10 Tumbuhan Paling Unik, Abnormal Dan Menakjubkan

Daftar Isi

Di dunia ini banyak sekali jenis tumbuh-tanaman. Dari sekian banyaknya jenis tumbuhan itu, ada beberapa tanaman yang cukup unik, menawan dan mengagumkan. Tumbuhan-tumbuhan itu berlawanan dan tidak biasa dengan flora lainnya. Nah, di bawah ini yaitu 10 tanaman yang paling unik, abnormal, dan juga menakjubkan.

1. Wеlwіtѕсhіа Mіrаbіlіѕ - Tumbuhаn Pаlіng Tаngguh dі Dunіа



Memang flora yang satu ini nggak keliatan asik, namun flora asli Namibia ini memang hebat, cuma satu-satunya! Tumbuhan ini hanya punya dua daun, dan satu batang dan tata cara akar, cuman itu aja! Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai balasannya ibarat Alien. Batang tumbuhan ini makin usang akan makin tebal, tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini cuma 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter. Umur tumbuhan ini bisa meraih 400 hingga 15 abad!. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya! Selain itu, tumbuhan yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata lezat untuk dikonsumsi baik dikonsumsi mentah maupun dimasak dalam bara. O ya, arti nama Onyanga adalah Bawang Padang Pasir!

2. Dіоnаеа Muѕсірulа - Tаnаmаn Kаrnіvоrа



Tanaman satu ini yakni tanaman karnivora paling terkenal, sebab acara dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan "Daun" yang menjadi ciri khas tumbuhan ini yaitu perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, yang mampu merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang tiba. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap binatang apapun yang mendekatinya.

3. Rаfflеѕіа Arnоldіі - Bungа Tеrbеѕаr dі Dunіа



Bunga besar yang langka ini menerima perhatian hebat di dunia. Bayangkan ukuran bunganya yang mampu mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg hingga 12 kg. Tapi masalahnya baunya ndak wangi, malah lebih mendekati daging busuk. Makanya bunga ini disebut bunga bangkai di negara kita, yang yaitu habitat orisinil bunga ini. Bunga ini akan mekar sepekan atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan anyir busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Sayangnya, dari hasil pembuahan, hanya 10-20 persen saja yang berhasil berkembang.

4. Dеѕmоdіum Gуrаnѕ - Tаnаmаn Mеnаrі



Darwin menamai tumbuhan ini selaku Hedysarum, atau para jago botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih terbaru lagi Codariocalyx Motorius. Nama yang biasa dikenal yakni Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), karena gerakan daunnya, yang mirip dengan gerakan tangan pengantarsinyal semaphore. Tanaman ini gampang skeali berkembang, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit.

5. Euрhоrbіа Obеѕа - Tаnаmаn Bоlа Bаѕеbаll



Tanaman ini ialah tumbuhan endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tumbuhan akibatnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Akhirnya tumbuhan ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan.

6. Amоrрhорhаlluѕ Tіtаnum - Bungа Bаngkаі



Bunga yang satu ini tinggi besar, bahkan lebih tinggi dari manusia. Nah.. bunga yang ini yang ternyata menerima julukan bunga bangkai, alasannya selain baunya yang memang mirip bangkai, juga warnanya menjiplak daging yang membusuk. Bunga ini ternyata juga dikenal luas di penduduk dunia selaku salah satu flora orisinil Indonesia.

7. Bаоbаb - Pоhоn Bоtоl



Pohon ini merupakan flora asli daerah Madagaskar, Afrika dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya yang memang ibarat botol, pohon ini ternyata memang mampu meyimpan hingga dengan 300 liter air! Makanya bisa berkembang hingga 500 tahun!

8. Drасаеnа Cіnnаbаrі - Pоhоn Dаrаh Nаgа



Tanaman ini orisinil kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama Pohon Darah Naga atau Pohon Naga Socotra. Bentuknya yang unik, seperti payung, ternyata cuma satu dari uniknya pohon ini. Nama darah naga dari pohon ini ternyata diambil dari getah pohon ini yang berwarna merah. Persis seperti darah naga di Harry Potter, ternyata 'darah naga' dari pohon ini berguna untuk pengobatan. Selain itu, ternyata warna merah 'darah naga' pohon ini juga sering dipakai sebagai pewarna merah alami.

9. Sеlаgіnеllа Lеріdорhуllа - Tаnаmаn Kеbаngkіtаn




Nama lain bunga ini adalah Bunga Jericho, tanaman gurun pasir ini dikenal atas kemampuannya bertahan bahkan di saat kekeringan. Pada ketika musin kering, batangnya akan mengkerut dan menggulung menjadi bola. Dan begitu ada air, batang tadi akan melepaskan diri dari gulungannya. Tanaman ini banyak ditemui di gurun Chihuahua

10. Hurа Brаѕіlіеnѕіѕ - Pоhоn Dіnаmіt



Tanaman ini ternyata merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Julukan lainnya? Pohon Neraka, atau ada juga yang menjuluki Pohon Kotak Pasir (sandbox tree). Bayangkan saja, batangnya ditutupi duri tajam, dan telah mirip itu, getah pohon ini ternyata beracun dan banyak digunakan oleh penduduk lokal untuk meracuni mata panah mereka. Selain itu, mereka juga punya buah. Dan buah pohon ini nggak coba-coba, begitu matang, buah pohon ini akan meledak! Bahkan kekuatan ledakan pohon ini sanggup melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja melalui di dekat pohon ini! makanya namanya Dinamit!

Sumbеr

Posting Komentar