Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saatnya Perjaka Sadar, Beraksi Dan Bangkitkan Indonesia


Assalamualaikum Wr. Wb.
Sebelumnya, Perkenalkan nama saya Syakir, Seorang perjaka dari Bogor. Dalam postingan ini saya akan membicarakan panjang lebar seputar “agresi untuk indonesiaku”. Sejujurnya, saya sangat senang dan bangga dengan adanya Kontes “аgrеѕі untuk Indоnеѕіаku” ini. penyebabnya ialah karena topik yang di ambil dari kontes ini yaitu topik yang sangat berbobot. Satu topik yang jarang di diskusikan dalam suatu lomba blog. Kontes/persaingan blog selama ini biasanya yaitu mengenai review suatu produk perusahaan. namun, kontes ini berlainan. Hal ini mungkin yakni suatu wujud kecintaan, keikhlasan dan kepedulian sang penyelenggara lomba terhadap apa yang sedang terjadi dengan indonesia dikala ini. Mari acungkan jempol buat www.lіntаѕ.mе (y).



Berbicara wacana suatu negera berjulukan indonesia ini, senantiasa bikin saya iba, terharu, dan sungguh tersentuh. Indonesia, Negara yang kita cintai ini yakni sebuah negara yang besar . Di mata dunia, indonesia yaitu suatu negara yang layak disebut tanah surga lantaran peluangsumber daya alamnya. Selain sumber daya alam, Indonesia juga populer dengan kekayaan lainnya seperti budaya, bahasa, suku bangsa dan lain-lain. Tidak cuma itu, anak-anak bangsa indonesia juga banyak yang berprestasi. Indonesia sesungguhnya sangat dikagumi dunia karena hal ini. Untuk lebih jelasnya, berikut yakni data rekor indonesia di dunia :

#SUMBER DAYA

1. Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang berisikan 17.504 pulau (tergolong 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni) dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau nyaris 25% panjang pantai di dunia . Disini ada 3 dari 6 pulau paling besar didunia, yakni : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
2. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. Menggunakan 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang dipakai banyak sekali suku bangsa tersebut.
3. Negara dengan bahasa tempat yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan aneka macam suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia yakni bahasa Jawa.
4. Republik Indonesia yakni Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia. Kemerdekaan indonesia yakni hasil usaha usang rakyatnya. tidak seperti negara jajahan lain yang merdeka selaku pemberian dari penjajahnya. Hal ini menunjukan bahwa bangsa indonesia yakni bangsa yang besar dan luar biasa.
5. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
6. Indonesia yakni pengekspor paling besar kayu lapis (plywood), yakni sekitar 80% di pasar dunia.
7. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia yaitu yang terkaya (18% dari total dunia).
8. Memiliki hutan bakau paling besar di dunia. Tanaman ini berfaedah ntuk menangkal pengikisan air maritim/abrasi.
9. Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang cuma terdapat di pulau Komodo, NTT yakni kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
10. Indonesia yaitu penghasil gas alam cair (LNG) paling besar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah paling besar kedua.

*masih banyak sumber daya lain di indonesia yang tidak dapat disebutkan satu persatu.. mungkin anda juga sudah tahu.

