Kiat Semoga Baterai Laptop Baka Dan Lama Habisnya

Daftar Isi


Jika Anda mempunyai laptop (atau bahkan sekarangpun ol dengan laptop), Hal yang paling anda kesal mungkin yaitu di saat baterai laptop anda habis, iya kan ?. Yaah, itu sih emang resikonya. semua laptop juga kaya gitu kecuali laptopnya dicolokin ke stop kontak. Namun, saya punya beberapa kiat supaya baterai laptop anda baka dan usang habisnya. baiklah, cekidot ! :



1. Ketika baru beli laptop, baterainya biasanya masih kosong. Jangan eksklusif menyalakan laptop dengan baterai terpasang, sekalipun steker listrik tertancap ke PLN. Laptop harus dimatikan dahulu, kemudian baterainya di-charge selama 4-8 jam hingga lampu indikatornya menunjukkan full charge (biasanya lampu akan berwarna hijau).

2. Jika tidak benar-benar perlu, lepaskan baterai dan gunakan listrik PLN pribadi. Jika baterai terpasang, sistem charger akan bekerja dan mengisi baterai yang belum perlu diisi ulang. Ini menjadikan baterai cepat bocor. Walaupun laptop terbaru memiliki sirkuit yang memastikan baterai tidak aktif jika sedang memakai listrik PLN, suhu panas dari charger/power supply dapat mempersingkat umur baterai.

3. Pastikan untuk mengkonfigurasi pengaturan baterai laptop Anda dengan tepat. Aturlah periode Sleep laptop semoga memungkinkan Anda menonaktifkan layar dan hard disk sehabis beberapa saat komputer tidak digunakan. Tentukan periode ini sesingkat mungkin untuk mengoptimalkan masa pakai baterai.

4. Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi sewaktu tidak diperlukan. Ketika Anda menonton film atau mengetik dokumen dan tidak butuhonline, nonaktifkan semua perangkat nirkabel. Ini akan membantu menghemat daya, yang memiliki arti ‘merenggangkan’ kerja baterai.

5. Usahakan layar tidak terlampau terang. Layar terang membuat teks lebih terang, tetapi lebih boros daya.
6. Jangan gunakan screen saver yang memperlihatkan gambar, video, suara, dsb. Pilih saja Blank Screen Saver yang menampilkan layar hitam. Screen saver masa sekarang justru mengkonsumsi daya yagn lebih tinggi sebab CPU, kartu video, dan LCD tetap aktif.

7. Lepaskan semua perangkat eksternal di saat tidak diperlukan. Semua perangkat eksternal akan mengambil daya dari laptop Anda.

8. Periksa program startup Anda dan matikan acara yang tidak perlu. Program-acara startup mampu mengakibatkan proses loading yang lama.

9. Jika Anda ingin menyimak musik, gunakan headset jangan speaker internal laptop. Daya untuk menggetarkan speaker laptop lebih besar daripada daya untuk membunyikan headset.

10. Update BIOS dan driver. Memperbarui BIOS memastikan laptop Anda memiliki kompatibilitas maksimum dengan pengurangan daya dan semua fitur tata cara operasi. Hal yang serupa berlaku untuk driver perangkat keras. Driver mengontrol semua aspek dari perangkat keras, tergolong mode pengurangan daya. Catatan: Lakukan langkah ini jika Anda benar-benar tahu caranya. Salah langkah mampu membuat laptop Anda mati total.
Itulah beberapa tips semoga baterai laptop abadi. Semoga bermanfaat :)

ѕumbеr

Posting Komentar