Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IQ Seseorang Tidak Dipengaruhi Faktor Keturunan/Genetik


 sudah sejak dahulu para ahli psikologi mengatakan bahwa kecerdasan adalah suatu sifat yan IQ Seseorang Tidak Dipengaruhi Faktor Keturunan/Genetik

sudah sejak dahulu para ahli psikologi mengatakan bahwa kecerdasan adalah suatu sifat yang diturunkan secara genetik dari  orang tua kita seperti halnya kebanyakan sifat lain.
Tetapi, penelitian terbaru mengungkapkan kebenaran yang mengejutkan. riset yang dipimpin oleh Christopher Chabris dari Union College menyatakan bahwa kebanyakan gen spesifik yang selama ini selalu dianggap memiliki keterkaitan dengan kecerdasan mungkin tidak berpengaruh terhadap IQ (intelligence quotient) seseorang.

Chabris bersama patnernya David Laibson, seorang ekonom universitas Harvard, memimpin tim peneliti internasional yang menganalisaa Banyak gen dengan menggunakan set data besar yang mencakup alat tes kecerdasan dan data genetik. Riset ini menunjukkan, Hampir dalam setiap kasus, peneliti menemukan bahwa kecerdasan tak dapat dihubungkan dengan gen spesifik yang diuji. Lalu, para ilmuwan ini mempublikasikan hasil risetnya secara online di Psychological Science.

 "Dalam semua pengujian kami hanya menemukan satu gen yang muncul yang berkaitan dengan IQ/kecerdasan dan itu efeknya sangat kecil. Hal ini bukan berarti kecerdasan tidak memiliki komponen genetik. Akan tetapi, jauh lebih sulit menemukan gen tertentu atau varian genetik tertentu yang memengaruhi perbedaan kecerdasan," kata Chabris.

Chabris juga mengatakan, karena keterbatasan teknologi, studi lama membatasi para peneliti untuk menganalisa gen spesifik lebih dari beberapa lokasi genom manusia untuk menemukan gen yang memengaruhi kecerdasan. Ia menambahkan, penelitian sebelumnya bukan berarti salah, para peneliti pada saat itu telah menggunakan teknologi dan informasi yang telah tersedia. "Penelitian tambahan diperlukan untuk menentukan gen yang berperan memengaruhi kecerdasan manusia," ungkap Chabris.

Dengan Penelitian ini,kita bisa mendapatkan pesan, bahwa Allah itu maha adil, tidak membeda-bedakan tingkat kecerdasan seseorang sejak lahir. kecerdasan bisa kita dapatkan asal kita mau terus belajar dan bekerja keras. yang merasa bodoh, jangan merasa putus asa. berusahalah untuk menjadi pintar karena itu bisa diupayakan.
Semoga bermanfaat :)

sumber : Science Daily

Posting Komentar untuk "IQ Seseorang Tidak Dipengaruhi Faktor Keturunan/Genetik"