#PRESTASI
- Indonesia Menang di Kompetisi Software Dunia – 14 Juli 2009
- Paduan Suara Universitas Indonesia Juara di Austria – 14 Juli 2009
- Film Indonesia Menang di Polandia – 4 Juli 2009
- Di Puncak Himalaya Merah Putih Ku Kibarkan: Memory 1997 – 17 Juli 2009
- Tiga Pecatur Indonesia Raih Juara di Vietnam – 17 Juni 2009
- Indonesia Juara Umum Olimpiade Sains – 12 Juni 2009
- Sea Games XII: Tim Bulu Tangkis Indonesia Juara Umum – 17 Juni 2009
- Kalahkan Jendral Spanyol, Indonesia Juara Umum Menembak antar Komandan – 17 Juni 2009
- Indonesia Juara Umum Olimpiade Sains Yunior Internasional – 16 Juni 2009
- Ilmuan Pelajar Tingkat Dunia, Indonesia Juara Umum – 16 Juni 2009
- Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Kedua di Ho Chi Minh City – 16 Juni 2009
- Dangdut in America – 7 Feb 2009
- Profesor Termuda di Amerika Serikat Ternyata WNI – 6 Sept 2008
- Yuyun Ismawati Peroleh “Nobel Lingkungan”
- Bali Raih Penghargaan Pulau Terbaik Asia Pasifik
- Dua Pemuda Indonesia Raih Penghargaan Wirausahawan di Inggris
- Qory Indonesia Juara MTQ Internasional
- Indonesia Juara 1 Pameran Wisata Internasional
- Atlet Indonesia Ukir Prestasi di Spesial Olympic
- Eko Raih Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior Rumania
- Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dunia Kempo
- Medina dan Chelsea Juara Dunia Catur
- Indonesia Juara Olimpiade Komputer 2009
- Pelajar Indonesia Juara Dunia GEC 2009
- Mahasiswa Indonesia Menjuarai Kompetisi Coding Dunia
- Indonesia Juarai Olahraga ASEAN di Jenewa Ketiga Kalinya
- Tim Kalingga UGM Juarai Kompetisi Internasional “Trust By Danone”
- Indonesia Raih Medali Olimpiade Informatika Internasional
- Indonesia Juarai Olimpiade Biologi Internasional
- Siswa SMKN Jadi Trainer Asia, Korupsi Masuk Kurikulum
- Prof. DR. Ken Kawan Soetanto-Peraih 4 Doktor dan 41 Paten di Jepang
- Johny Setiawan, Ph.D – Penemu Planet Pertama dan Bintang Muda
- Prof.Dr.Ing. BJ Habibi – 46 Paten Aeronetika
- Sejarah Dua Cockpit Dipelopori oleh Orang Indonesia – 15 Okt 2010
- Indonesia Capai 7 Summits – 3 agustus 2011
- Kunto Pecahkan Rekor DuniaPenggebuk Drum Terlama – 1 Jan 2012

* masih banyak prestasi anak bangsa indonesia yang lain yang tidak saya sematkan dan saya hapus dari sumber

Itulah sumber daya alam dan prestasi indonesia yang mengagumkan.
Pertanyaannya yaitu : Apakah dengan semua kesempatanitu indonesia menjadi Negara makmur dan maju di dunia ? Mengapa justru indonesia tergolong klasifikasi negara dengan rakyat miskin di dunia? Mengapa masih banyak gelandangan di jalanan ?  Lalu apa dampak semua keunggulan itu ? tidakkah anda berfikir, mengapa hal ini bisa terjadi ? tidakkah anda berfikir betapa bertolak belakangnya semua potensi itu dengan keadaan indonesia dikala ini ?  Mengapa dengan segala kelebihan dan potensinya, justru Indonesia merupakan salah satu negara tertinggal. Mari kita lihat data-data keadaan indonesia saat ini  :

#BIDANG SOSIAL DAN BUDAYA

-Dulu, indonesia sangat terkenal negara dengan rakyat yang ramah pada wisatawan mancanegara sehingga membuat indonesia yakni negara dengan rakyat teramah. Tapi apa indonesia yang kini masih mirip itu. Coba pertimbangkan!. Indonesia yang sekarang bukanlah negara dengan  rakyat ramah lagi.
Bahkan, Jika kita melihat orang-orang indonesia di dunia maya (khususnya facebook), anda tidak akan asing dengan cacian orang indonesia pada saudaranya sendiri maupun orang lain dengan mengeluarkan kata-kata kebun binatang. Padahal, kadang yang jadi masalahnya ialah hal yang sungguh sepele. Namun itulah bangsa kita !.

-Tingkat Kriminalitas
Tingkat kriminalitas di indonesia, utamanya di kota-kota besar, sungguh tinggi. Modus kriminalitasnya sungguh beragam. Hal ini mengakibatkan ketidaknyamanan publik. Hampir di setiap tempat-tempat lazim yang ramai dikunjungi, di situ jualah pusat agresi kriminalitas terjadi. Misalnya copet, dan lain-lain.

