Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Optimasi Video Di Youtube

cara melakukan optimasi video di youtube Cara Melakukan Optimasi Video Di Youtube
Video saat ini sudah menjadi bagian dari strategi pemasaran. Walaupun fakta penggunaan video untuk pemasaran sudah sangat luas saat ini, namun ternyata masih sedikit saja orang yang mengenal apa itu optimasi video dan bagaimana cara melakukan optimasi video di youtube.


Anda bisa melakukan optimasi untuk membuat video anda menjadi lebih mudah untuk ditemukan dan dibagikan. Ini akan membuat anda mendapatkan keuntungan komersil dari mereka yang menyaksikan video-video yang anda upload.

Apa keuntungan dari ranking di Youtube?

Youtube saat ini sudah menjadi bagian dari marketing online yang sebenarnya sangat ampuh, karena orang lebih mudah tergerak menyaksikan gambar bergerak daripada gambar diam saja. Ini yang membuat youtube saat ini menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google (tentunya mencari di database Youtube sendiri)

Ada milliaran penayangan setiap hari dan ini sesuatu yang luar biasa. Video Youtube bukan hanya untuk menayangkan informasi yang ingin anda sampaikan saja, tapi juga bisa berisi ajakan atau penawaran dari anda.

Banyak orang yang gagal menjangkau orang dengan menggunakan halaman-halaman websitenya beralih ke Youtube, karena mengoptimasi Youtube lebih mudah dari mengoptimasi halaman website. Alasannya? Sederhana saja, karena halaman Youtube berada di dalam nama domain yang sudah sangat berotoritas dan mempunyai tim pengawas konten sendiri, sehingga mendapat poin ekstra.

Jauh lebih mudah untuk membuat halaman Youtube anda ranking 1 di SERP google dibandingkan membuat ranking 1 halaman website anda. Setidaknya untuk saat ini. Kalau nanti semakin banyak yang beralih ke Youtube, maka angka persaingannya kembali akan meningkat.

Jadi kenapa anda tidak membuat video Youtube anda dan mengoptimasinya? Anda bisa merekomendasikan website anda di video yang anda pasangkan di Youtube kan?

Faktor-faktor yang mempengaruhi ranking di Youtube

Jika anda mau melakukan optimasi di Youtube, maka tentunya anda perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi ranking dari video anda jika orang melakukan pencarian video di Youtube.

Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:
  • WATCH TIME -Ini adalah parameter yang sangat penting untuk mendongkrak ranking video anda di Youtube. Google bahkan memberikan beberapa masukan untuk melakukan optimasi pada watch time ini.
    • Cara untuk melakukan optimasi pada watch time ini adalah dengan melakukan Youtube Analytics untuk melihat mana di antara video-video anda yang mempunyai jumlah penayangan terbesar. Anda juga bisa melihat mana video yang mempunyai interaksi dengan pemirsa yang paling baik, yaitu komentar dan suka.
    • Anda bisa menarik penonton dengan menggunakan Judul dan Gambar yang relevan tapi "provokatif". Youtube tidak mengizinkan gambar dan judul yang tidak relevan.
    • Buat orang tetap menonton video-video anda dengan menyarankan video lain di video anda, atau dengan memasang link-link video youtube anda yang lainnya di description. Hindari memasang link menuju domain lain di Youtube.
    • Gunakan teknik editing untuk membuat sesi pembukaan/opening yang bisa menjadi branding dan pengemasan video-video anda sehingga terlihat lebih menarik
    • Ajak orang untuk subscribe atau komentar dan like di dalam video anda, sehingga Google akan merekomendasikan video-video anda setiap kali orang-orang ini mengunjungi beranda Youtube, atau menyaksikan video lain yang relevan dengan video anda
    • Anda juga bisa membuat waktu rilis video yang teratur untuk membantu mereka yang menyukai video anda untuk menunggu video-video terbaru.
  • Faktor-faktor lainnya adalah relevansi kata kunci, dengan judul dan  deskripsi
  • Ada juga faktor-faktor yang sudah disebutkan dalam optimasi watch time di atas, seperti berapa banyak jumlah subscriber anda
  • Bagaimana interaksi penonton dengan video anda seperti komentar dan like/dislike
  • Juga termasuk panjang video (durasi)

Youtube mengatakan bahwa ada 2 jenis video yang bisa mendapatkan banyak view atau penayangan, yaitu video yang menyentuh emosi penonton, dan video yang berisi materi pengajaran atau tutorial.

Ingat, bahwa Google dan Youtube belum bisa mengerti atau mengenali apa isi dari sebuah video. Jadi anda harus membantu Youtube dan Google dengan hal-hal di bawah ini:
  • Judul yang tidak terlalu panjang, tapi deskriptif (Singkat, Padat, dan Jelas)
  • Gunakan tag dengan benar
  • Selalu ingat; bahwa Google lebih peduli dengan seberapa lama orang menonton video anda daripada berapa banyak orang yang menonton video anda. Walaupun hanya sedikit yang menonton video anda di awal, tapi jika orang selalu menonton sampai habis, maka Youtube akan semakin mempromosikan video anda untuk pencarian yang relevan
  • Buat deskripsi yang panjang. Banyak orang yang membuat deskripsi hanya beberapa baris. Kenapa tidak membuat deskripsi yang panjang seperti tulisan blog selama itu memang relevan? Pastikan juga ada cukup banyak kata kunci yang relevan di dalam deskripsi ini (benar-benar seperti artikel blog). Ini adalah sesuatu yang disarankan olen banyak Youtubers.
  • Anda bisa memasukkan caption penutup atau juga transkrip dari isi video anda
  • Anda juga bisa mengembangkan channel anda dengan membuat video singkat tentang nilai lebih yang anda tawarkan pada channel Youtube anda.

Lakukan Call To Action

Saat orang-orang menyaksikan video anda, mereka akan sangat memperhatikan isi dari video anda. Anda bisa mengajak pemirsa untuk melakukan apa yang ingin anda sampaikan dengan memasang catatan di dalam video anda. Catatan atau Annotation ini bisa anda masukkan dari editor video. Catatan ini bisa berupa gelembung perkataan atau speech bubble. bisa juga berupa kotak pesan, bisa juga berupa title yang besar, pause, spotlight dan label.

Promosikan Video Anda

Setelah anda selesai membenahi video anda, maka langkah terakhir dalam melakukan optimasi video anda adalah dengan mempromosikannya. Anda bisa memasang video anda pada blog jika anda sudah mempunyai blog yang cukup ada trafiknya. Anda juga bisa mempromosikan video anda dari akun sosial media anda, dan berharap video tersebut bisa menjadi viral.

Atau anda juga bisa menambahkan backlink agar lebih mudah menjadi ranking 1 di SERP Google.

Ok, itu beberapa catatan tentang cara melakukan optimasi video Youtube anda. Untuk mempermudah kerja anda, sebaiknya sebelum membuat video, anda membuat dulu konsepnya. Apa yang akan anda katakan; dan kapan anda akan melakukan penekanan-penekanan di dalam video anda.

Posting Komentar untuk "Cara Melakukan Optimasi Video Di Youtube"