Fenomena Tornado

Daftar Isi



CTBGTQODHFgiEAYBMLgovBMwFMEwgCvBGeYyVxbaaB Fenomena Tornado

Udara adalah bahan yang membentuk Atmosfer bumi, tetapi udara tidak terlihat. Kita hanya dapat merasakan ketika udara bergerak. Udara bergerak (angin) karena matahari menghangatkan bumi secara tidak merata sehingga terjadi perbedaan tekanan udara. Angin berasal dari peredaran udara dan rotasi bumi pada porosnya. Jika bumi tidak berputar/berotasi  pada porosnya, angin akan bergerak tetap ke utara atau selatan. Tetapi, putaran bumi menimbulkan gaya rotasi yang disebut gaya coriolis, yaitu gaya yang membelokkan angin-angin itu. angin yang berembus ke utara dan selatan akan di belokkan ke kanan/timur di belahan bumi utara dan ke kiri/barat di belahan bumi selatan.

CTBGTQODHFgiEAYBMLgovBMwFMEwgCvBGeYyVxbaaB Fenomena Tornado

Bagaimana terjadinya tornado ? unsur utama penyebab tornado adalah aliran angin hangat naik yang dahsyat dan putaran aliran angin tersebut. Bila udara hangat dan dingin bertemu, udara dingin bergerak ke bawah udara hangat. Aliran udara hangat naik membawa uap air ke atmosfer atas yang lebih dingin dan terbentuklah awan kumulus. Awan kumulus tumbuh menjadi besar dan aliran udara hangat yang naik menjadi lebih kuat sehingga awan kumulus menjadi awan kumulonimbus. Aliran udara yang naik dapat berubah menjadi massa udara yang berputar. Pusaran ini bahkan menarik lebih banyak udara panas ke dalam awan sehingga udara berputar makin cepat lagi. Spiral itu semakin mengencang, dengan kecepatan semakin tinggi seperti seorang pemain sepatu es yang berputar semakin cepat ketika menarik kedua lengannya. Selanjutnya, dari awan itu jatuhlah suatu awan corong, dengan kecepatan 500 km/jam, yang siap untuk menghancurkan rumah, mengangkat mobil, atau melemparkan lemari es seberat 35 kg sejauh 5 km. Tornado paling sering terjadi di Great Plains, Amerika Serikat.
Jadi angin di permukaan bumi ini senantiasa bergerak karena adanya rotasi bumi dan angin tornado timbul juga karena adanya aliran udara yang berputar secara spiral.

Posting Komentar