Manfaat dan Khasiat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Daftar Isi

manfaat tomat bagi kesehatan manfaat tomat untuk kecantikan  Manfaat dan Khasiat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

warna tomat yang merah cerah banyak membuat orang untuk segera memakannya. Tetapi tomat tidak hanya menarik karena warnanya yang indah tersebut, tapi karena tomat memang mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita.
Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh kita tidak lepas dari kandungan berbagai macam nutrisi penting dan vitamin pada tomat itu sendiri. Buah ini sudah begitu terkenal, bahkan di dunia kuliner tomat selalu menjadi bahan utama atau penghias masakan apapun di berbagai penjuru negara.
Kalau dirunut sejarahnya, tomat atau yang nama latinnya adalah Lyopercisum esculentum pada mulanya ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia. Di Prancis, tomat dinamakan ‘apel cinta’ atau pomme d’amour. Dikatakan sebagai apel cinta, karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.
Tomat yang ada terdapat dipasaran umumnya memiliki 2 warna, yakni merah dan hijau. Dan keduanya memiliki perbedaan kandungan Vitamin C dan A yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebelan tubuh. Buah Tomat yang berwarna merah memilliki kandungan Vitamin A dan C lima kali lebih banyak daripada yang berwarna hijau, dan tomat merah ini sangat baik dikonsumsi anak-anak sejak dini demi kesehatan mata dan lebih meningkatkan imunitas terhadap berbagai penyakit yang menyerang.

sebelum kita berbicara tentang manfaat dan khasiat tomat, ada baiknya kita mengetahui kandungan tomat itu sendiri.
100 gram tomat mengandung nutrisi sebagai berikut :
 Vitamin A: 1000 internasional unit (IU)
 Vitamin B: thiamine sebanyak 0.56 miligram
 Vitamin C: 23 miligram
 Vitamin K: jumlahnya tidak tentu
 Kalsium: 11 miligram
 Besi: 6 miligram
 Fosfor: 27 miligram
 Kalium: 360 miligram
 Protein: 1 gram
 Kalori: 20

Nah manfaat dan Khasiat Tomat sendiri adalah sebagai berikut :

1. Sumber Antioksidan
Tomat mengandung lycopene yang merupakan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari zat radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya karena secara perlahan dapt merusak sel jaringan tubuh sehingga menyebabkan berbagai jenis pernyakit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Tekanan darah tinggi dan kolesterol dapat diminimalisir dengan kalium dan vitamin B yang terdapat pada tomat. Selai itu senyawa ini juga dapat mencegah pernyakit lainnya seperti stroke dan serangan jantung.

3. Sumber Vitamin Alami
Satu buah tomat saja dapat mencukupi 40% kebutuhan vitamin C harian bagi tubuh. Selain itu tomat juga mengandung cukup banyak vitamin K dan zat besi.

4. Meredakan Diabetes
Sebuah study yang pernah dilakukan oleh Jouurnal of American Medical Assosiation menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi setidaknya 2 tomat setiap hari dapat mengurangi stres oksidatif diabetes tipe 2.

5. Mencegah Kanker
Berbagai penelitian berhasil mengungkap jika tomat dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat dan usu besar. Hal ini disebabkan karena adanay lycopene yang menjadi antioksidan alami untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

6. Rambut Sehat
Kandungan vitamin A yang selama ini hanya dianggap baik bagi kesehatan mata, ternyata juga baik bagi kesehatan dan kekuatan rambut.

7. Mencerahkan Wajah
Lapisi kulit wajah anda dengan tomat dan diamkan selama kurang lebih 10 menit saja lalu perhatikan perbedaanya. Kulit wajah anda akan nampak cerah bersinar dalam seketika.

adapun manfaat lainnya adaah sebagai berikut :

- Mengurangi Komedo
- Membantu menurunkan resiko gangguan jantung.
- Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
- Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
- Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (age-related macular degeneration).
- Mengurangi resiko radang usus buntu.
- Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
- Mengobati diare.
- Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
- Memulihkan fungsi lever.
- Mengatasi kegemukan.

sumber referensi : www.azamku.com, ngenee.blogspot.com

Posting Komentar