-Di indonesia ada sungguh banyak orang-orang kaya. Tercatat ada sekitar 104 ribu orang kaya di indonesia pada tahun 2012 dan diantaranya ialah 405 orang super kaya dengan total kekayaan mencapai 120 miliar dolar AS (Rp1,150 triliun) atau sekitar 80 persen dari APBN 2012. ini merupakan angka yang sungguh besar. Namun apakah dengan ini anda akan memungkiri bahwa masih banyak orang kelaparan dan belum dewasa gelandangan di jalanan ? Hal ini cukup mengherankan. Ini mengambarkan bahwa orang-orang indonesia bukanlah orang yang dermawan sehingga terjadi kesenjangan sosial yang begitu besar.

-Banyak Atlit, Pejuang Indonesia dan orang yang mengharumkan nama bangsa yang lain terlantar. Ini sangat menyayat hati bagi seorang yang punya kecintaan yang besar pada Indonesia. Bagaimana bisa orang yang dahulu mati-matian membela dan mengharumkan nama bangsa, sekarang terlantar. Saya pernah melihat suatu artikel di salah satu majalah. Di situ ada seorang petinju yang ingin menjual medali emasnya yang ditemukan dikala masa keemasannya dahulu. Alasannya yaitu cuma karena tidak mempunyai pekerjaan lain sehingga tidak bisa membiayai keluarganya. Apa kita tidak sakit hati ? coba bayangkan jikalau kitalah yang seperti itu.

-Budaya Indonesia yang terlantar. Berapa banyak budaya kita yang diklaim negara tetangga malaysia ?.. Apa anda masih merasa bahwa itu sepenuhnya salah mereka ? TIDAK. Ini salah kita juga yang tidak mau menyayangi dan melestarikan budaya sendiri. Bangsa indonesia malu menggunakan dan menerapkan budaya aslinya sendiri. Ada yang pake batik aja dibilang mau kondangan. Bangsa indonesia lebih besar hati memakai budaya luar. Yaah, jadi wajarlah negara tetangga mengklaim budaya kita. Karena kita menelantarkannya. Anehnya, Ketika sudah di klaim saja, kita mencemooh dan mencaci-maki malaysia. Menurut saya, dibandingkan dengan mencaci maki orang lain, lebih baik CACI-MAKI DIRI SENDIRI bung !..

#BIDANG PENDIDIKAN

-Sebagai anak sekolahan, Apakah ada yang belum mengenal kata ‘tawuran’?. Yaah tawuran sudah menjadi BUDAYA turun temurun dalam dunia pendidikan di indonesia. Ini yakni bukti terbesar dan paling faktual bahwa pendidikan di indonesia gagal. Yang namanya pendidikan, sudah semestinya orang-penduduknya berisikan orang yang terdidik. Tapi ini justru sebaliknya. Sungguh asing!

-Pendidikan di Indonesia mahal. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya bawah umur yang tidak mampu sekolah lantaran kelemahan biaya. Jika dilihat dari dana dan potensi yang ada, Indonesia sebaiknya sudah bisa mengharuskan program mencar ilmu 12 tahun. Jadi dari SD sampai SMA itu sudah gratis. Namun, nyatanya kini gres 9 tahun, dan itupun masih banyak hal-hal yang belum di gratiskan dan penyimpangan-penyimpangan.

-Sistem pendidikan indonesia ajaib dan bobrok. Yaah, menurut saya tata cara pendidikan di indonesia mirip ini. Hal yang paling saya herankan yaitu adanya undang-undang yang melanggar guru untuk memasarkan buku pelajaran kepada muridnya. Memang maksud utama dari UU ini yakni melindungi murid yang tidak mampu. Namun, Jika seperi ini terus, Kapan Indonesia bisa maju jika gurunya saja dilarang menjual buku pada muridnya? Apakah tidak ada cara lain untuk meringankan dan melindungi orang-orang tidak mampu?.. apa itu hanya satu-satunya cara? Cara gila ini tidak lain yakni seperti menutup satu lubang dengan tanah galian lubang yang lain.

-Kebodohan masih merajalela. Ini terbukti dengan masih banyaknya anak indonesia yang tidak mengecap bangku sekolah. Tentunya hal ini memang di sebabkan banyak faktor. Namun, Jika pemerintah mau memperhatikannya dengan benar, Hal ini bisa diatasi.

