Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Listrik Statis dan Prinsip Kapasitor

Aplikasi  Listrik statis
a.       Mesin fotocopy elektrostatik

ZnTUMYsgSbKAAgqiCIKgIGLCBCiijHHMgIoCokgSJEnOOaemaUKTaTJ Aplikasi Listrik Statis dan Prinsip Kapasitor

Mesin fotocopy bekerja berdasarkan prinsip gaya tarik menarik antar muatan yang tidak sejenis. Muatan positif di berikan pada silinder almumunium (Al) berlapis selenium (Se). selanjutnya silinder di sinari dengan proyeksi gambar/naskah yang akan di kopi. Selenium merupakan Fotokonduktor, yaitu materi yang bersifat isolator dalam keadaan gelap dan bersifat konduktor jika mendapat cahaya. Bagian Se yang terkena sinar akan bersifat konduktif dan akan menghantarkan elektron dari Al untuk menetralkan muatan positif di bagian tersebut. Bagian Se yang tidak mendapat sinar tetap bermuatan positif. Partikel toner akan menempel pada lapisan Se yang bermuatan positif. Selembar kertas di beri muatan positif di lewatkan pada silinder itu  sehingga partikel toner yang bermuatan negatif akan di tarik menuju kertas yang bermuatan positif. Pola partikel toner pada kertas akan membentuk bayangan naskah/gambar yang di kopi. Toner akan melekat pada kertas yang selanjutnya di lewatkan di antara pelat penggulung yang panas. Prinsip ini juga berlaku pada printer laser.
b.      Filter elektrostatik

 ZnTUMYsgSbKAAgqiCIKgIGLCBCiijHHMgIoCokgSJEnOOaemaUKTaTJ Aplikasi Listrik Statis dan Prinsip Kapasitor

Filter (pengendap atau penyaring) elektrostatik banyak di gunakan dalam industri untuk menyaring partikel-partikel gas yang tidak di inginkan sebelum di buang ke atmosfer melalui cerobong asap.Di rumah-rumah, filter elektrostatik di gunakan untuk menyaring debu agar tidak mengganggu pernapasan penghuninya. Gas yang akan di saring di masukkan ke dalam tabung dengan peralatan yang dapat mengionisasi partikel gas. Partike yang bermuatan akan menempel pada dinding tabung yang bermuatan berlawanan dengannya.
c.       Elektrokardiograf

ZnTUMYsgSbKAAgqiCIKgIGLCBCiijHHMgIoCokgSJEnOOaemaUKTaTJ Aplikasi Listrik Statis dan Prinsip Kapasitor

Setiap kali jantung manusia berdetak, terjadi perubahan potensial listrik pada permukaannya. Hal ini dapat di deteksi dengan menggunakan logam kontak yang di pasang pada kulit. Perubahan potensial ini sangat kecil, hanya dalam orde milivolt (mV). Perubahan potensial ini dapat di tampilkan sebagai grafik, baik pada kertas maupun pada layar tabung sinar katoda (CRT). Alat yang digunakan untuk merekam perubahan jantung manusia di sebut elektrokardiograf (electrocardiograph), sedangkan hasil remakannya di sebut elektrokardiogram. Prinsip elektrostatis juga di terapkan pada proses pengecatan secara elektrostatis.

Aplikasi Prinsip Kapasitor
a.       Keyboard Komputer
Beberapa jenis keyboard yang digunakan pada komputer menggunakan prinsip kapasitor. Suatu keping logam yang ujungnya di hubungkan dengan tombol keyboard  berfungsi sebagai salah satu keping dari sebuah kapasitor. Jika tombol ditekan, jarak pemisah antara keping kapasitor bagioan atas dan bagian bawah berubah sekitar 5 mm  smapai 0,3 mm, sehingga kapasitansinya berubah. Perubahan kapasitansi ini memicu sirkuit elektronika untuk memasukkan informasi pada komputer.
b.      Theremin

ZnTUMYsgSbKAAgqiCIKgIGLCBCiijHHMgIoCokgSJEnOOaemaUKTaTJ Aplikasi Listrik Statis dan Prinsip Kapasitor

Theremin merupakan salah satu alat musik yang dapat di mainkan tanpa menyentuhnya. Dua antena pada theremin berfungsi untuk mengatur volume dan nada-nada musik. Saat seseorang mendekatkan telapak tangannya ke antena, efek yang akan terjadi sama dengan efek kapasitor pelat sejajar. Dalam hal ini, antena berlaku sebagai salah satu pelat sedangkan telapak tangan berlaku sebagai pelat pasangannya. Dengan mengubah jarak antena dengan telapak tangan berarti mengubah kapasitansi sistem kapasitor itu. perubahan kapasintansi ini di deteksi oleh rangkaian elektronik yang segera mengonversinya menjadi perubahan volume atau nada-nada musik. Prinsip kapasitor juga di aplikasikan pada defibrator dan perangkat pencahayaan dalam kamera foto.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Listrik Statis dan Prinsip Kapasitor"