Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung Galaxy Z Fold4, Pewaris Tahta Terbaru Smartphone Lipat dari Samsung. Layak dibeli?

Samsung Galaxy Z Fold4
 

Sekitar tanggal 10 Agustus kemarin, Samsung baru saja saja mengumumkan seri terbaru dari smartphone lipat terbarunya dari keluarga Z Fold dan Z Flip. Z Fold4 membawa beberapa peningkatan yang jauh lebih matang dari pendahulunya yaitu, Z Fold3. Dari segi desain, Z Fold4 tidak membawa perubahan yang berarti, bahasa desainnya masih sangat sama, bahkan orang awam tidak akan pernah menyadari kalau kedua benda ini merupakan smartphone yang berbeda. Namun, ketika smartphone ini saling bersandingan, baru bisa diidentifikasi mana Z Fold3 dan Z Fold4. Z Fold4 diklaim memiliki ukuran yang berbeda. Z Fold4 memiliki ukuran yang lebih ramping dan lebih ketingian lebih rendah sekitar 2mm. Namun, memiliki 1mm lebih lebar dari Z Fold3. Jadi, dari segi desain dan ukuran memang ada perubah, tetapi tidak signifikan.
 

Dari segi layar juga, Z Fold4 tidak membawa perubahan yang begitu berarti. Masih membaawa layar 7,6” dengan resolusi yang juga sama, jenis panel yang digunakan masih sama yaitu, Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120hz dan mempunyai kemampuan untuk memutar vidio HDR10+. Benar-benar sama dan tidak memiliki perubahan berarti. Perubahan justru ada pada perlindungan layarnya yang sudah menggunakan Gorilla Glass Victus+ di Z Fold4. Namun itu wajar karena itu adalah generasi terbaru dari Gorilla Glass. Perubahan lainnya yaitu ada pada teknologi terbaru yang diklaim Samsung dapat membuat konsumsi baterai lebih rendah bernama Eco². Sayangnya, detail dari teknologi ini tidak diberi tahu Samsung pada saat acara Unpacked atau perkenalan kemarin.

Baca Juga : Demi Gengsi, Perlukah Membeli Smartphone HDC/Replika/Tiruan?

Perbedaan yang paling signifikan justru ada pada chipset yang digunakan. Wajar, generasi baru harus membawa chipset dengan generasi yang baru pula. Snapdragon 8+ Gen 1 menawarkan perfoma yang lebih baik dari pendahulunya yaitu Snapdragon 888. Tetapi, tidak untuk kapasitas RAM dan ruang penyimpanan. Masih sama, hanya saja ada penambahan penyimpanan 1TB di Z Fold4.
 

Kesimpulannya, Z Fold4 hanya menawarkan perubahan minor dan lebih cenderung meningkatkan sedikit yang sudah ada di Z Fold3. Apakah layak dibeli? Mengingat harga Z Fold3 tentunya sudah mengalami penurunan. Itu tergantung pendapat masing-masing.

Posting Komentar untuk "Samsung Galaxy Z Fold4, Pewaris Tahta Terbaru Smartphone Lipat dari Samsung. Layak dibeli?"