Cara mencegah penularan virus lewat USB/FlashDisk

Daftar Isi

Cara menghindari penyebaran virus lewat USB/flashdisk - Saat ini, virus komputer semakin mudah menyebar dan menginfeksi komputer kita. salah satu penyebaran paling cepat adalah lewat USB/flashdisk yang dicolokan ke komputer. penyebarannya biasanya dengan fitur autorun atau sering disebut juga autoplay.

Nah, Jika komputer atau laptop anda sering di dipinjam teman untuk membaca flashdisk teman anda.komputer/laptop kemungkinan akan sering terinfeksi virus yang tersebar dari flashdisk. walaupun sudah ada antivirus, namun kadang masih bisa terinfeksi. nah, untuk itu saya punya cara untuk lebih memperkecil resiko atau mencegah tersebarnya virus dari flashdisk. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan ^_^

Nah, caranya adalah dengan menonaktifkan fitur autorun atau autoplay, karena biasanya flashdisk memakai fitur ini. untuk menonaktifkan fitur ini anda bisa ikuti langkah langkah dibawah ini :

1. Bukalah kotak dialog run. Bisa melalui Start -> Run atau tekan tombol Windows di keyboard, tahan kemudian tekan tombol R (Windows+R).

2. Setelah kotak dialog run muncul, ketik gpedit.msc, tekan OK.

Cara menghindari penyebaran virus lewat USB Cara mencegah penularan virus lewat USB/FlashDisk

3. Kemudian akan muncul window Group Policy seperti ini.



4. Masukkah ke folder Computer Configuration > Administrative Templates > System.
5. Klik ganda pada Turn Off Autoplay.
6. Kemudian pada window Turn Off Autoplay Properties pilih opsi Enabled. Pada pilihan Turn off Autoplay on pilih All drives. Klik Ok.



7. Langkah selanjutnya, buka folder User Configuration > Administrative Templates > System. Kemudian lakukan seperti langkah 5-6.

Semoga dengan cara ini, kemungkinan komputer anda terkena virus dapat diperkecil.
selamat mencoba, semoga bermanfaat :)

rujukan : "Tips dan Trik Lengkap"

Posting Komentar