Tips Cara Ampuh Untuk Berhenti Merokok

Daftar Isi



Semua orang tau bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan. bahkan perokok pun tau bahwa merokok menghancurkan kesehatannya ?.. lantas kenapa mereka tetap merokok ?. Ironis memang. Namun jangan sangka mereka tidak punya alasan. Ketika sudah kecanduan merokok, Bukanlah hal yang gampang untuk menghentikannya lagi. inilah penyebab perokok terus merokok meskipun tahu itu tidak baik. Namun, menetralisir candu kepada rokok, bukanlah hal yang mustahil. jikalau anda ialah seorang perokok yang sedang berupaya berhenti merokok, cobalah tips-tips berikut ini semoga usaha anda untuk berhenti merokok berhasil :

1. Kеtаhuі Mеngара Hаruѕ Bеrhеntі
Jika Anda ingin berhenti merokok tapi tak tahu kenapa, jangan katakan “karena ini tidak sehat untukku”. Itu bukanlah argumentasi yang baik. Mendapatkan motovasi, Anda perlu argumentasi lebih berpengaruh dan personal lagi. Katakan, Anda ingin melindungi keluarga dari risiko perokok pasif. Atau katakan, Anda mulai berpikir kanker paru-paru akan membahayakan diri Anda kelak. Dapat pula Anda katakan, ingin berhenti merokok agar nampak infinit muda. Tentukan saja mana alasan paling besar lengan berkuasa untuk Anda berhenti merokok.

2. Jаngаn Sеtеngаh-Sеtеngаh
Mungkin memang sedikit menarik hati untuk membuang rokok dan mendeklarasikan, Anda berhenti merokok sesederhana mungkin. Sayangnya ini bukanlah sebuah pekerjaan membalik telapak tangan. Sekitar 95% orang yang menjajal berhenti merokok tanpa terapi maupun pengobatan, selsai dengan kembali merokok. Alasannya satu, nikotin memang merupakan zat candu. Otak menjadi sudah biasa akan nikotin dan mendambanya setiap waktu. Ketika nikotin usang tak didapat, gejala kecanduan akan muncul dan membuat orang ingin kembali. Jadi, tetaplah terbuka akan bantuan.

3. Cоbа Tеrарі Sulіh Nіkоtіn
Ketika Anda berhenti merokok, tanda-tanda kecanduan akan membuat Anda frustasi, depresi, gusar dan tak bisa membisu. Ini masih bisa diselesaikan dengan terapi sulih nikotin. Riset memperlihatkan, permen karet nikotin, permen pelega tenggorokan bernikotin dan stiker nikotin mampu meniru kesanggupan Anda berhenti merokok. Terutama sewaktu dikombinasikan dengan program behavioral intensif. Tapi, jangan memakai produk ini sementara Anda masih merokok. Ini sangat tidak disarankan.

4. Mіntаlаh Rеѕер Obаt
Kecanduan nikotin juga masih dapat diselesaikan dengan resep obat-obatan. Mintalah pada dokter Anda untuk meresepkan obat sembari menjalani acara berhenti merokok.Beberapa obat mampu diresepkan untuk meminimalkan kecanduan tanpa mensugesti kimia otak. Mereka akan membuat rasa merokok menjadi kurang mengasyikkan sehingga Anda pun malas meraih rokok. Obat-obatan lain juga dapat meminimalisir gejala sindrom kecanduan seperti ketidakmampuan berkonsentrasi dan depresi.

5. Jаngаn Sеndіrіаn
Kabarkan pada sahabat-teman, keluarga dan rekan kerja bila Anda sedang dalam upaya berhenti merokok. Semangat dari mereka juga dapat menciptakan perubahan. Anda juga dapat bergabung dengan support group ataupun berbicara dengan konselor. Terapi behavioral ialah konseling yang mau membantu mengidentifikasi bagaimana Anda dapat tetap dalam strategi berhenti merokok.

6. Kеlоlа Strеѕ
Satu alasan mengapa orang merokok, sebab merokok dapat menolong seseorang untuk santai. Begitu seseorang berhenti merokok, dibutuhkan cara gres mengatasi stres. Cobalah melaksanakan relaksasi lain mirip pijat, mendengarkan musik lembut ataupun ber-yoga dan tai chi. Jika perlu, hindari suasana yang membuat stres selama beberapa minggu awal berhenti merokok

7. Hіndаrі Alkоhоl dаn Kорі
Beberapa aktivitas mampu meningkatkan cita-cita untuk merokok alasannya adalah dianggap identik dengannya. Alkohol dan kopi yakni beberapa pemicunya. Sebaiknya coba hindari minuman ini di permulaan Anda berupaya berhenti merokok. Dan, jika Anda terbiasa merokok sehabis makan, carilah acara lain yang menggantikan, seperti, menggosok gigi atau mengunyah permen karet.

8. Bеrѕіhkаn Rumаh
Buang semua asbak dan pemantik api sesudah Anda merokok untuk terakhir kali. Cuci beberapa busana yang amis asap rokok. Begitu pula dengan karpet, gorden, dan kain pelapis. Gunakan penyegar ruangan untuk meminimalkan bacin yang familiar (seperti ketika Anda masih merokok). Anda perlu lepas dari segala anyir-amis an yang mengingatkan untuk merokok.

9. Mаkаn Buаh dаn Sауur
Jangan berdiet sewaktu sedang berhenti merokok. Memaksakan diri berlebih justru akan membuat impian merokok kembali meningkat. Alih-alih, fokuskan untuk memakan lebih banyak buah dan sayuran serta beberapa produk susu rendah lemak. Penelitian memperlihatkan, mengonsumsi makanan ini membuat rasa rokok menjadi tidak enak sehingga mengurangi tanda-tanda kecanduan merokok.

10. Tеntukаn Rеwаrd
Untuk memompa semangat, tak ada salahnya mengendalikan sebuah reward bagi Anda sendiri. Misal, suatu perawatan diri atau pakaian baru, yang dibeli dengan uang yang telah diminimalisir dari berhenti merokok.

11. Lаkukаn Dеmі Kеѕеhаtаn
Berhenti merokok terbukti menunjukkan banyak dampak kesehatan yang nyata. Pertama, akan menurunkan tekanan darah dan meminimalkan denyut jantung sesudah 20 menit berhenti. Setelah sehari, kadar karbon monoksida juga akan kembali normal. Dalam waktu dua minggu hingga 3 bulan ke depan, risiko serangan jantung dan gangguan paru-paru pun ikut membaik. Dalam jangka panjang, berhenti merokok bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung kororner, stroke, kanker paru-paru dan kanker yang lain.

itulah cara-cara untuk menetralisir kecanduan terhadap rokol. Selamat menjajal :)
Jika anda Bukan seorang perokok, jangan pernah coba-coba terhadap rokok karena sungguh rokok banyak mudarat/bahayanya ketimbang keuntungannya. Sayangilah Paru-paru anda!.
Semoga bermanfaat :)

ѕumbеr

Posting Komentar