Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 HAL PENTING UNTUK MEMULAI WEBSITE ATAU BLOG

Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang cara memulai blog atau website dengan benar. Hanya saja saat ini artikel tersebut sudah terlalu ketinggalan zaman, karena perkembangan di dunia blogging dan SEO. Jadi saya rasa perlu dilakukan update pada topik yang satu ini.

Perlu diketahui bahwa yang saya maksudkan di sini bukanlah AGC yang secara otomatis membuat konten dari mengambil data banyak sumber. Yang saya maksudkan di sini adalah membuat website atau blog utama anda yang benar-benar ditujukan untuk menguasai satu niche tertentu.

Bagi anda yang pemula dan baru belajar SEO atau baru belajar cara membuat blog atau website, hal ini adalah sesuatu yang wajib untuk anda ketahui. Jika tidak anda akan sangat kesulitan dalam melakukan pengembangan website atau blog anda ke depannya.

Jadi langsung saja saya membahas 5 hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum mulai membuat website atau blog anda.

#1 MEMILIH NICHE

Ada dua hal yang perlu anda perhitungkan saat anda memilih niche untuk website ataupun blog anda. Hal yang pertama adalah MINAT DAN PENGETAHUAN ANDA. Apakah website yang akan anda buat nantinya memang sesuai dengan minat dan pengetahuan anda? Ataukah anda men gincar suatu niche hanya karena merasa niche itu komersil?

Dari pengalaman saya melihat dan mempelajari banyak blog atau website; saya bisa melihat bahwa hanya website yang dibangun oleh mereka yang sangat menyukai bidang itu dan sangat berpengetahuan di bidang itu saja yang benar-benar melihat uang dari apa yang dibuatnya (ingat ya, saya tidak berbicara tentang AGC)

 Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang cara memulai blog atau website dengan bena 6 HAL PENTING UNTUK MEMULAI WEBSITE ATAU BLOG
temukan niche yang anda sukai

Tahap terpenting yang harus anda lewati sebelum website atau blog anda mendapatkan nilai komersil yang besar adalah REPUTASI. Anda harus bisa membuat website anda mempunyai reputasi atau nama yang dikenal banyak orang sebelum anda bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang besar dari website tersebut.

Reputasi bukanlah sesuatu yang perlu anda miliki saat membuat blog AGC, karena trafik AGC datang dengan memanfaatkan sifat random dari Google yang terkadang memberikan trafik ala kadarnya pada sebuah halaman walaupun halaman tersebut tidak unik. Jadi artikel tidak unik pun bisa mendapatkan 1 atau 2 kunjungan per hari, dan kalau anda membuat website dengan ribuan atau puluhan ribu konten, maka website anda bisa sangat ramai.

Berbeda dengan website non-AGC yang memang harus membuat konten yang unik. Hanya kualitas tulisan yang bisa menjawab kebutuhan pengunjung saja yang bisa mengumpulkan reputasi untuk website tersebut.

Jadi kalau anda bukanlah seorang ahli pada niche tersebut, anda bisa saja menghabiskan 1 atau 2 tahun pertama untuk mempelajari niche tersebut sebelum anda menjadi ahli di dalam niche tersebut. Ini adalah pilihan yang bisa anda ambil jika anda merasa minat dan bakat anda, bukanlah niche yang mempunyai nilai komersil di internet.

#2 BERMAIN BESAR ATAU BERMAIN KECIL

Sangat perlu dalam perencanaan anda untuk menentukan apakah website anda nantinya akan bermain besar atau bermain kecil. Bermain kecil artinya anda sendiri yang akan mengelola website tersebut, sedangkan bermain besar artinya anda mengajak beberapa teman anda untuk mengelola sebuah website secara bersama-sama dengan prinsip bagi hasil.

 Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang cara memulai blog atau website dengan bena 6 HAL PENTING UNTUK MEMULAI WEBSITE ATAU BLOG
Anda bisa membuat website atau blog dengan mengajak beberapa teman

Jika anda bermain kecil saja, maka sebaiknya anda berfokus pada satu niche tertentu, sedangkan jika anda bermain besar atau keroyokan maka sangat saya rekomendasikan anda membuat website dengan banyak niche; karena itu akan amat sangat menguntungkan sekali.

Tapi ingat ada aturan main yang harus dipertegas saat kita bermain besar atau team work, misalnya setiap orang minimal harus memposting 1 artikel setiap 2 hari. Atau pembagian penghasilan menurut persentase jumlah artikel yang diketik. Jadi seandainya orang itu hanya membuat 100 artikel dari 1000 artikel yang ada, maka orang itu mendapatkan 10% penghasilan.

Potensi yang besar ini berbeda dengan mereka yang cuma mau bermain kecil tapi berusaha di niche yang campuran, karena hal itu akan sangat merugikan sekali. Optimasi SEO dari sebuah niche yang campuran itu sangatlah berat, apalagi bagi mereka yang baru belajar SEO. Anda bisa KO sebelum melihat hasil jika hanya berjuang sendirian di niche beragam.

Sedikit sekali orang yang berhasil di dunia SEO melalui blog dengan niche campuran, dan kalaupun anda, nichenya tidak seberapa banyak. Paling hanya 2 atau 3 niche berbeda.