#BIDANG POLITIK DAN HUKUM

-Demonstrasi di indonesia yang acap kali berbau anarkis. Yaah, tidak dapat kita pungkiri bahwa nyaris setiap demontrasi yang ada di Indonesia (terutama di kota-kota besar) justru mengakibatkan aksi anarkis. Seharusnya demonstrasi itu dapat menyampaikan aspirasi rakyat dengan baik dan benar sehingga pemerintahpun dapat menyikapi dengan baik. Jika penyampaiannya secara anarkis, justru cuma menimbulkan problem baru.

-Budaya korupsi yang merajalela. Indonesia termasuk pada salah satu negara terkorup di dunia. Yaah, mungkin pada poin yang satu ini anda sudah tahu, jadi mungkin sudah tidak butuhdi jelaskan secara mendalam lagi. Budaya korupsi telah menjamur hampir pada setiap pegawanegeri pemerintahan baik pusat maupun daerah.

#BIDANG EKONOMI

-Indonesia adalah negara dengan rakyat paling boros/konsumtif di dunia. Hal ini terbukti dari tingkat berbelanja orang indonesia yang sungguh tinggi. Orang-orang indonesia kadang-kadang berbelanja hal-hal yang bekerjsama kurang penting manfaatnya. Biasanya, yang paling boros itu perempuan, yang paling kerap gonta-ganti sepatu, aksesoris, dan baju padahal yang lamanya masih pada cantik.

-Selain boros, orang Indonesia juga lebih menentukan produk mancanegara ketimbang produk dalam negeri. Orang indonesia lebih besar hati bila membeli barang dari paris daripada berbelanja barang di jakarta, meskipun mutu barangnya sama.
Saya pernah membaca postingan di salah satu blog. Disitu tertulis pidato presiden josh bush (Amerika) yang menghina dan menertawakan indonesia. Salah satu yang disebut disitu yakni bahwa indonesia yakni negara yang rakyatnya miskin namun sungguh boros.

-Garam masih impor
Ini adalah sesuatu yang sungguh ironis. Sekarang coba kita lihat, seberapa luas maritim di Indonesia ?. Indonesia yakni negara kepulauan yang mempunyai lautan yang sungguh luas. Dengan air laut yang sebanyak itu, semestinya kita bisa menjadi negara pengekspor garam paling besar. Namun, kenyataannya sungguh ironis sekali. Indonesia justru menjadi salah satu negara yang mendapatkan garam impor. Sungguh gila.

-Beras juga masih impor
Begitu juga dengan beras. Indonesia juga terkenal selaku negara agraris. Artinya pada umumnya rakyatnya hidup dengan bertani. Hasil panen beras indonesia pun sungguh banyak. Yang mengherankan yaitu, kemana beras sebanyak itu ? Kenapa kita masih saja menerima impor beras padahal bahwasanya dari hasil panen kita sendiri sudah bisa mencukupi keperluan.

#LINGKUNGAN

-Jakarta masuk kedalam klasifikasi 10 kota paling jorok di dunia dan Indonesia peringkat ke 19 kota terjorok di dunia. Seharusnya, yang namanya ibukota negara haruslah tenteram dan higienis karena merupakan tempat dimana turis mancanegara pada umumnya berada. Jika ibukota negara kotor, hal ini akan menjadikan image jelek pada para turis mancanegara.

-Kota Di indonesia tidak ada yang masuk klasifikasi kota ternyaman. Mungkin bali sudah menjadi salah satu tujuan rekreasi favorit dunia. Namun, hal ini tidak serta merta bahwa bali merupakan salah satu kota ternyaman di dunia.

-Pulau kalimantan yang tadinya di sebut selaku paru-paru dunia, kini sudah tidak lagi lantaran pembabatan hutan secara liar.

-Kesalahan industri di indonesia kerap kali menyebabkan tercemarnya lingkungan. Salah satu kasusnya yaitu lumpur lapindo di sidoarjo yang sampai saat ini masih belum terselesaikan 100%.

sangat miris kan!? Seharusnya kita menjadi salah satu negara maju, faktanya justru masih masuk kedalam kategori negara tertinggal.

