7 Tokoh Aktivis Matematika Tertua Di Dunia..

Daftar Isi
Ilmu matematika sudah ada sejak jaman dahulu kala. Bahkan Ilmu ini lebih meningkat pesat dari ilmu lainnya. Hal ini mungkin di sebabkan oleh betapa pentingya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pesatnya perkembangan matematika ini tidak lepas dari tokoh-tokoh pelopornya yang pertama kali merumuskan rumus-rumus matematika yang di pakai hingga kini. Nah.. Berikut ini adalah tokoh-tokoh ilmuwan matematika zaman Dahulu yang buah karya/pemikirannya berkhasiat sampai sekarang :

1. Thаlеѕ (624-550 SM)
Matematikawan pertama yang merumuskan teorema atau proposisi, tradisi ini menjadi lebih terang sesudah dijabarkan oleh Euclid.

2. Pуthаgоrаѕ (582-496 SM)
mencetuskan aksioma-aksioma, postulat-postulat yang perlu dijabarkan apalagi dahulu dalam menyebarkan geometri.
Bukan orang yang memperoleh sebuah teorema Pythagoras tetapi dia sukses menciptakan pembuktian matematis. Pythagoras mendapatkan sebagai bilangan irrasional.

3. Sосrаtеѕ (427-347 SM)
filosofi besar dari Yunani. Pencipta anutan serba cita, lantaran itu filosofinya dinamakan idealisme. Ajarannya lahir lantaran pergaulannya dengan kaum sofis. Plato merupakan hebat pikir pertama yang menerima paham adanya alam bukan benda.

4. Eсluіdеѕ (325-265 SM)
Mungkin namanya kurang diketahui , tetapi beliau disebut selaku “Bapak Geometri” gan karena mendapatkan teori bilangan dan geometri. Subyek-subyek yang dibahas adalah bentuk-bentuk, teorema Pythagoras, persamaan dalam aljabar, bundar, tangen,geometri ruang, teori proporsi dan lain-lain. Alat-alat temuan Eukluides antara lain mistar dan jangka yang agan2 pake kini di sekolah

5. Arсhіmеdеѕ (287-212 SM)
Agan2 yg pernah mencar ilmu fisika pasti tau nih org. Dia mengaplikasikan prinsip fisika dan matematika. Dan juga memperoleh perkiraan π (pi) dalam mengkalkulasikan luas bulat. Ia ialah ahli matematika terbesar sepanjang zaman dan di zaman kuno. Tiga karya Archimedes membicarakan geometri bidang datar, yaitu pengukuran bundar, kuadratur dari parabola dan spiral.

6. Aрроlоnіuѕ (262-190 SM)
Kurang begitu terkenal juga. Tapi konsepnya mengenai parabola, hiperbola, dan elips banyak memberi santunan bagi astronomi terbaru. Ia merupakan seorang matematikawan yang ahli dalam geometri. Teorema Appolonius menghubungkan beberapa bagian dalam segitiga.

7. Dіорhаntuѕ (250-200 SM)
Ia merupakan “Bapak Aljabar” bagi Babilonia yang membuatkan konsep-desain aljabar Babilonia. Karya besar Diophantus berbentukbuku aritmatika, buku karangan pertama perihal sistem aljabar. Bagian yang terpelihara dari aritmatika Diophantus berisi pemecahan kira-kira 130 soal yang menciptakan persamaan-persamaan tingkat pertama.

ѕumbеr

Posting Komentar