penemuan Balon udara

Daftar Isi
 BDDDrKXhuEXktBHClrmeBAHGbGfFfsYQUsPzffQfC penemuan Balon udara

Penerbangan manusia pertama dengan menggunakan balon terjadi di bagian barat pinggiran kota paris pada tanggal 21 November 1783, yaitu ketika dua orang melakukan penerbangan dengan balon Udara panas selama 25 menit. Balon udara yang di gunakan pada waktu itu di rancang oleh Joseph dan Etienne Montgolfier. Kedua orang bersaudara itu telah melakukan eksperimen dengan balon udara selama beberapa tahun. Selang beberapa hari setelah Montgolfier merancang balon udara, J.A.C. Charles juga terbang ke angkasa dengan menggunakan balon beserta seorang koleganya. Selama penerbangan itu Charles mengukur suhu dan tekanan gas bahan pengisi balon.
Sesuai dengan asas Archimedes, balon dapat naik ke angkasa jika massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis udara di sekitarnya. Oleh karena itu, balon memerlukan gas yang massa jenisnya sangat kecil. Meskipun Montgolfier mengetahui tentang penemuan hidrogen oleh henry Cavendish pada tahun 1766, ia memilih udara panas untuk bahan pengisi balon. Pertimbangannya karena praktis dan ekonomis. Perlu di ketahui, Hidrogen mempunyai massa jenis paling kecil di bandingkan dengan gas-gas yang lain.
Hukum-hukum gas yang telah kita pelajari sekarang ini di temukan oleh para ilmuwan yang sebelumnya bereksperimen dengan balon udara. Misalnya, pemuaian gas di temukan oleh Charles sekitar tahun 1787, beberapa tahun setelah ia terbang dengan menggunakan balon yang berisi gas hidrogen. Sayang sekali, penemuannya tersebut tidak di publikasikan.
J.L. Gay-lussac adalah salah satu ilmuwan yang terbang dengan menggunakan balon untuk misi penelitian. Ia seorang ahli kimia yang mempelajari pemuaian gas. Hasilnya di publikasikan pada tahun 1802, beberapa tahun setelah Charles menemukannya.
BDDDrKXhuEXktBHClrmeBAHGbGfFfsYQUsPzffQfC penemuan Balon udara
Selama bertahun-tahun balon bermanfaat dalam berbagai bidang, misalnya olahraga, militer, dunia hiburan, dan mencapai puncaknya pada penemuan kerangka balon udara yang di rancang oleh Ferdinand von zeppelin pada akhir abad ke Sembilan belas. Balon udara rancangan Zeppelin menjadi sebuah pesawat yang sangat menarik di angkasa.

Posting Komentar