FAKTOR PENYEBAB

Tentu saja, semua yang terjadi pada Indonesia diatas niscaya ada penyebabnya. Nah, Penyebab mirip apakah yang bikin indonesia yang sebaiknya bisa menjadi negara maju, namun kenyataannya yakni salah satu negara yang tertinggal.
1) Bobroknya sistem politik dan aturan indonesia
Walaupun poin ini juga saya sebutkan sebagai salah satu kelemahan indonesia di atas, Namun tak bisa di pungkiri, sistem politik indonesia bisa dikatakan ialah sebab pertama dan yang paling utama dari semua ketertinggalan indonesia yang saya sebutkan diatas.
Kekuasaan Suatu negara terbagi menjadi beberapa tata cara atau bidang. Inti atau jantung dari semua sistem dan bidang itu adalah metode politik dan pemerintahan. Coba bayangkan jika suatu negara tidak memiliki tata cara politik ? Kita bahkan tidak bisa menyebutnya itu sebagai sebuah negara. Sistem Politik mampu mengendalikan seluruh sistem yang ada di negara tersebut. Oleh karena itu, Disinilah tugas penting sistem politik sehingga saya menempatkannya sebagai penyebab utama.
Saya percaya, kita semua pasti tahu bagaimana keadaan dan metode politik di indonesia dari mulai pemerintahan daerah sampai pusat. Merajalelanya budaya Korupsi dalam pemerintahan indonesia adalah hal yang paling berpengaruh pada bobroknya tata cara politik di indonesia. Indonesia seakan-akan menjadi ladang yang subur untuk para koruptor. Mengapa ?. Hal ini lantaran orang indonesia juga sangat mudah disogok. Sehingga aturan dan kejaksaan indonesia “belum pernah dan belum berani” menghukum koruptor dengan semestinya. Sekarang, coba kita bedakan antara penjara seorang perampok dengan seorang koruptor.. Penjara seorang koruptor sangat lengkap fasilitasnya. Padahal kita tahu bahwa koruptor lebih bersalah ketimbang seorang perampok.
Hal inilah yang menjadi penyebab semakin merajarelanya budaya korupsi ini karena para koruptor merasa tidak takut akan hukum di indonesia. Bahkan bisa dikatakan aturan indonesia pun di kendalikan oleh para koruptor. Dengan merajarelanya budaya korupsi itulah, sistem politik indonesia jadi tak menentu dan bobrok. Hal ini menyebabkan semua tata cara yang adapun menjadi ikut-ikutan bobrok.

Budaya KKN di indonesia juga tidak hanya ada pada metode pemerintahan saja. Melainkan juga pada pelayanan publik. Berikut ini misalnya :
- Jika seseorang mempunyai masalah dengan orang lain atau ingin menuntut orang lain lewat hukum, beliau tidak akan dilayani kalau tidak mengeluarkan uang dengan uang dahulu. Seharusnya pelayanan yang mirip itu gratis dan sudah menjadi keharusan Jaksa/pemegang hukum.
- Makara PNS di Indonesia harus pakai uang (Benar?). Saya punya seorang kakak sepupu yang menjadi seorang PNS. Dia bercerita bahwa di saat beliau bilang ke rekan kerjanya bahwa beliau menjadi PNS tidak dengan duit dan tidak punya kenalan orang dalam, Seorang pun tidak ada yang percaya. Hal ini mengambarkan bahwa sebagian besar orang menjadi PNS yakni lantaran ada orang dalam atau dengan cara menyogok Oknum. Bukankah ini tergolong KKN ?. Kalau mirip ini kenapa tidak DIHAPUSKAN SAJA TES MASUK JADI PNS!!.
- Rakusnya polisi Lalu Lintas. Beberapa (atau mungkin kebanyakan) polisi lalu lintas menilang pengendara bermotor(pas bukan rajia besar-besaran) yaitu karena di LAPAR sehingga mencari kesalahan pengguna kendaraan bermotor. Lalu dengan entengnya beliau berkata : “Mau jalan damai atau tidak?”. Mungkin anda sudah tahu maksudnya. Atau mungkin anda juga pernah mengalami hal seperi ini ?
Itulah beberapa contohnya. Masih banyak kasus lain yang serupa yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu. Korupsi memang betul-betul sudah menjadi budaya yang sudah menempel dalam darah daging orang indonesia.
Keadilan di negeri ini memang sangatlah mahal bung. Kapan kita akan mendapatkannya ?

