Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ozon (O3), si pelindung bumi


sKiksLCwsLCwsLCwsLCkpLCwpLCwsLCwsLCksLCwpLCwpKSwsLCksLCwsLCwpKSwpLP Ozon (O3), si pelindung bumi

Ozon (O3) adalah molekul yang terdiri atas 3 atom oksigen yang berbentuk gas pada suhu kamar. Di bandingkan dengan oksigen yang terdiri atas 2 atom (O2), ikatan antar atom O dalam molekul ozon ini agak lemah. Itulah sebabnya, salah satu dari ketiga atom O-nya mudah lepas dan bereaksi dengan molekul lain. Ozon merupakan bahan yang beracun. Gas ini sangat reaktif dan banyak digunakan untuk bahan pemucat (bleaching), penghilang bau, dan sterilisasi. Di samping itu, gas ini juga sangat korosif (cepat menimbulkan karat pada logam) dan berbahaya untuk kesehatan manusia jika terhirup dalam jumlah yang banyak.
Ozon memegang peranan penting di atmosfer, meskipun jumlahnya di atmosfer bumi jumlahnya sangat sedikit. Setiap 10 juta molekul udara mengandung rata-rata tiga molekul ozon. Konsentrasi ozon terbesar terdapat di lapisan stratosfer (sekitar 90%) dan biasa disebut dengan ozon bagus (good ozon), sedangkan 10% ozon ada di lapisan lainnya. Ozon berfungsi mengabsorsi(menyerap) radiasi ultraviolet yang di pancarkan matahari. Di lapisan stratosfer, ozon bertugas sebagai lapisan pelindung yang melindungi bumi dari radiasi Ultraviolet matahari yang berbahaya bagi kehidupan. Tanpa adanya filter dai lapisan ozon ini, akan lebih banyak radiasi UV-B yang menembus atmosfer dan akan mencapai ke permukaan bumi.
Di permukaan bumi atau di lapisan troposfer, ozon merupakan gas polutan yang keberadaannya harus diusahakan minimum karena bisa bereaksi dengan molekul lain. Misalnya CFC(chlorofluorocarbon) yang merupakan senyawa haloalkana. CFC yang dikenal juga dengan nama dagang freon banyak digunakan sebagai bahan pendingin, pelarut dan isolator panas. Bahan tersebut banyak dipakai oleh industri lemari pendingin, air conditioner, gas pendorong (spray), pembersih dan plastik foam, serta bahan pemadam kebakaran. Seandainya CFC ini terlepas ke atmosfer dengan fenomena transportasi atmosfer, bahan ini akan terangkat dan terdifusi ke lapisan stratosfer. Di lapisan ini, gas tersebut akan terdisosiasi oleh radiasi ultraviolet dari matahari dan terurai menjadi gas klor yang sangat aktif merusak ozon.

Posting Komentar untuk "Ozon (O3), si pelindung bumi"