Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Tampilan Tema Wordpress PALING MUDAH!

cara mengganti tema wordpress website anda Cara Mengganti Tampilan Tema Wordpress PALING MUDAH!
Setiap orang pastinya mau mempunya website yang penampilannya keren. Sayangnya tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk membuat tampilan website yang sesuai dengan seleranya. Untungnya bagi yang membuat website dengan memakai CMS wordpress, ada banyak sekali pilihan untuk ini.

Bagi sebagian besar dari anda yang tidak mempunyai kemampuan pembuatan atau pengeditan tema, berikut ini beberapa cara untuk mengganti tema anda dengan tampilan wordpress yang anda sukai.

Tapi sebelumnya anda perlu mengetahui bahwa ada 2 pilihan yang bisa anda pilih; yaitu menggunakan tema atau theme yang sudah tersedia di wordpress atau menggunakan tema atau theme yang anda pesan dari jasa pembuatan tema premium.

Jadi yang mana yang harus anda pilih?

Kalau anda mau yang gratisan, tentu saja anda harus memilih yang sudah tersedia di wordpress. masalahnya tentu anda beberapa fitur yang mungkin anda inginkan tapi tidak tersedia. Atau anda bisa menghabiskan waktu untuk mencari theme yang benar-benar sesuai dengan selera anda.

Keunggulan dari menggunakan tema wordpress yang tersedia di wordpress.org adalah masalah update dan support, karena biasanya theme ini sudah terjamin update dan supportnya. Sehingga website anda akan lebih aman dari pembobolan, karena keamanan yang terus diperbarui setiap saat.

Berbeda dengan pengguna tema yang premium yang dibeli. Tema ini mungkin supportnya tidak akan terus tersedia, sehingga seiring waktu tema ini akan semakin rawan pada pembobolan. Jadi mungkin pada saat anda memesan tema atau theme wordpress yang premium anda harus bertanya bagaimana tentang support dan updatenya.... Kalaupun pilihan itu berbayar, anda lebih baik menanyakannya.

Biasanya pengguna tema yang premium adalah mereka yang ingin membuat toko online atau blog pribadi yang mempunyai ciri khas tertentu; dan itu adalah sesuatu yang sulit didapatkan dari tema wordpress yang sudah tersedia.

Tapi sebelumnya saya mau menekankan, bahwa apapun tema yang anda pilih usahakan tidak ada eksternal link di bagian atas header atau sebelum artikel, karena itu akan sangat merugikan anda. Ini termasuk eksternal link menuju media sosial anda.

Jadi kalau anda sudah tahu opsi mana yang anda pilih, silahkan mempelajari bagaimana cara mengganti tema tampilan wordpress.

Cara Mengganti Tema Wordpress Yang Tersedia

  • Pada Dasbor dari website anda, silahkan klik menu TAMPILAN, lalu klik TEMA


  • Di halaman yang baru terbuka akan ada tombol TAMBAHKAN BARU di bagian atas, silahkan diklik.
  • Akan ada sebuah bar dengan kolom pencarian di bagian kanannya. Anda bisa memasukkan kata pencarian di kolom tersebut; Misalnya SEO, atau Girly, atau apa saja.
  • Atau anda bisa mengklik PENYARING FITUR untuk menentukan fitur apa saja yang anda harapkan ada pada tampilan baru anda. Setelah anda memilih fitur yang anda inginkan, klik pada tombol TERAPKAN PENYARING
cara mengganti tema wordpress website anda Cara Mengganti Tampilan Tema Wordpress PALING MUDAH!
  • Setelah anda melakukan penyaringan atau pencarian, maka akan ditampilkan beberapa tema yang sesuai dengan deskripsi pencarian anda.
  • Pilih tema wordpress yang anda sukai dan setelah itu klik tombol INSTAL, atau anda bisa mengklik PRATINJAU untuk melihat tampilan online dari tema anda.
cara mengganti tema wordpress website anda Cara Mengganti Tampilan Tema Wordpress PALING MUDAH!
Jika pemasangan anda berhasil, maka akan ada halaman konfirmasi bahwa penginstalan dari tema wordpress tersebut sudah berhasil. Sekarang untuk mengganti tampilan dari wordpress anda cukup dengan mengklik link AKTIFKAN

cara mengganti tema wordpress website anda Cara Mengganti Tampilan Tema Wordpress PALING MUDAH!
Sampai di sini anda sudah berhasil mengganti tema dari wordpress anda dengan tema yang anda pilih sendiri dari wordpress.org. Silahkan membuka website anda untuk melihat apakah semua fitur sudah benar atau diperlukan perbaikan.

Cara Mengganti Tema Yang Anda Download

Biasanya jika anda membeli tema atau mendapatkan tema dari orang lain, anda harus mendownloadnya ke komputer anda. Biasanya ini datang dalam bentuk file ZIP atau RAR. Jadi sebelum anda meng-upload tema ini pada wordpress sebaiknya anda memeriksa apakah sudah tidak ada file ZIP lainnya di dalam tema yang anda terima.

Soalnya file zip untuk meng-upload tema biasanya berisi juga file panduan yang berpotensi menimbulkan masalah pada saat pemasangan....

Jika anda sudah mengecek file tema wordpress yang anda punyai, dan filenya siap untuk di-upload, maka anda bisa mengikuti panduan yang ada di bawah ini:
  • Buka menu TAMPILAN yang ada pada dasbor wordpress anda lalu pilih TEMA
  • Tekan tombol TAMBAHKAN BARU seperti yang ada di atas sebelumnya. Di dalam halaman yang baru terbuka akan ada tomobol UNGGAH TEMA
cara mengganti tema wordpress website anda Cara Mengganti Tampilan Tema Wordpress PALING MUDAH!

  • Silahkan cari file yang akan diupload di komputer anda dan pilih OPEN
  • Setelah itu klik INSTAL SEKARANG untuk memulai pemasangan tema baru.
  • Sama seperti metode sebelumnya anda akan diminta untuk melakukan aktifasi tema agar tema yang anda pasang bisa ditampilkan, jadi silahkan klik AKTIFKAN
  • Selesai; sekarang tema anda sudah bisa ditampilkan di website anda.
Jadi dengan kedua metode di atas anda bisa menggantikan tampilan dari website anda menjadi terlihat lebih elegan dan proporsional. Usahakan website anda memakai tampilan yang mobile friendly, karena Google akan segera beralih ke metode mobile first index.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Tampilan Tema Wordpress PALING MUDAH!"