2) Kesadaran Masyarakat indonesia masih kurang
Hal yang tidak kalah berpengaruhnya yaitu minimnya kesadaran penduduk indonesia. Bisa di bilang poin ini juga hampir sama kedudukannya dengan poin pertama. Minimnya kesadaran orang indonesia juga mempengaruhi semua aspek kehidupan di indonesia. Tentu saja, semua ketertinggalan indonesia yang saya sebutkan di atas juga adalah lantaran poin ini. Ah, mungkin ada baiknya juga saya menuliskan ketidaksadaran penduduk indonesia pada satu-persatu bidang di bawah ini.
a. Partisipasi Politik
Partisipasi politik di indonesia yang jelek seperti demonstrasi yang justru menimbulkan sikap anarkis, disebabkan yakni karena ketidaksadaran penduduk akan bagaimanakah cara penyampaian pendapat yang baik. Masyarakat masih belum sadar dan berpikir bahwa tingkah anarkis justru bukan menuntaskan masalah yang ada. Namun justru menimbulkan duduk perkara baru.

b. Pendidikan dan moral
Masyarakat indonesia(khsususnya kawasan pedesaan) masih ada yang berpikir bahwa sekolah itu tidak terlampau penting bagi masa depan dan pola pikir anak-anaknya. Ketidakpedulian terhadap pendidikan inilah yang nantinya menciptakan bibit-bibit bangsa yang tidak bermutu.

c. Lingkungan
Masalah lingkungan di indonesia yang terjadi, tidak lepas dari ketidaksadaran penduduk terhadap pola hidup sehat dan disiplin. Kebanyakan Masyarakat indonesia tidak acuh dengan mencampakkan sampah asal pilih. Masyarakat seakan-akan tidak merasa bersalah melaksanakan hal itu.

d. Ekonomi
Ketidaksadaran penduduk dalam bidang ekonomi yaitu perilaku penduduk indonesia yang sangat konsumtif atau boros. Orang indonesia condong berbelanja suatu barang bukan karena butuh-butuh amat, melainkan karena tren atau gaya. Padahal gaji mereka sangatlah pas-pasan. Selain itu, mending jika yang dibeli dan dianggap tren ialah produk-produk dalam negeri. Kebanyakan orang indonesia lebih memilih produk impor dari luar daripada produk dalam negeri.

3) Minimnya pemanfaatan peluangyang ada
Tentunya poin ini juga sangat besar lengan berkuasa pada ketertinggalan indonesia. Baik pemerintah maupun rakyatnya, kesempatansumber daya di indonesia belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini mengakibatkan banyaknya hal-hal yang ironis yang telah saya sebutkan di atas. Misalnya garam dan beras yang masih impor, padahal kita sendiri kaya akan materi-bahan seperti itu.
Sebenarnya indonesia bukan tidak dapat mengurus sumber daya dan peluangyang ada. Banyak sekali anak bangsa indonesia yang hebat, Namun mereka semua justru “dibuang” ke negeri orang. Jika kita sadar, sebaiknya kita bisa menggunakan mereka untuk kemajuan negara sendiri.
Potensi-potensi dan sumber daya yang besar di Indonesia justru diatur oleh orang luar dengan laba untuk indonesianya kurang dari 10 % dari laba pengelola. Ini sama saja dengan mencuri sumber daya kita. Kesalahan siapa ? KITA. Yaah, karena kita membiarkan mereka mengeruk sumber daya yang ada. Contoh kasus yang paling populer adalah masalah PT freeport dan tambang emas di papua.

LALU, APA YANG HARUSKITA LAKUKAN SEBAGAI PEMUDA UNTUK BERPARTISIPASI MENGATASI SEMUA INI ?



