Macam-macam gerak tubuh oleh otot rangka

Daftar Isi
Secara keseluruhan, otot rangka melekat pada tulang melalui tendon. Pada saat otot berkontraksi satu tulang bergerak terhadap yang lainnya. Dalam sistem gerak, tidak ada satu tulang yang bergerak dengan sendirinya. Tulang dapat bergerak karena ada otot yang menggerakannya. Itulah sebabnya tulang di katakan sebagai alat gerak pasif, sedangkan otot di sebut alat gerak aktif. Berikut ini beberapa tipe gerak tubuh yang di timbulkan oleh otot, tulang dan persendiannya.

 otot rangka melekat pada tulang melalui  Macam-macam gerak tubuh oleh otot rangka

a.       Fleksi
Fleksi merupakan gerak menekuk. Otot yang berperan menimbulkan gerak menekuk di sebut otot flektor. Misalnya, gerak menekuk pada siku, lutut dan ruas-ruas jari.
b.      Ekstensi
Ekstensi merupakan gerak meluruskan. Otot yang berperan menimbulkan gerak meluruskan di sebut otot ekstentor. Misalnya gerak meluruskan bagian lengan.
c.       Abduksi
Abduksi merupakan gerak tungkai yang arahnya menjauhi garis tengah (sumbu tubuh). Otot yang berperan menimbulkan gerak abduksi di sebut otot abduktor.
d.      Adduksi
Adduksi merupakan gerak tungkai yang arahnya mendekati sumbu tubuh. Otot yang berperan menimbulkan gerak adduksi di sebut otot adduktor.
e.      Pronasi
Pronasi merupakan gerak memutar lengan sehingga telapak tangan menghadap ke belakang (gerakan menelengkup). Otot yang berperan menimbulkan gerak pronasi di sebut otot pronator.
f.        Supinasi
Supinasi merupakan gerak memutar lengan sehingga telapak tangan menghadap ke atas. Otot yang berperan menimbulkan gerak supinasi di sebut otot supinator.
g.       Inversi
Inversi merupakan gerak memiringkan telapak kaki ke arah dalam.
h.      Eversi
Eversi merupakan gerak memiringkan telapak kaki ke arah luar.
i.        Elevasi
Elevasi merupakan gerak mengangkat suatu bagian tubuh. Misalnya gerak membuka mulut.
j.        Depresi
Depresi merupakan gerak menurunkan suatu bagian tubuh. misalnya gerak mengatup atau menutup pada mulut.

Posting Komentar