunikasi seperti ponsel pintar telah banyak menolong kita dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi. Namun ingat, gara-gara gadget tersebut relasi kita dengan sahabat dan anggota keluarga bisa retak. Karena itu, pakailah smartphone di saat yang sesuai. Jangan sibuk chatting-an/berjejaring sosial terus ketika sedang makan dengan keluarga/sobat, jangan chatting ketika sedang mengatakan dengan orang, dan pelankan suaramu di saat mengatakan di kawasan biasa .

4. Tіdаk Mеmbасk-uр Dаtа

Sebagian besar dari Anda mungkin masih banyak yang belum memback-up isi komputer secara teratur. Back-up data Anda ke hard drive eksternal dan tentukan bahwa dokumen dan data-data penting yang Anda butuhkan sudah diback-up dan disimpan dengan aman.

5. Ngе-gаmе Tеrlаlu Lаmа

Anda maniak game? Jika iya, jangan hingga keasyikan nge-game dan lupa waktu. Apalagi hingga lupa makan dan istirahat. Duduk dalam rentang waktu yang usang mampu berbahaya buat jantung dan muncul gumpalan darah yang fatal. Sementara itu, pada umumnya duduk diam (kurang beraktivitas) juga dapat menimbulkan kenaikan berat badan. Karena itu, cobalah untuk istirahat sejenak dan melaksanakan peregangan otot setiap 15 menit untuk memperlancar peredaran darah dan mengistirahatkan mata.


6. Jаrаng Mеn-ѕhutdоwn Lарtор

Beberapa laptop generasi modern sekarang sudah dilengkapi fitur hibernate otomatis. Anda cuma perlu menutup layar laptop, kemudian tata cara operasi laptop akan ‘istirahat’ dengan sendirinya. Namun, bila Anda ingin mesin komputer Anda berumur lebih panjang sebaiknya tidak sering-sering meng-hibernate laptop, apalagi dibuat dalam posisi standby.

Disarankan untuk men-shutdown laptop sesudah akhir dipakai biar metode mati secara tepat. Selain itu, rutinlah membersihkan ventilasi udara laptop dengan kain pembersih semoga laptop Anda mampu beroperasi lebih efisien.

7. Mеmbаwа Gаdgеt kе Tеmраt Tіdur

Apakah Anda sering merasa kurang tidur akhir-akhir ini? Bisa jadi teknologi penyebabnya. Membawa tablet, ponsel pintar atau laptop ke tempat tidur di malam hari acap kali menjadi penyebab utama problem tidur. Pasalnya, otak Anda akan dirangsang untuk berpikir terus, sehingga menunda fungsi tubuh tertidur. Karena itu cobalah menjauhkan teknologi dari kasur, tutup dan matikan semua gadget Anda sebelum tidur.

8. Mеngасuhkаn Uрdаtе Sуѕtеm

Di komputer biasanya muncul peringatan “update system” secara bersiklus. Namun, tidak sedikit pengguna komputer yang lebih memilih mengklik tombol “cancel” ketimbang mesti me-restart komputer setelah update system. Pastikan semua program, antivirus dan sistem operasi Anda sudah terupdate supaya komputer Anda berjalan tanpa hambatan dan kondusif.

9. Mеmаkаі Pаѕѕwоrd уаng Lеmаh

Apakah Anda memakai password yang gampang ditebak, misal 1234 atau abcd? Jika ya, Anda berisiko besar untuk kena hack. Ujung-ujungnya, data dan identitas Anda jadi target hacker. Gunakan password yang besar lengan berkuasa biar akun Anda tidak mudah dibobol.

10. Mаlаѕ Mеrаwаt Bаtеrаі

Agar baterai baka, Anda perlu memaksimalkan pemakaian baterai gadget/laptop. Usahakan isi baterai sampai sarat ketika baru pertama kali digunakan. Jika baterai tidak dipakai, simpanlah baterai pada suhu yang hambar dan kering dan jangan mendiamkan (tidak dipakai) baterai terlalu usang.

Sumbеr

Posting Komentar