1. Memulai dari diri sendiri
Yaah, maksud saya di sini yakni bahwa kita selaku pemuda generasi penerus bangsa, kita mesti mempelopori dan mengawali sesuatu yang hendak kita galakan pada penduduk dari diri sendiri sebelum mempropagandakannya pada orang lain. Kita harus membenahi diri sendiri dulu, apakah kita sudah baik dan layak. Kita mesti menjadi yang pertama. Poin ini berlaku untuk semua orang. Tidak cuma untuk yang mempunyai idealisme yang tinggi
Oleh karena itu, marilah kita semua benahi diri kita dari sifat pendusta menjadi terpercaya guna menghindari korupsi. Marilah kita mulai membiasakan diri untuk hidup lebih disiplin dan taat aturan. Marilah kita mulai membiasakan diri hidup sehat, dan mencampakkan sampah pada tempatnya. Marilah kita mulai untuk menghargai karya dan prestasi saudara kita yang sudah mengharumkan nama Indonesia.
Tentunya semua ini tidak dapat kita lakukan dan biasakan dalam waktu singkat. Namun berkepanjangan. Jadi, mulailah dari kini sampai seterusnya.

2. Mulai mengajak orang lain
Yaah, setelah kita merasa telah membereskan diri sendiri dari banyak hal-hal negatif, Kita mesti mengawali mengajak dan mempengaruhi orang lain untuk mengkiuti jejak kita. Kita tularkan semua ideologi yang kita miliki perlahan-lahan. Orang-orang yang pertama kita ajak adalah orang terdekat kita, karena mereka lebih gampang kita pengaruhi dan mudah diajak kolaborasi. Jika kita mengajak pada hal yang positif dan tidak merugikan mereka, niscaya mereka mau. Tentunya kita harus menjadi teladan dan idealis dulu sehingga mereka akan lebih kesengsem. Semakin banyak kita mengajak dan bersosialisasi dengan orang lain, akan lebih baik. Selain itu, hal ini pun dapat memperbesar kesadaran dan idealisme kita lantaran tentunya mereka pun punya hal-hal positif yang secara tidak sadar di tularkannya pada kita.

3. Mulai membentuk komunitas dan organisasi
Yaaah, setelah kita mendapatkan banyak teman sepemikiran dan seperjuangan, Kita mesti membangun sebuah asosiasi/komunitas/organisasi. Sebuah perkumpulan yang berorientasi pada pertumbuhan dan pembangunan. Apapun tema atau nama organisasinya. Di sinilah awal mula aksi-aksi kasatmata kita. Kita tidak sendiri. Kita harus bersatu untuk melakukan hal-hal yang positif. Perkumpulan ini tidak harus resmi. Namun tidak juga terselubung. Dengan membentuk suatu asosiasi ini, kita akan mudah mengembangkan pertimbangan dan rencana yang hendak kita buat. Jika organisasi ini tersusun dan tertata dengan baik, kita pasti akan gampang merealisasikan apa yang kita rencanakan.
Jika organisasi ini terbentuk oleh orang-orang yang memiliki idealisme tinggi, maka ini akan cepat berkembang. Di sinilah kita mulai membentuk program-acara untuk berpartisipasi pada kemajuan indonesia yang mau kita laksanakan. Tentunya program ini banyak sekali macam dan di sesuaikan dengan nama dan orientasi organisasi. Program-acara itu tentunya mesti mampu berpartisipasi dalam menuntaskan persoalan-persoalan yang saya sebutkan di atas.
Organisasi yang ketika ini dibutuhkan ialah organisasi yang mampu mengganti pola pikir masyarakat. Oleh karena itu, sebaiknya organisasi yang dibuat acara dan kegiatannya lebih ke sosialisasi dan pendidikan pada penduduk yang masih mempunyai pola pikir dan pandangan jelek pada hal –hal penting yang mereka anggap sepele. Misalnya adalah pola pikir penduduk terhadap kebersihan lingkungan, pentingnya pendidikan, berbelanja irit dan masih banyak lagi.
Adapun Hal-hal yang mampu ikut serta dalam menuntaskan persoalan-duduk perkara ketertinggalan indonesia di atas berdasarkan saya ialah :
1. Membuat atau ikut serta dalam sebuah organisasi atau propaganda anti korupsi
2. Menyelenggarakan atau berpartisipasi dalam sosialiasi menjadi pribadi yang jujur dan terpercaya
3. Membuat atau berpartisipasi dalam organisasi yang berorientasi pada kesadaran dan moral penduduk
4. Membuat atau berpartisipasi dalam organisasi yang bertemakan lingkungan
5. Menyelenggarakan atau ikut serta dalam kegiatan-kegiatan positif yang berorientasi pada pertumbuhan dan pembangunan
6. Menyelenggarakan atau ikut serta dalam sosialisasi perihal cara memberikan usulan dan demonstrasi secara baik dan benar
7. Menyelenggarakan atau ikut serta dalam sosialisasi perihal pentingnya memilih produk dalam negeri ketimbang produk mancanegara dan pentingnya hidup hemat
Masih banyak hal-hal lain yang bisa kita lakukan. Saya tidak akan menyebutkannya satu persatu karena kebanyakan. Saya percaya, anda juga niscaya tahu apa yang mesti anda kerjakan.