Kalau anda mau cepat melihat hasil, bermain kecillah di satu niche atau bermain besarlah di banyak niche. Jangan gila bermain kecil di banyak niche.... Ini adalah persiapan awal yang sangat penting saat anda baru akan membuat blog

#3 RISET KATA KUNCI

Ini adalah sesuatu yang mengalami perubahan yang sangat besar di dalam dunia SEO. Saat ini Google sudah tidak memberikan lagi gambaran yang cukup mendetil tentang jumlah trafik dari setiap kata kunci. Google hanya memberikan perkiraan saja, dan untuk mendapatkan angka yang riilnya anda harus membuat akun iklan aktif di adwords.

Mungkin anda bisa menggunakan budget yang minimalis untuk mencoba beriklan di adwords demi menggunakan alat kata kunci Google, atau kalau tidak seperti itu anda bisa melakukan riset kata kunci gratisan tetapi hanya melihat angka dalam range tertentu saja, misalnya 100-1000, atau 1000-10.000.

Bagi anda yang melakukan riset kata kunci secara gratisan, ada baiknya anda melakukan riset di berbagai niche dengan menggunakan kata kunci pendek dan kata kunci panjang untuk melihat niche mana yang mempunyai kisaran trafik yang paling tinggi.

Kalau anda bisa menemukan website dengan  kisaran 100.000 - 1.000.000 trafik per bulan, maka itu anda masukkan ke dalam daftar prioritas. Tentu anda akan melihat ada beberapa niche yang berada di kisaran trafik yang sama. Tidak ada cara lain selain memanfaatkan firasat anda untuk memilih mana di antara beberapa niche itu yang kemungkinan lebih banyak dicari masyarakan....

Misalnya antara laptop dan smartphone, mana yang lebih banyak pencarinya, atau antara tips kecantikan dan tips kesehatan, mana yang lebih besar peminatnya. Ini memang seperti tebak-tebak berhadiah.

Tapi kalau anda mau dapat gambaran yang lebih jelas, sebaiknya anda mendownload halaman kata kunci yang disarankan oleh Google Keyword Planner, karena di dalam file excel, tingkat persaingan kata kunci akan dinyatakan dalam bilangan desimal. Semakin berat persaingannya, maka akan semakin besar nilai desimalnya....

 Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang cara memulai blog atau website dengan bena 6 HAL PENTING UNTUK MEMULAI WEBSITE ATAU BLOG
riset kata kunci dalam data excel
Persaingan yang berat biasanya mencerminkan pencarian yang lebih besar, karena pelaku adwords biasanya akan menembak kata kunci yang banyak dicari orang; tapi hal ini tidak berlaku mutlak.

Nanti setelah anda memilih niche mana yang akan anda pergunakan; barulah anda bisa mengumpulkan kata-kata kunci utama dan kata-kata kunci turunannya.

#4 NAMA DOMAIN

Saat anda baru saja membangun website anda sangat direkomendasikan anda memakai domain yang mempunyai kata kunci di dalamnya, tapi jangan yang benar-benar exact match. Anda bisa menambahkan brand ataupun nama anda di dalam nama domain tersebut. Misalnya: TokoSepedaJayaCycle.com.

 Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang cara memulai blog atau website dengan bena 6 HAL PENTING UNTUK MEMULAI WEBSITE ATAU BLOG
pilih nama domain yang mengandung kata kunci di awal optimasi
Nama domain ini akan membantu anda untuk mendapatkan trafik yang lebih cepat, karena memasukkan kata kunci di dalam nama domain akan sangat membantu memenangkan kata kunci tersebut.

Jika suatu saat website anda menjadi sangat besar atau banyak artikelnya yang ranking 5 besar, maka reputasi anda akan sangat cukup untuk beralih nama domain menjadi brand sepenuhnya JayaCycle.com

#5 Mengatur Kategori

Jika anda membuat website, maka sejak awal anda sudah harus merancang kategori dari website anda. Jangan sampai kategori anda menjadi sedemikian besarnya. Saya pernah melihat ada sebuah toko online yang ranking di banyak kata kunci. Namun semakin lama rankingnya semakin merosot, karena kategorinya tambah luas.

Kenapa bisa seperti itu?

Bayangkan saja website toko online ini menjual sepatu, tas, dan perhiasan, namun kategori tasnya menjadi sedemian besar. Ada lebih dari 120 kategori tas, mulai dari TAS CHLOE, TAS HERMES, TAS LOUIS VUITTON, TAS KERJA, TAS PESTA, dll.

Toko online ini menghancurkan semua ranking dari produknya. Karena di produk sepatu pun, pengulangan kata sepatu hanya 21 kali sedangkan pengulangan kata tas ada lebih 140 kali. Bagaimana bisa halaman artikel sepatu bisa ranking?

Demikian juga dengan produk tas yang kata kuncinya menumpuk, malah menjadi over optimasi onpage-nya sehingga, rankingnya juga drop.

Jadi pastikan saat anda membuat persiapan untuk website anda, sistem hirarki dari label anda sudah jadi.

#6 MELACAK PERTUMBUHAN TRAFIK

Jadi ini adalah persiapan yang terakhir, yaitu menautkan website atau blog anda dengan Google Webmaster atau Google Search console. Ada banyak sekali tutorial di internet mengenai hal ini. Dan anda juga bisa menaruh tracker histats di website atau blog anda.

Tracker dari histats menurut saya sangat sederhana, tetapi menyediakan data paling mendasar yang bisa dipakai untuk membuat perhitungan analisa yang sangat mendetil di hitungan SEO. Jadi baik pengguna blogspot ataupun wordpress, dan platform lainnya saya sangat merekomendasikan penggunaan histats.

Posting Komentar untuk "6 HAL PENTING UNTUK MEMULAI WEBSITE ATAU BLOG"