Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perekat Tiruan Kaki Tokek


KGgoAAAANSUhEUgAAANkAAACUCAIAAACRGhuTAAAgAElEQVR Perekat Tiruan Kaki Tokek

Seluas satu meter persegi saja, perekat yang meniru permukaan kaki tokek dapat menahan berat sebuah mobil sedan. Material plastik yang di beri nama Synthetic Gecko ini di kembangkan perusahaan penerbangan dan pertahanan dari inggris, BAE Systems.
Seperti kaki reptil yang biasa menempel di atas langit-langit, permukaan material terdiri dari jutaan rambut halus. Struktur memanjang yang rapat di permukaan menghasilkan gaya adhesi atau tarik menarik dengan permukaan lain.
Synthetic Gecko bukanlah material satu-satunya yang di kembangkan untuk meniru kemampuan kaki tokek. Pada tahun 2003, tim peneliti Universitas Manchester, Inggris pernah mengembangkan material serupa.
Pengembangan ini di ikuti temuan para ilmuwan AS yang berhasil menjelaskan bagaimana permukaan kaki tokek bekerja sebagai perekat yang sangat kuat. Para peneliti di Universitas California menunjukkan bahwa gaya adhesi antara permukaan kaki tokek dan benda lainnya di pengaruhi interaksi molekuler miliaran rambut halus (Spatulae) di permukaan kaki tokek yang membentuk struktur baris di sebut setae. Struktur inilah yang di tiru tim peneliti BAE. Meterialnya terbuat dari poliamida, seperti nilon, dan di lengkapi jutaan benang halus mirip jamur. Daya rekatnya sangat kuat, tetapi tidak lengket dan dapat di daur ulang tidak seperti perekat sintetis pada umumnya.
“ia hanya akan merekat saat di tempelkan karena interaksi molekulnya hanya akan terjadi saat di tempelkan dengan benda lain” kata professor Dr. Sajad Haq, peneliti utama di advanced Technology Centre, Filton, Bristol, Inggris. Proses pembuatannya di lakukan dengan teknik fotolitografi seperti yang di pakai dalam proses pembuatan chip. Cahaya dan proses kimia di gunakan untuk membentuk benang-benang tipis dan struktur perekat.
“proses yang kami gunakan merupakan modifikasi fabrikasi komponen elektronika standar yang murah, mudah, dan dapat di tingkatkan kapasitasnya dalam jumlah besar.” Lanjut Haq. Ongkos produksi relatif lebih murah di bandingkan proses litografi elektron yang di pakai dalam pembuatan perekat super lainnya. Sejauh ini, tim peneliti telah membuat beberapa perekat dengan material berbeda-beda untuk mengukur kekuatannya. Mereka telah membuat sampel dengan diameter hingga 100 milimeter yang dapat menempel di berbagai permukaan benda. “material yang kami hasilkan, sejauh ini dapat menggantung mobil kecil di atas langit-langit atau mungkin gajah jika anda mau mencoba.” Ujar Haq. Meskipun  demikian. Kekuatannya belum dapat melalmpaui kaki tokek sesungguhnya.

Posting Komentar untuk "Perekat Tiruan Kaki Tokek"