AKSI SAYA (SYAKIR) UNTUK INDONESIA



Supaya tidak hanya omdo alias omong doang, disini saya akan menyertakan hal-hal apa saja yang sudah dan akan saya kerjakan sebagai partisipasi untuk indonesia. Untuk saat ini, mungkin masih hal yang sangat sederhana yang dapat saya kerjakan. Saya minta dukungan terhadap seluruhnya biar semua yang sudah saya kerjakan berfaedah serta apa yang saya rencanakan bisa terwujud sesuai keinginan.

*HAL YANG SUDAH DILAKUKAN
1. Membagikan ilmu secara gratis lewat blog pada seluruh masyarakat indonesia
Yaah, ketika ini hal yang sudah saya lakukan adalah berbagi ilmu(utamanya ilmu pelajaran sekolah) lewat blog ini. Mudah-mudahan semuanya bisa berfaedah walaupun kecil. Semoga dengan ini saya bisa berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa ini
2. Belajar berorganisasi di sekolah
Berorganisasi adalah salah satu aktivitas positif dan berguna yang sudah saya lakukan di sekolah. Alhamdulillah saya ialah seorang ketua osis (bukan angkuh lho!). Harapannya, dengan ilmu organisasi yang saya peroleh ini, di masa depan pun saya dapat menjadi sosok berjiwa pemimpin yang mengambil potongan dari partisipasi kemajuan indonesia.

*RENCANA
1. Membuat/membangun suatu organisasi pro rakyat dan anti korupsi baik legal maupun ilegal yang berisikan orang-orang sukarelawan.
Semoga saja ini terwujud. Untuk itu sebelumnya saya sangat meminta bantuan dan doanya pada semua.  Sebenarnya, sudah ada banyak organisasi seperti ini. Namun tugas dan partisipasinya belum terlalu menonjol. Jadi, ada kemungkinan juga saya tidak membangun gres, namun meneruskan. Asal maksudnya sejalan saja. Rencana ini akan saya usahakan untuk terwujud pada 10-20 tahun mendatang.

2. Membuat suatu situs web/weblog ihwal review produk dalam negeri.
Nah, kalo yang ini akan saya lakukan dalam waktu bersahabat ini, paling lambat mungkin akhir 2013. Oleh karena saya yakni orang IT (anak rpl) dan menyaksikan kenyataan bahwa produk dalam negeri senantiasa kalah berkompetisi dengan produk luar negeri, maka saya ingin bikin situs web “pasar/iklan/review gratis” mengenai produk dalam negeri. Doakan saja supaya terwujud. Atau mungkin ada yang mau bekerja sama dengan saya ?

Oke, Mungkin cuma itu yang bisa saya tuliskan. Semoga berfaedah :)

Oleh Muhammad Syakirurohman dengan semangat mudanya


Daftar pustaka :
http://www.didunia.net
http://unikapik.blogdetik.com
http://suciptoardi.wordpress.com
http://www.antaranews.com
http://kabartop.com
http://images.google.com

Posting Komentar untuk "Saatnya Perjaka Sadar, Beraksi Dan Bangkitkan Indonesia"